August 12, 2017

Jasa Like dan Follower Praktis BlogPutra


Siapa sih yang gak punya akun media sosial saat ini? Seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Sepertinya sudah jadi hal yang wajar, selain bisa untuk berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh. Bisa juga untuk dimanfaatkan mencari uang. Misalnya jualan online.

Banyaknya like, komen dan follower sangat mempengaruhi orang untuk melihat akun kita. Tapi tak semua orang bisa dengan mudahnya menaikan banyaknya follower.

Lantas, apakah ada solusinya?

Tentu, saat ini kalian yang ingin menaikan jumlah follower dan like bisa di dapat dengan mudah. Seperti pengalamanku menggunakan Jasa Like dan Follower BlogPutra, kalian juga bisa.

Selain harganya cukup terjangkau, proses pengerjaannya juga cepat.

Oh, ya, aku kasih tahu singkatnya siapa pemilik blogputra. Blogputra merupakan blog yang dikelola langsung oleh Wahyu Putra Perdana.

Berikut ini screensot akun instagramku yang telah bertambah followernya berkat servis blogputra :


Kalau kalian penasaran, kepoin langsung blogputra. Langsung saja ya, klik banner dibawah ini :


Demikianlah informasi singkat tentang Jasa Like dan Follower Praktis Blogputra yang bisa aku bagikan sama kalian. Semoga bermanfaat ya.

Sahabatmu,
Andi Nugraha

August 2, 2017

Liburan Keluarga - Mantai (Part 2)


Hai sadayana, seperti janjiku sebelumnya di postingan liburan keluarga part-1. Kali ini aku akan menceritakan liburan keluarga part ke-2nya. Semoga makin puas dan tahu pantai Pangandaran ya.

July 30, 2017

Liburan Keluarga - Mantai (Part 1)


Sebelumnya, aku mau nyapa kalian dulu ya, boleh? Well, gimana kabar kalian semua? Semoga sehat selalu. Terus semangat berbagi dan menginspirasinya lewat blog ya :)

July 16, 2017

Halal Bi Halal | SMA Negeri 1 Lakbok


Lebaran memang identik dengan halal bi halal, ketupat, opor ayam serta makan-makan. Seperti cerita lebaran pertamaku yang diceritakan beberapa hari yang lalu. Kalian bisa baca dibawah ini.

Cerita Lebaran : Lebaran | Ketupat, Halal Bi Halal & Makan-Makan

Kali ini aku mau ceritakan pengalaman ketika halal bi halal lebaran kemarin. Alhamdulilah aku berkesempatan bersilaturahmi langsung dengan ibu dan ayahku selama di sekolah dulu. Dan sampe sekarang masih orangtuaku juga.

Oh, ya, kalian juga bisa baca #DiaryLebaran di tahun 2016 kemarin. Bisa dibaca dibawah ini :
.


Sedikit cerita ya, dulu aku sekolah di SMA (Sekolah Menengah Atas) Negeri 1 Lakbok. Inget ya, Lakbok, bukan Lombok. Sejak SMA dulu aku memang dekat sekali dengan guru-guru. Baik bapak ataupun ibu gurunya. Bahkan sempat dapet pesanan untuk anak gurunya yang sedang ulang tahun.

Karena aku sering bikin tulisan hiasan di dinding. Jadi beberapa guru yang minta bikinin tulisan buat ulang tahun anaknya. Lumayan feenya, bisa aku gunakan untuk makan di kantin dan hal-hal yang lainnya.

Oh, ya ini beberapa dokumentasi tulisan yang aku buat untuk dipajang di dinding. Dari kelas 1 sampai 3 aku buat. Kalian lihat disini ya :



Harap maklum hasil fotonya kurang bagus. Karena dulu aku belum punya smartphone yang cameranya bagus. Ini juga alhamdulilah ada dokumentasinya. Sebenarnya masih banyak lagi, karena hampir 3 tahun selalu bikin. Tapi ada yang gak ada fotonya, dan ada yang burem. Jadi segitu aja ya.

Sedari lulus tahun 2013 sampe sekarang aku masih menjaga silaturahmi dengan para guru-guruku. Meskipun aku jauh di tanah rantau tak ada salahnya untuk saling berkomunikasi. Apalagi di jaman sekarang ini, bisa melalui media sosial.

Tepat ditanggal 3 Juli 2017 atau satu minggu setelah lebaran. SMA Negeri 1 Lakbok mengadakan acara halal bihalal khusus guru-guru dan keluarga. Jujur aja sih, gak semua orang bisa masuk kecuali guru dan keluarga. Selain kedekatanku dengan guru-guru yang membuat aku bisa ikut dalam acara ini, aku juga diajak oleh ibu angkatku, yang kebetulan jadi guru di sekolahku dulu.

Awal tahun pengumuman halal bi halanya, aku belum tahu bagaimana acaranya. Apakah di lapangan sekolah baris mengeliling atau di ruangan.

* * *

Sesampainya di sekolah, aku diajak masuk ke kantor. Di dalam langsung bertemu dengan guru-guru. Ada yang pangling karena sudah lama tidak bertemu, ada yang sampe lupa. Disaat aku sebutkan namaku, beliau ingat dan berekspresi senang. Mulai dari wali kelas 1, 2 dan 3 alhamdulilah bertemu langsung.

Sedikit aku kasih tahu suasana kantornya ya. Meskipun aku foto dari belakang setidaknya ini ada dokumentasinya. Wajar terlihat agak sepi karena aku foto dari sudut samping aja, dan ini juga dari belakang.


Setiap aku pulang dari tanah rantau, aku sempatkan silaturahmi ke setiap rumah guru-guru. Meskipun tidak semua, karena terkendala jarak dan waktu. Tapi, di sekolah kemarin alhamdulilah aku bisa bertemu dengan banyak guru-guru.

Satu hal yang selalu aku rasakan ketika lulus dari sekolah. Selalu ada perubahan. Terutama bangunan yang lebih bagus dan terlihat ingin kembeli sekolah. Mulai dari lulus SD, SMP hingga SMA. Selalu ada perubahan bangunan yang lebih bagus.

Kalian merasakan hal seperti itu gak?

Kalau iya, berarti kita sama. Bahkan satu angkatan sekolahnya. Sebelumnya aku memang sudah tahu bangunan yang baru atau kantor yang sudah ditingkat di SMA Negeri 1 Lakbok. Karena ada beberapa guru yang biasa kasih tahu perkembangan sekolah kepadaku. Tapi belum bisa merasakan atau masuk ke dalam ruangannya.

Sebelum lanjut cerita, aku kasih beberapa foto SMA Negeri 1 Lakbok terlebih dahulu ya. Silahkan kalian lihat.

Foto dibawah ini merupakan depan halaman SMA Negeri 1 Lakbok. Dulu gak seperti ini warnanya biru, tapi setelah banyak perubahan jadi seperti ini.



Ini lapangan yang bisa digunakan untuk basket, tenis dan futsal. Saat ini sedang diperbaiki juga, terutama gedung samping lapang yang sudah dirobohkan. Rencana akan ditingkat lagi. Mudah-mudahan berjalan sesuai rencana.


Di lapang inilah dulu aku sangat suka maen futsal bersama teman-temanku. Saat pagi ataupun siang, terlebih disaat waktu olahraga. Paling seneng olahraga futsal.


Dulu taman ini gak sebagus sekarang. Tapi alhamdulilah sekarang sudah banyak perubahan, jadi lebih bagus dan terlihat hijau.


Ini adalah kelas IPS. Dimana kelasku dulu belajar. Rasanya nyaman duduk depan kelas sebelum masuk.


Tepat diacara halal bi halal inilah aku bisa masuk dan duduk di ruangan yang baru. Sebelum masuk aku foto bangunan dekat lapang dari atas. Tepat gedung yang ada kendaraan mobilnya itu kabarnya akan di bongkar. Aku yakin kalau itu geduh sudah di bongkar, akan terlihat luas halaman untuk parkir motor dan mobilnya.


WC dilantai dua terlihat bersih. Memang penting dan harus diutamakan yang namanya kebersihan. Selain terlihat nyaman, kebersihan juga sebagian dari iman.


Banyak perubahan semenjak pergantian kepala sekolah. Mau bagaimanapun juga bagaimana yang mimpin. In shaa Allah kalau pemimpin (kepala sekolah) bagus dan bisa membawa banyak perubahan. Pasti bisa lebih baik lagi dari sebelumnya.


Disaat berada di sekolah, aku kangen banget rasanya suasana sekolah dulu. Masih terasa bebas, bisa bertemu dan bercanda bersama teman-teman. Saat ini sudah mempunyai  kesibukan masing-masing. Oke, lanjut acara halal bi halalnya ya. Sembari menunggu para guru-guru datang, ada sambutan lagu dari siswa OSIS dan nyanyian dari bu Hj. Leni, guru matematikaku dulu.


Siswi OSIS ini aku kurang tahu siapa dan tak tahu juga namanya. Yang jelas dia menghibur para guru-guru yang datang. Termasuk aku, alumni dari SMA Negeri 1 Lakbok.


Disaat naek tangga juga sudah habis anggota OSIS yang ada kepadaku. Kebetulan dulu aku anggota OSIS, tepatnya jadi sekretarisnya. Awalnya sih jadi calon ketua, tapi belum beruntung. Jadi sekretaris, dan tak hanya di OSIS, tapi di PRAMUKA dan FORMIS (Forum Remaja Masjid) juga. Jadi sekretaris di 3 organisasi sekaligus.


Setelah hiburan nyanyi oleh OSIS. Kemudian mulailah acara halal bi halal. Di awali pembukaan oleh MC atau pembawa acara. Kebetulan MC-nya bu Pupun. Anak IPA seangkatanku pasti tahu. Apalagi IPA 3.


Sambutan pertama oleh ketua panitia, yaitu bapak H. Ahmad, background ruangan memang bor, karena ruangan atas selain bisa digunakan untuk rapat, acara halal bi halal juga merupakan kelas. Kelas IPA. Karena kelas IPA yang dulu sedang di renovasi. Jadi untuk sementara dipindah ke atas.


Setelah sambutan dari pa H. Ahmad selesai, dilanjut sambutan oleh kepala sekolah. Kepala sekolah yang sekarang kebetulan belum lama menjabat. Termasuk baru lah, tapi alhamdulilah semenjak beliau ada, perubahan mulai terlihat. Tentu menuju hal yang positif.


Kepala sekolah SMA Negeri 1 Lakbok sekarang yaitu bapak Drs. H. Rakhmat Susanto. M.Pd. Kebetulan ketika ganti kepala sekolah, aku bertemu di Jogja. Disaat SMA stadytour. Dan sudah langganan setiap stady tour pasti ke Jogja. Setiap tahun aku menemuinya terus. 


Sembari sambutan berjalan, pacitan atau suguhan buat para guru pun datang. Sayang, gak semua guru bisa datang. Karena ada beberapa yang masih ada kesibukan sehingga belum bisa ikut acara halal bi halal. Termasuk beberapa guru yang dekat denganku belum bisa hadir.


Makanan yang disuguhkan benar-benar masih hangat dengan lebaran. Tak beda jauh dengan dirumahku. Tapi inilah hangatnya suasana lebaran dan halal bi halal.


Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua komite. Ada beberapa foto yang aku abadikan memang tidak terlalu fokus.Maksudnya terhalang orang. Karena waktu itu aku duduk saming kiri. Untuk baris kebetulan meja kedua. Tapi di depanku ada guruku yang tak jauh tingginya seperti aku. Jadi wajar agak susah ambil fokusnya.


Setelah bapak komite, dilanjut sambutan dari bapak H. Sartono, beliau juga wali kelasku ketika kelas 3. Dan alhamdulilah sampai saat ini beliau menyuport apa yang aku lakukan.


Setelah sambutan selesai. Dilanjut di acara yang utama, tusiah halal bi halal oleh, Ustadz Lasiman, guru bahasa arabku disaat sekolah.


Setelah selesai, bu Pupun langsung menutup acaranya. Sembari santai aku mencoba mencicipi minum yang sudah dibagi. Alhamdulilah haus ini bisa terobati.



Setelah itu dilanjut dengan acara halal bi halal, atau bersalaman antara guru-guru dan anggota keluarganya yang ikut. Karena tak sempat memindahkan kursi dan meja, alhasil dibikin muter semacam lingkaran gitu.


Senang rasanya bisa berjabat tangan dengan orangtuaku selama di sekolah sampai sekarang. Dan aku merasakan senang. Serasa lebih lengkap acara lebaran di tahun 2017 ini.


Setelah selesai halal bi halal, para guru-guru dilanjutkan dengan makan-makan yang sudah disediakan oleh panitia. Aku sendiri keluar untuk mencoba mengabadikan sekolah yang sedang dibangun juga.

Oh, ya, kenapa banyak anak SMP di sekolah. Karena waktu itu selain acara halal bi halal. Bertepatan juga dengan penerimaan siswa baru. Jadi beberapa guru ada yang bertugas mengurus pendaftaran, ada juga yang ikut halal bi halal.


Ini bagunan yang sedang dibangun tadinya ruangan 3 kelas IPA. Direnovasi karena biar lebih luas. Dan berencana ruangan yang lainnya juga mau ditingkat. Semoga secepatnya dan bisa dilancarkan dalam urusan pembangunan.



Ruangan lab dulu disaat aku sekolah juga sama di renovasi. Di belakang terlihat sawah, karena memang sekolahku disamping sawah. Terkadang, kalau di musim bercocok padi, bisa melihat.


Setelah itu aku ke arah kantin. Dimana tempat paling favorit dulu saat sekolah. Aku kangen banget sama siomay dan kupat tahu..hehe..



Sebenarnya aku masih ingin keliling ke parkiran, masjid, kelas 1, kelas IPA dan IPS. Pengen juga sekalian lihat ruang OSIS, PRAMUKA, lab dan yang lainnya. Tapi siang itu sudah siang, dan tak ada teman juga yang bisa aku ajak untuk keliling.

Jadi aku coba masuk ke kelas, dimana kelas tersebut sedang di gunakan oleh pa Iman, guru olahragaku dulu untuk pendaftaran siswa baru.

Sedikit mengganggu beliau sedang bertugas melayani para siswa dan orangtuanya daftar sekolah. Diselingi olehku untuk bercanda sembari ngobrol santai.


Ini salah satu ruangan yang aku masuki. Dan ini di cat sesuai keinginan siswa. Jadi para siswa bisa berkreasi dan berimajinasi sehingga bisa nyaman. Sebagaimana merasakan belajar seperti di rumah sendiri.


Dan, saat ini hampir semua kelas sudah terpasang CCTV. Mungkin, di sekolah SMA yang lain sudah biasa. Tapi ini suatu kemajuan yang positif. Karena dulu ketika aku sekolah belum ada, sekarang sudah ada. Itu tandanya semakin tahun ada perubahan. Alhamdulilah.

* * *

Setelah itu, barulah aku pulang. Sesampainya dirumah ibu, aku bersantai sembari memandang pohon lengkeng yang terlihat mendayun karena lebat dengan dedaunannya.


Tak lama aku diajak ibu untuk memetik lengkeng. Sengaja buah yang belum di petik di bungkus kantong. Agar lebih terjaga dan tak jatuh berserakan.


Setelah di petik, dan seperti ini hasilnya. Ada yang pengen? Silahkan ambil saja ya. Dan rasakan nikmatnya buah lengkeng yang langsung dipetik dari pohonnya.

Depan rumah ibu kebeteulan saat ini yang berbuah lengkeng saja. Biasanya ada buah naga, kedongdong, dan yang lainnya.


Itulah cerita halal bi halalku bersama guru-guru SMA. Semoga kalian bisa bersilaturahmi juga dengan guru-guru SMA/SMK dulu.

Alhamdulilah masih bisa membagi waktu antara kesibukan dan nulis. Next time, aku ceritakan tentang liburan lebaranku bersama keluarga. Tunggu aja tanggal postnya ya :)

July 8, 2017

Lebaran | Ketupat, Halal Bi Halal & Makan-Makan


Tak ada kata terlambat untuk meminta maaf. Jadi minal aidin walfaidzin ya, mohon maaf lahir dan batin. Dari pertama lebaran aku belum bisa post lagi. Kalau menulis alhamdulilah masih dan disimpan di laptop.