Yuk Travelling, Berwisata Sambil Belajar di Taman Botani Sukorambi


DiaryMahasiswa.com | Jember merupakan kota yang berada di pulau Jawa bagian timur. Salah satu daerah penghasil tembakau di Indonesia. Bahkan tembakau terbaik di dunia yang digunakan untuk membuat cerutu, salah satunya berasal dari kota Jember. Selain itu jika kita amati pada logo kabupaten Jember terlihat ada daun tembakau.

Mudahnya mengingat kota Jember itu kota tembakau. Tapi bukan Jember namanya kalau tidak bisa dibilang kota wisata. Karena Jember kaya akan wisata alamnya, baik alam ataupun buatan. Jujur aku baru pertama kalinya mengunjungi kota Jember beberapa bulan yang lalu.

Kebetulan waktu itu sempat singgah sekaligus shalat di salah satu masjid keren yang ada di kotanya. Masjid Roudhotul Muchlisin namanya. Selain digunakan untuk sarana beribadah, kabarnya pernah juga digunakan untuk ijab kabul pernikahan. Wajar aja sih selain luas, desain dari masjidnya juga bagus.

Sayang, waktu itu cuaca di Jember sedang tidak mendukung alias hujan. Yang seharusnya aku bisa explore wisatanya, sampai saat ini belum kesampaian. Maka dari itu aku mencari destinasi wisata Jember dan mendata tempat mana saja yang mau aku kunjungi. Salah satunya Taman Botani Sukorambi.


Karena tempatnya yang spesial untuk liburan bareng keluarga, sekaligus bisa sembari belajar. Belajar disini jadi pembeda wisata taman botani sukorambi dengan wisata lainnya. Aku sendiri kalau kesampaian ke tempat ini, ingin sekali melihat tanaman hidroponiknya.

source pict : news.detik.com

Gak kebayang deh, seger banget rasanya dimanjakan dengan tanaman yang serba hijau. Selain mengabadikan foto, aku juga ingin belajar langsung tentang hidroponik. Gak asik dong kalau cuma berkunjung tanpa belajar. Setidaknya ada oleh-oleh ilmu yang nantinya aku bawa pulang.

source pict : antarafoto.com

Sejauh ini baru di Jember yang aku tahu ada tempat wisata sekaligus belajar hidroponik. Kebayang gak sih enaknya wisata sambil belajar. Dan perlu kalian tahu juga, awal berdirinya Taman Botani Sukorambi ini dari seorang petani/perkebunan yang hanya bermodalkan dana pensiunannya yang terbatas. Bapak H. Abdul Kahar Muzakir namanya. Dengan modal yang terbatas dari dana pensiunan itu, beliau membeli tanah di lokasi Sukorambi.

Tanah yang dibeli awalnya dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis buah-buahan, sayur-sayuran, bunga dan yang lainnya. Tak disangka hingga saat ini berkembang. Beliau kemudian menciptakan tempat yang alami guna alternatif pilihan rekreasi baru masyarakat Jember dan sekitarnya. Dari situlah tempat ini ada. Saat ini Taman Botani Sukorambi menjadi rekreasi wisata alam terdekat dari kota Jember. Jaraknya hanya membutuhkan 10 menit saja untuk sampai.

Konsep dari tempat ini yaitu  rekreasi sambil belajar.  Tempat yang semula kecil saat ini dengan luas sekitar 12 hektar menyajikan berbagai wahana menarik. Dengan adanya hewan dan aneka ragam koleksi tanaman membuat tempat ini disukai oleh pengunjung dari segala umur. Dengan begitu tempat wisata sambil belajar ini menjadi salah satu tempat yang diminati masyarakat Jember dan sekitarnya.

Di lokasi ini tidak hanya belajar hidroponik saja. Pengunjung juga bisa melihat koleksi flora dan fauna dengan jumlah 500 jenis, yang tersebar di berbagai sudut taman. Tanaman yang ada tidak hanya berasal dari luar jawa saja, melainkan dari luar negeri juga ada. Begitu juga dengan koleksi satwanya, mamalia dan unggas. Tempat ini sangat cocok untuk para anak-anak dan pelajar guna mengetahui lebih tentang flora dan fauna.


Terdapat juga sebuah tempat yang cocok bagi penyuka kelinci. Bunny and friend village namanya. Pengunjung akan diajarkan banyak hal yang berkaitan dengan hewan ini. Mulai dari cara memberi makan, perawatannya, bahkan bisa atraksi bersama kelincinya langsung, dengan cara bermain dan menangkapnya.

Koleksi hewan hias juga terdapat di tempat ini. Ada aneka jenis burung, seperti gagak dan love bird. Terdapat juga berbagai jenis ikan, diantaranya koi, gurame, nila, patin dan ada juga hewat hias seperti landak dan marmut. Bagi pengunjung yang suka dengan ikan, lokasi ini sangat cocok dikunjungi. Begitu juga dengan hewan yang dilindungi di tempat ini, ada rusa, kijang dan juga burung merak.

Masing-masing jumlahnya beragam, ada 12 ekor rusa, 4 burung merak dan 4 ekor kijang. Di Taman Botani Sukorambi ini tidak hanya memiliki aneka hewan hias dan koleksi hewan yang dilindungi saja. Namun pengunjung bisa juga belajar pembenihan ikan koi dan lobster air tawar. Terdapat 3000 bibit yang dibudidayakan.

--------oo0oo--------

Dengan luas sekitar 12 hektar gak mungkin kan kalau lokasi ini hanya memiliki tempat belajar saja. Masih banyak tempat yang spesial lagi untuk dijadikan tempat liburan bareng keluarga. Yaitu wahananya.


 1. KOLAM RENANG 
Tersedia kolam renang untuk orang dewasa dan anak. Fasilitas ini bagi sebagian orang tentu sangat menyenangkan. Bisa sekalian mandi setelah capek berkeliling di Taman Botani Sukorambi. Yang membedakan kolam renang disini dengan ditempat lain yaitu terdapatnya kolam renang khusus untuk muslimah.



Biaya masuknya cukup terjangkau, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp.10.000,- saja. Tempat ini benar-benar tertutup, pengelola juga menjamin yang bisa masuk khusus muslimah, begitupun dengan petugasnya.

Salah satu spot yang ada di Taman Botani Sukorambi :


Ada juga kolam renang dewasa yang airnya berasal dari sumber mata air pegunungan, memiliki kedalaman 180 cm. Kolam renang remaja sendiri memiliki kedalaman 80 cm. Disediakan juga untuk kolam renang anak. Bahkan kolam renang anak ini bisa dibilang setiap anak yang berenang terpantau juga oleh orangtuanya. Karena lokasinya berdekatan dengan kolam renang dewasa.

Sedangkan kolam renang pelangi memiliki dua tempat, kolam renang pelangi 1 dan pelangi 2. Kenapa kolam ini dikasih nama kolam renang pelangi? Karena dasar kolamnya berwarna-warni seperti pelangi. Yang membedakan kedua kolam tersebut ada di kedalamannya. Kolam renang pelangi 1 memiliki kedalaman 30-80 cm, dengan panjang 20,5 meter, serta lebarnya 11 meter. Sedangkan kolam renang pelangi 2 memiliki kedalaman 25-80 cm. Dengan panjang 21,6 meter dan lebarnya 9 meter.

 2. FLYING FOX 
Tersedia juga permainan Flying Fox atau game tantangan individu yang diadaptasi dari pelatihan militer. Di Taman Botani Sukorambi ini ada dua jenis flying fox. Flying Fox Jungle dan Flying Fox Tombro namanya. Keduanya sama, yang membedakan panjang dan ketinggiannya saja.

Flying Fox Jungle memiliki panjang sekitar 160 meter dengan ketinggian 40 meter. Sedangkan Flying Fox Tombro memiliki panjang 100 meter dengan kemiringan 15 meter. Flying Fox Tombro memang tidak terlalu curam. Sehingga cocok untuk orang yang baru nyobain wahana ini.

 3. OUTBOUND 
Permainan Outbond disini berbeda dengan permainan outbond biasanya. Dimana para pemainnya harus menyiapkan peralatannya sendiri. Di Taman Botani Sukorambi justru pengunjung bisa request permainan yang mau dilakukan dengan kelompoknya. Pengelola akan mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan.

 4. BERKUDA 
Nah ini yang paling aku suka, selain berwisata, para pengunjung juga bisa sekalian berkuda. Wahana ini merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah Shalallaahu 'Alayhi Wasallam. Termasuk berenang juga. Seperti ini sabdanya :

 “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah”
 (H.R. Sahih Bukhari dan Muslim) 

Kurang lengkap apa coba? Wahana wisata disediakan, olahraganya pun demikian. Amazing banget pokoknya. Pengunjung bener-bener dimanjakan dengan wahana yang ada. Terlebih bagi yang capek keliling jalan kaki bisa menunggangi kuda dengan tarif yang sangat terjangkau, yaitu Rp.10.000,-.

 5. PERMAINAN AIR 
Pengunjung bisa langsung merasakan sensasi dari mendayung perahu di tempat yang disebut danau buatan. Terdapat juga sebuah pulau kecil ditengahnya. Seru banget kan!

 6. PONDOK BACA 
Wisata sembari baca itu mungkin saja. Bahkan aku juga sering bawa buku bacaan disaat travelling. Tujuannya jikalau ada waktu luang, aku biasa manfaatkan untuk membaca. Terlebih di Taman Botani Sukorambi ini, bahkan sudah disediakan pondok baca bagi pengunjungnya.

 7. RUMAH POHON 
Tempat yang satu ini semacam gardu pandang. Tapi lebih keren lagi, karena ada rumah diatas pohon dengan ukuran 2 x 2 meter. Kurang lebih seperti kamar kost lah. Tempatnya memiliki kapasitas 6 orang. Rumah pohon ini jadi salah satu tempat favoritku, meskipun belum kesana tapi aku sangat suka dan wajib untuk dikunjungi kalau suatu saat kesampaian ke Taman Botani Sukorambi.

Dengan wahana sebanyak itu para pengunjung pasti sangat puas. Dan aku sendiri yakin banget nggak bakal bosan untuk datang ke tempat wisata yang satu ini. Tidak hanya itu teman-teman, fasilitas di Taman Botani Sukorambi juga saaaangat lengkap.


Golf Cart namanya. Sebuah kendaraan khas Taman Botani Sukorambi yang bisa pengunjung gunakan. Bentuknya seperti mobil, hanya saja lebih terbuka. Dengan menunggangi golf card kita tidak perlu repot-repot jalan kaki jika mau turun ke area bawah ataupun sebaliknya. Tapi kalau pengunjung lebih suka jalan kaki tidak jadi masalah. Malahan bisa menghemat sedikit uang. Biaya naik gold cart yang berkapasitas 5-7 orang ini cukup murah sebenarnya, hanya sebesar Rp.10.000,- saja per orangnya.


Lahan parkir yang luas merupakan kepuasan tersendiri bagi pengunjung. Di tempat ini tersedia dua lahan parkir. Untuk bus dan truk berada diluar dengan kapasitas kurang lebih 10 kendaraan. Sedangkan untuk mobil biasa disediakan di dalam dengan kapasitas 100 kendaraan. Untuk sepeda motor sendiri bisa sampai 200 buah. Dan saat ini sudah ada jalan terobosan ke lokasi bawah.

Terdapat pondok rapat garahu yang bisa pengunjung gunakan untuk rapat. Disediakan juga area barbeque outdoor. Sebuah tempat pesta yang bisa pengunung gunakannya untuk bakar-bakar makanan bersama rombongannya. Tempatnya cukup luas karena bisa menampung sebanyak 30-50 orang dengan biaya sewanya sebesar Rp.500.000,-

Untuk bersantai dengan lokasi di tengah rindangnya pepohonan juga tersedia beberapa gazebo. Dilengkapi juga dengan pondok seni, sebuah tempat yang menampung berbagai pementasan seni, mulai dari atraksi hingga senam. Bahkan kedepannya pihak Taman Botani Sukorambi akan menyiapkan pelukis untuk masyarakat seni.

Tak hanya itu, di tempat ini terdapat hotri hut, tempat dimana pengunjung bisa membeli buah tangan untuk dibawa pulang. Oleh-oleh disini berupa tanaman dan buah-buahan. Harga dari setiap bibit tanaman dijual mulai dari Rp.20.000,- hingga Rp.150.000,- per buahnya.


Pengunjung yang suka akan makanan siap saji bisa juga mampir ke restaurant yang ada di tempat ini. Bagi yang sudah berenang pun bisa langsung makan, pasalnya tempat makan ini berada dekat dengan kolam renang. Kalau mau lanjut bermain air seperti kano dan mendayung juga sudah disediakan, bahkan bisa juga langsung bermain flying fox.

Dengan banyaknya wahana permainan yang ada, pengunjung yang suka foto harus mengosongkan memori smartphonya sebelum ke Taman Botani Sukorambi. Disediakan juga wifi guna memudahkan pengunjung untuk bisa upload fotonya ke sosial media langsung.

Bagi yang ingin merasakan suasana malam disini. Pengunjung bisa menginap di Villa Botani yang lengkap dengan dapur, tempat tidur dan kamar mandi. Untuk kamar mandinya juga ada beberapa jenis, mulai dari kamar mandi biasa, VIP dan kamar mandi khusus untuk difable.

Banyak banget ya?
Eits, masih ada lagi teman-teman. Sebuah lokasi dimana setiap akhir pekannya menjadi tempat berkumpul bagi para penikmat musik dan seniman. Panggung Terbuka Untuk Musik namanya.

Wajar saja kalau saat ini Jember makin rame. Dilihat dari wisata edukasinya yang sudah dipastikan pengunjung puas. Taman Botani Sukorambi buka mulai pukul 07.00 - 16.00 setiap harinya, kecuali hari Jum'at. Terdapat juga diskon bagi yang datang rombongan sampai dengan 50%. Keren banget ya.



Lebih lengkapnya lagi bisa kunjungi websitenya di tamanbotanisukorambi.com 
Atau bisa lihat video dibawah ini untuk bisa melihat langsung fasilitas dan wahananya.

Souce:youtube/Jember 1TV

Alamat lengkapnya teman-teman bisa cek alamat dibawah ini.


Informasi yang lengkap ini membuatku semakin yakin berdoa untuk suatu saat nanti bisa datang langsung ke Taman Botani Sukorambi. Ada yang mau ikut ?

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan


Referensi :
http://tamanbotanisukorambi.com
https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Botani_Sukorambi
http://tempatwisatajember.blogspot.co.id/2016/05/taman-botani-sukorambi-jember-rekreasi-dan-belajar.html
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3733077/kebun-hidroponik-destinasi-agrowisata-baru-di-jember

May 03, 2018 - 188 komentar

188 comments:

  1. Murah banget tiket masuknya. Fasilitas lengkap juga tuh. Ada rumah pohon dan rumah baca itu yang bikin lebih menarik. Soalnya kan jarang ada tempat wisata yang ada rumah baca nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, udah lengkap dan tiketnya juga terjangkau. Puas banget kalau bisa ke Taman Botani Sukorambi ini, Teh. Betul memang jarang dan di Taman Botani ini sangat lengkap.

      Delete
  2. Wahana bermainnya cukup lengkap ya di. Ada flying fox-nya, kayanya seru tuh naik wahana itu, bisa seru-seruan sekaligus memacu adrenalin saat meluncur dari ketinggiannya. Ada pondok baca juga ya, pro literasi banget ya ini tempat wisata ya di. Boleh enggak ya bacanya di rumah pohon?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Gung. Lengkap dan menyenangkan, wisatanya dapet, belajarnya juga dapet. Sepertinya boleh deh, dan aku juga pengen bersantai di rumah pohon sembari baca buku..hehe

      Delete
  3. Dari yg sederhana sampe bisa berkembang jadi tempat wisata yg lengkap gitu. Keren
    Manajemen pengelolaannya bagus itu. Cocok banget untuk wisata keluarga. Anak2 pasti betah lama2 disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangankan anak-anak, aku juga sepertinya bakal betah kalau disana..hehe
      Selain bisa bermain, pengunjung juga bisa berlajar. Ini yang aku suka dan jarang juga ditemui ditempat-tempat lain sepertinya..

      Delete
  4. Lengkap juga fasilitas bermainnya Taman Botani ini.
    Banyak pilihan bermain disana. Mau berenang juga kolamnya dari mata air alami.
    Mungkin kalo di daerah Ungaran - Ambarawa seperti ini persis di Umbul Sido Mukti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas lengkap banget, udah gitu tiket masuknya murah ya..
      Oh, gitu, saya malah belum tahu yang ada di daerah Ungaran - Ambarawa, Mas.

      Delete
  5. hebat kolam renangnya kalo begitu jadi tidak sungkkan kalo terjaga. aman brarti

    ReplyDelete
  6. rame ini kalo bawa anak. jember ya tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau ke Taman Botani Sukorami Jember memang bagus bawa anak, sekeluarga bahkan. Karena disana termasuk tempat yang spesial untuk liburan keluarga, Mas.

      Delete
  7. Taman Botani mirip namanya kaya di Bogor, ternyata Jember punya. Destinasinya lengkap dan komplit bangat, seharian juga gak bakalan kelar untuk mengunjunginya.

    Semoga menang ya mas bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda tempat aja ya, Mas. Betul, terlebih kalau setiap tempat kita betah berlama-lama, sehari mana cukup. Maka dari itu Taman Botani Sukorambi menyediakan juga tempat menginap guna pengunjung yang ingin lebih berlama-lama di situ..he

      Aamiin, terima kasih, Mas Idris Hasibuan.

      Delete
  8. Taman Botani SUkorambi memang keren Mas, ternyata disana kita bisa belajar banyak hal. Selain belajar kita juga bisa coba mainan yang seru2 yach, saya suka playing Fox mas, maklum saya kecilnya dulu adalah anak bolang, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sekarang udah bukan remaja bolang ya, Kang..wkwk
      Betul, Kang. Memang cocok untuk liburan keluarga, nantinya kang Nata bisa bebas memilih mau bermain apa saja selain Flying Fox juga..

      Delete
  9. wow banyak banget 500 jenis koleksi flora n faunanya cocok banget ini sarana edukasi dan hiburan buat anakku sayang euy jauh pisan ke Jember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tahu suatu saat ke Jember, Teh. Nah nanti sekalian mampir deh ke tempat ini. Semoga aja bisa Teh. Iya banyak sampe 500 jenis. Jadi selain bisa dilihat bisa juga pengunjung mengenal jenisnya.

      Delete
  10. Waini, saia juga bikin tapi masih ngantre eh...
    Masih belum tau waktu yg pas buat publish..

    ReplyDelete
  11. Wah asik banget ya mas, sambil ajak keluarga pasti tambah seru nih, tiketnya gak terlalu mahal juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, memang Taman Botani Sukorambi ini menjadi salah satu tempat yang spesial untuk dijadikan tempat liburan keluarga.

      Delete
  12. Klo buat emak2 kayak aku..klo dengar jember..ingatnya jeruk Jember. Agak mungil, tapi manis😀

    Tamannya bagus ya. Banyak yang bisa dieksplore..

    Belum pernah aku wisata ke Jember. Semoga suatu hari nanti bisa.

    Goodluck ya ndi lombanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, yah. Saya belum begitu tahu tentang Jember sih, Teh. Terlebih akan kulinernya, jadi nggak tahu..hehe
      Wah jadi pengen jeruk Jembernya, manis apalagi :D

      Betul, Teh. Udah gitu bisa untuk sarana belajar juga.
      Aamiin, semoga sekeluarga bisa ke wisata ke Jember ya, Teh. Salah satunya ke Taman Botani Sukorambi.

      Aamiin, terima kasih, Teh.

      Delete
  13. mantab mas, tempat rekreasi dengan fasilitas yang lengkap, reviewnya juga jelas banget. thanks. btw ditunggu kunbal-nya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selain lengkap biaya masuknya juga cukup terjangkau.
      Nggak disuruh juga bakal otw kunbal kok.

      Delete
  14. Tahu Taman Botani dari baheula tapi belum pernah ke sana, padahal lumayan dekat tempatnya. Lain kali harus direncanakan ke sini nih... buat belajar sambil travelling, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, gitu. Sekarang kan udah tahu lengkapnya juga nih, udah datangin kesana, Teh. Nanti ceritakan di blog ya, saya juga penasaran nih yang belum lama tahu tempatnya.hehe

      Betul, Teh. Kan jarang-jarang tuh, udah bisa wisata sekaligus belajar juga.

      Delete
  15. Pengen deh belajar hidroponik secara langsung ke sana.
    Soalnya dari dulu pengen punya taman hidroponik yang bagus di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy, Mas. Saya juga pengen belajar kok. Dan pengen juga punya dirumah tanamannya, sepertinya asik, bangun tidur lihat yang seger-seger serba hijau tanamannya..

      Delete
  16. tamam botani itu sangat menarik. Di sana hawanya lebih sejuk ketimbang berada di jalan yang banyak asapnya
    Aku doakan semoga menang ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Meskipun saya belum kesana langsung tapi saya yakin akan hal itu. Aamiin, terima kasih, Mas..

      Delete
  17. mantap sepertinya akan menang nih...semoga saja.sukses selalu mas andy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga aja ya. Dan terima kasih atas doanya ya, Faizah Nur..

      Delete
  18. paket komplit nih bang andy bisa berwisata sambil belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Belajarnya dapet, wisatanya juga dapet. Terlebih kalau seorang blogger yang kesana, nambah lagi tuh ide dan foto yang di dapat untuk di posting di blog..he

      Delete
  19. asyik banget kalo bawa keluarga ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan asik lagi, Teh. Tapi asiknya double..hehe
      Memang tempat yang sepesial untuk liburan keluarga Taman Botani Sukorambi ini.

      Delete
  20. Tiketnya murah tapi fasilitasnya lengkap banget, tempat liburan yang cocok untuk keluarga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mau sendiri, berdua bahkan sama keluarga tetap asik kalau main ke Taman Botani Sukorambi ini. Dan rasa-rasanya kalau sehari aja kurang deh waktunya, nggak cukup gitu..hehe

      Delete
  21. Wah bacaan kedua ku tentang taman botani sukorambi jember.. Tempat Ini merupakan destinasi favorit yg menjadi list kedua yg akan dikunjungi bersama ana Klo sdh berumur 3 tahun. Kinsep eduwisatanya cocok utk mengenalkan si kecil tentang alam dan hal lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yah, banyak sepertinya yang ikut lomba juga. Ayo mas Heri ikut juga.
      Aamiin, semoga kesampaian ya, Mas. Karena masih lama bisa dilist dan dipersiapkan mau apa aja nantinya disana.

      Setuju, sedari kecil kalau sudah diajarkan ilmu yang bermanfaat itu bagus.

      Delete
  22. Wahana bermainnya cukup banyak banget ya.. Selain itu harga tiket masuknya pun murah sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bukan banyak aja, tapi lengkap banget, mulai dari wahana, tempat belajar hingga fasilitasnya.

      Delete
  23. Jika ada 12 ekor rusa, 4 burung merak dan 4 ekor kijang. Berapakah jumlah kaki hewan tersebut?
    Kolam renang remaja kalo 10 tahun kemudian udah jadi dewasa y mas? 10 tahunnya lagi udah jadi orang tua dong y?
    Kira2 kolam renangnya bisa punya keturunan g?
    Rumah pohon, berarti rumah buat pohon y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen tahu jawabannya, mas Niki Setiawan harus datang langsung ke Taman Botani Sukorambi, Jember ya. Disana nanti, Mas Niki nggak cuma bisa jawaban dari apa yang ditanyakan disini, tapi mas Niki bisa dapet ilmu, wisatanya juga bahkan foto, dan dengan puas disana exsplor.

      Iya rumah buat pohon, karena secara tidak langsung pohon itu menyanggah rumah yang dibangun. Dan rumah pohon itu tempat yang paling aku suka, Mas. Dan pengen bisa bersantai disana kalau kesampaian kesana langsung..hehe

      Delete
  24. Wah mantap. Semoga menang, Mas :D
    Itu bayar tiketnya udah include semua kah? Aku baca tadi cuma berkuda aja yang kena charge tambahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terima kasih, Mas Gallant..
      Nggak kok, yang berbayar nggak cuma berkuda, ada mobil khas Taman Botani Sukorambi, kolam renang, dan ada yang lainnya juga.

      Hayo nggak dibaca semua ya..hehe
      Udah detail kok di diary ini, Mas.

      Delete
  25. Waduh, ini jalan-jalan berfaedah banget. Bisa belajar tapi sambil bermain menyenangkan. Good luck buat lombanya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Lengkap ya, jalan-jalannya, belajarnya dan juga foto-fotonya..he
      Aamiin, terima kasih ya, Mas Arief..

      Delete
  26. wah, artikelnya lengkap banget kak, informatif sekali.

    btw Taman Botani Sukorambi ini emng keren banget ya.
    wahana dan fasilitasnya super lengkap. penasaran mau ke sana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, selengkap tempat aslinya disana..hehe

      Keren dan spesial buat liburan keluarga. Belajarnya dapet, wisatanya dapet dan tentu senangnya dapet kalau ke sana langsung.

      Kalau ke Jember coba mampir aja, Teh Liana. Pasti nanti dapet cerita yang bakal diceritakan diblog..he

      Delete
    2. mantap, artikelmu bisa jadi panduanku kalau ke sana mas :)
      keep sharing and writing ya.

      Delete
    3. Semoga bisa kesana ya, Teh..
      Nanti ajarin bikin hidroponinya.. :D

      Delete
  27. Belum pernah ke Jember. Pankapan kalau ada kesempatan bisa nih ke Taman Botani ini. Harganya juga cukup terjangkau gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga kesampaian juga ya, dijamin lah kalau keana nggak nyesel. Begitu juga dengan saya..he
      Udah sekali ke Jember tapi belum exsplor wisatanya :D

      Delete
  28. Mupeng banget pengen punya hidroponik di halaman. Secara di Jakarta kanan kiri udah rumah orang nggak punya pekarangan..hihi. Tapi, sampai sekarang belum cobain..asyik ya mas wisata sambil belajar..bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, Teh. Hidroponik gini memang cocok dan bisa ditempat yang nggak begitu besar menuru saya. Maksudnya nggak harus punya halaman luas juga.

      Saya juga pengen punya di rumah, tapi pengen belajar juga nih..hehe
      Bermanfaat sekali, Teh..

      Delete
  29. Ikutttttt mas...jgn lupa ajak sy ya, bagus ada unsur pendidikannya juga nih, jgn lupa skalian ajak anak2 sy juga...haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. saya juga belum tahu kapan bisa kesana nih..
      Sekeluarga kesana aja, pasti lebih seru, nanti saya aja yang di ajak..wkwk

      Delete
  30. Belum pernah main-main ke Jember. Ternyata ada destinasi wisata yang bagus buat anak-anak. Fasilitasnya lengkap juga. Ngajak anak-anak kesini pasti senang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak cuma anak yang seneng pastinya, Teh. Orangtuanya juga pasti senang..hehe
      Next ajak ke Taman Botani Suorambi aja, Teh. Biar bisa merasakan langsung fasilitas dan wahananya..

      Delete
  31. Waa.. Seru banget tempatnya. Pingin deh ke sana😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesana aja, ajak teman-teman ataupun keluarga tetap sama-sama asik kok.

      Delete
  32. wah boleh juga nih masuk list kalo mau ke Jember buat di kunjungin. Seumur hidup belum pernah ke taman taman botani kek gini, pasti adem bawaanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, siapa tahu nanti pas ke Taman Botani Sukorambi menjadi taman botani pertama yang dikunjungi, Mas Rahmat..he
      Ajak teman-temannya pasti lebih seru, Mas.

      Delete
  33. tempatnya lengkap cocok banget ini buat liburan keluarga, dan yang lebih menarik lagi disini kita juga bisa sambil belajar, jadi selain berwisata dg keluarga bisa juga tambah pinter :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, wisatanya dapet, belajarnya juga dapet. Setidaknya ada ilmu yang bisa dibawa pulang ya, Mas.

      Delete
  34. Sudah fasilitasnya lengkap, tiket masuknya murah, jadi pengen liburan ke Taman Botani :D

    ReplyDelete
  35. wah.. mantap nih.
    ini baru keren..
    liburan sambil belajar..
    pas buat liburan keluarga. daripada liburan ke mall.. #EH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Mall mah buat keperluan aja, Mas. Kalau liburannya ke mall nanti ujungnya habis uang banyak..hehe
      Sesekali memang perlu main ke tempat alam seperti Taman Botani Sukorambi, biar fresh.

      Delete
  36. tiketnya murah banget!! yang aku suka kalo wisata ke luar kota banyak yang menawarkan wisata alam dan harganya yg ramah.. di jakarta parkir aja mahal hiks /maapcurhat

    pingin coba outbound dan berkuda deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..nggak apa-apa, Teh. Memang seperti itu sih faktanya, di Jogja juga terkadang ada beberapa tempat yang memang biaya parkirnya menurut saya mahal. Makannya saya lebih suka gowes.. :D

      Nah itu bagus, Teh. Bisa sekalian liburan sambil olahraga.

      Delete
  37. Ulalalaa,, Kang Andy,, aku paling suka berenang,. jadi aku pasti senang traveling di point pertama yakni Taman Sukorambi.. Harganyamurah dan juga bagus yaaa viewnyaaa.. Pengen ya allah bumil main kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yah, wah kalau gitu teh Vika bisa berenang di kolam yang khusus muslimah.
      Betul, harga terjangkau, wahana wisata lengkap dan juga fasilitasnya tak kalah lengkap. Semoga kesampaian ke Taman Botani Sukorambi juga ya, Teh..

      Delete
  38. Rekreasi sambil belajar, ini tentu sangat menyenangkan tidak sekedar bersenang-senang tapi bisa mendapatkan manfaat lain setelah pulang rekreasi
    sangat pantas untuk dikunjungi bagi siapapun mengingat banyaknya arena yang disajikan untuk semua usia baik anak-anak dan orang dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh. Senangnya dapet waktu disana, belajarnya pun dapet. Setelah pulang bawa ilmu. Terlebih foto yang sudah pasti untuk jadi bahan cerita diblog..he

      Setuju, mau anak-anak, dewasa Taman Botani Sukorambi ini sangat cocok.

      Delete
  39. 12 hektar wah luas banget.
    Tapi kalau dibaca apa aja yang ada di taman botani ini maka asyik aja karena banyak yang bisa di kunjungi.

    Dan harga masuk nya juga masih aman di kantong. Aku mau juga dong di ajak kesana, semoga ada rezeki nya amin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya luas banget, Teh. Maka wajarlah wahana dan fasilitasnya lengkap banget disana.

      Betul, harga masuk ramah di kantong. Semoga aja bisa kesana ya, Teh. Biar bisa merasakan langsung serunya main di Taman Botani Sukorambi.

      Delete
  40. temoat wisatanya lengkap banget ya, cocok tuh ada kolam renangnya jadi abis capek keliling2 bisa langsung nyegerin badan sambil maen air hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, selain itu kalau udah berenang dan laper bisa langsung makan deh..hehe

      Delete
  41. WIhiiiii makasih udah ikutan lombanyaaa
    Ditunggu beneran ke Jember yaaa buat travelling
    XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semgoa bisa ke Jember nih, biar bisa exsplor wisatanya..

      Delete
  42. Super seru nih wahananya, ada sisi edukasi dan have fun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, dan cocok untuk liburan bareng keluarga ya, Teh..

      Delete
  43. Komplit banget ini ulasannya. Grafisnya juga maen, mas Andi. Saya jadi pengen ikutan ngedraft juga. Hahaha...

    Selain bisa merefresh otak dengan beragam fasilitas dari Taman Botani Sukorambi, pas pulang, kita juga bakal dapet banyak ilmu baru ya, karena disini selain bisa seneng-seneng juga bisa belajar bareng. Pasti Pak Muzakir seneng banget ini. Dulu cuma sepetak tanah, sekarang udah bisa berkembang jadi sebesar ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ikutan aja, Mas. Biar makin seru..he

      Betul, dengan begitu kita sendiri bisa share ilmu yang didapat sekaligus fotonya eksisnya lewat blog :D

      Betul, Mas, salut sama semangatnya, semoga kita semua pun demikian, dalam hal apapun.

      Delete
  44. Wah kumplitnya.. semoga bisa ke sana juga kapan2.. oya sukses utk lombanya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terima kasih ya.
      Semoga bisa ke Taman Botani Langsung ya..

      Delete
  45. boleh juga nih rekomendasinya kawan...
    taman botani, tamn rekreasi skligus belajar....

    keren dah viewnya,... smoga kesampaian ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas.
      Aamin, ikut juga hayu wisata ke Taman Botani Sukorambi, Jember.

      Delete
  46. TAMAN BOTANI bener2 worth it harganya
    dgn aneka fasilitas dan view, aduh harga segitu murahnya kebangetan.
    sygnya ini jauh dari bogor hoho.
    walaupun buat pengunjung dari luar ada penginapan.
    kayaknya lokasi ini cocok banget buat rekreasi keluarga karena ga ngebosenin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh. Murah plus fasilitasnya juga banyak, terlebih wisatanya.
      Kalau yang jauh sama saya juga jauh nih..hehe
      Sepertinya bakal nggak cukup nih waktunya kalau cuma sehari di Taman Botani Sukorambi.. :D

      Delete
  47. mantap, bisa jalan-jalan sambil belajar di botani jember he..he

    mas Andi iklan di tengah artikelnya, mungkin lebih baik di beri nama "sponsor atau advertisement"..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngalangin ya, Kang? he
      Kuy, Kang. Ke Taman Botani Sukorambi.

      Delete
  48. Wah kayaknya seru. Serius tuh flying foxnya 40 m? Jadi pingin nyobain.

    Semoga menang ya kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh, itu khusus Flying Fox Jungle. Sedangkan Flying Fox Tombro itu cocok untuk pemula.

      Aamiin, Terima kasih ya.

      Delete
  49. Objek wisata yang harganya murah tapi bisa tetap happy sekeluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mpo. Udah gitu lengkap akan wahana dan fasilitasnya. Top pokoknya..

      Delete
  50. Sumpah tiket masuknya segitu? Buat tempat wisata yang lengkap banget, murah banget itu. Banyak tempat main dan fasilitasnya. Kayaknya ini bisa jadi salah satu tempat wisata yang mesti kukunjungi deh kalau jalan-jalan ke Jember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Pengunjung yang datang disaat weekday hanya dikenakan tiket masuk Rp.12.000,- Sedangkan dihari libur atau weekend bayar Rp.20.000,-

      Sesuai dengan yang aku jelaskan diatas. Kalau nggak percaya cek aja langsung websitenya di tamanbotanisukorambi[com]

      Betul dan harus, Mas. Karena aku yakin kalau kesana pasti nggak bakal bosen, banyak pilihan wahananya dan kita sebagai pengunjung bisa belajar juga.

      Delete
  51. Cocok nih buat wisata keluarga 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocoknya pake banget, Teh.
      Langsung berkunjung aja ke Taman Botani Sukorambi, Jember. Ajak keluarga pasti lebih seru.

      Delete
  52. Wah, semoga menang ya kak :)

    Btw beneran itu tiketnya paling mahal cuma 20 ribu dengan segala macam objek dan fasilitas? Murah sekali looh itu.
    Btw, aku baru tau wisata ini di blog ini. Biasanya Jember taunya pantai papuma doang haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terima kasih, Teh Rizky..
      Iya memang segitu, coba cek aja di websitenya langsung. Ada di tamanbotanisukorambi [dot] com

      Tapi tetap kalau pengen bisa menikmati semuanya harus bayar lagi, misalnya saja berkuda, atau naik kendaraan khas Taman Botani Sukorambi ini.

      Tapi ya tetap sih masuknya itu terjangkau.
      Oh, yah, wah kalau ke Jember nanti bisa ke Taman Botani Sukorambi ini aja, kan sekarang udah tahu..he

      Delete
    2. Iyaa, maksudnya kalo ke kolam renang gitu gitu apa udah include semuanyaa?

      Iya, nanti kalo main ke Jember pengen mampir kesana. Pengen belajar hidroponik sekalian hehe

      Delete
    3. Sepertinya belum, Teh.
      Maksudnya teh Rizky ini tiket masuk udah sekalian sama tiket wahana yang ada, gitu ya?

      Kalau gitu, belum. Karena dari yang aku baca untuk kolam renang sendiri sepertinya sih bayar disaat mau masuk kolamnya juga deh. Tapi ini gak bener juga karena aku belum kesana langsung..he

      Asik tuh, jangan lupa dishare hasil belajarnya ya, Teh :D

      Delete
  53. Ohh lomba Blog dari Blogger Jember Sueger toh. Semoga menang ya! \m/

    Itu hidroponik. Keren euy, pengin ngubek-ngubek di sana. Hahaha. Lagian tiket masuknya murah cuma 12-20rb. Wahana juga terbilang komplit lah. Cocok nih. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, teirma kasih, Mas Gigip Andreas..

      Jangan ngubek-ngubek, Mas. Nanti rusak..wkwk
      Boleh tuh, kesana aja, sembari liburan terus bisa belajar juga. Nanti baru diceritakan di blog deh..

      Delete
  54. Wah keren tempat ini. Cocok buat outing class anak-anak sekolah, biar makin pinter. 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, jangan lupa ceritain juga kalau udah ke Taman Botani Sukorambi ya, Mas..he

      Delete
  55. Liburan yang murah meriah dan edukatif! Jember makin keren memang.
    PS: Kalau menang, jangan lupa traktiran mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain makin keren, Jember makin rame juga lho, Mas. Buktinya aja di Taman Botani Sukorambi ini banyak wahananya sekaligus fasilitas yang lengkap. Ntap!
      Tenang, nanti makan-makan dirumah masing-masing ya, Mas :D

      Delete
  56. tiada hari tanpa liburan mas, sekali - sekali jalan2 ke kebun raya bedugul bali mas... dan kabarin saya kalau ke bali hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. In shaa Allah, Mas, pengen juga sekalian ke Lombok nanti, kebetulan disana ada teman, jadi bisa sekalian silaturahmi.

      Delete
  57. Lengkap banget infonya mas, kapan2 jalan2 ke kebun raya bedugul bali mas,dan kalau kebali kabar2in saya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. In shaa Allah, kalau kesana tak kabarin, nanti tak cari kotnaknya diblog deh :)

      Delete
  58. Fasilitasnya komplit ya mas.. Harga tiketnya juga ga mahal.. Cocok banget buat acara outbound atau eduwisata sekolah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Yang komplit tidak hanya fasilitasnya tapi wahanya juga banyak dan ini memang cocok buat siapa saja. Terlebih Mas Kris nih kalau ajak anak sama istrinya buat berwisata ke Taman Botani Sukorambi pasti cocok.

      Delete
  59. Bisa santai dan belajar menanam, mantap eyy hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap pake banget, Mas. Nggak cuma santai dan belajar aja, tapi disana bisa senang-senang dengan wahana yang sudah disediakan. Keren kan!

      Delete
  60. Di sana ada kolam khusus muslimah ya, jadi enak kalau mau berenang di sana, bebassss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh. Terjaga juga jadi memang bisa bebas. Cocok banget Taman Botani Sukorambi ini buat semua kalangan.

      Delete
  61. Tiket masuknya murah banget ya. Padahal wahananya banyak lho, kalau saya pasti langsung ke kolamnya dulu, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah emang, Teh. Tapi kan semua wahana gak gratis, ada yang bayar juga. Seperti berkuda, berenang dan yang lainnya. Meskipun tidak gratis, tiketnya wahananya juga terjangkau kok..

      Delete
  62. Replies
    1. Betul, Mas. Udah gitu lengkap dengan wahana dan fasilitasnya.

      Delete
  63. Waah dari kemarin bertebaran artikel wisata botani Jember.. Semoga menang ya mas Andi.. Aku sendiri blm pernah ke sini😬

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih, Teh..
      Cobain ke Taman Botani Sukorambi coba, biar nanti diceritakan di blog..he

      Delete
  64. Waaaahh. Murah meriah berfaedah gitu ya tempatnya

    Keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Dan kalau mau mencoba fasiltas atau wahana lainnya yang berbayar saya rasa harganya terjangkau juga..

      Delete
  65. Ya ampun, kapan yaaa ada tempat wisata di jkt yg komplit begitu trus muraaah pulaaaak :p. Gilak aja biayanya.. Mana banyak bgt wahana di sana. Sygnya jauh banget mas :( . Aku ke jember aja blm pernah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga aja bisa ke Jember suatu saat nanti, Teh. Dan semoga tempat seperti ini bisa dijadikan contoh untuk kota-kota lainnya. Kalau di Jakarta ada semakin mudah untuk didatengin ya, Teh..

      Delete
  66. Wah. Nambah referensi tempat untuk dikunjungi. Pasti seru melihat tanaman dari berbagai negara. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh. Apalagi bisa bermain berbagai wahananya juga di Taman Botani Sukorambi ini.

      Delete
  67. wahhh tarif masuknya murah bengt ya mas, bisa sekeluarg anih main kemari, jika saya datang ke Botani Sukorambi yang saya kunjungi pertama kali adalah hidroponiknya, saya suka bertani soalnya, pengen gitu di halaman rumah ada tanaman yang ijo2 apalagi sayuran, kalau mau masak tinggal di petik aja, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Liburan lebaran kesana cocok sepertinya nih, Mas..hehe
      Setuju, saya juga pengen ke hidroponiknya. Itulah kenapa diary ini diawal saya bahas tentang hidroponiknya..

      Saya juga pengen, apalagi kalau dirumah, bangun pagi lihat yang seger-seger ya, Mas..hehe

      Delete
  68. Asik banget nih kalau bisa berkunjung bersama keluarga. Anakku pasti sukaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik dan pasti betah, Teh..hehe
      Cus langsung kesana aja, Teh..

      Delete
  69. Berlama-lama di rumah pohon asyik kayaknya ya, Mas Andi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti, Pak. Bisa buat santai sembari baca buku..hehe

      Delete
  70. bagus wujudkan program sebegini... sambil berjalan, dapat tambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, semoga terus berkembang dan maju Taman Botani Sukorambi ini..

      Delete
  71. Wuih, belajar hidroponik disana kayaknya seru. Kebetulan lagi belajar hehe
    All in one solution ini mah, wisata edukasi luengkap. Pertamax!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake banget, Mas. Jadi penasaran pengen belajar disana langsung ya..hehe
      Pertalite aja ah :D

      Delete
  72. Uda edukatif, murah pula tiket masuknya.. Apalagi bisa di cek di google maps, jadi semakin mudah ni aksesnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, jadi udah dipastikan ini tempat rekomended banget ya, Mas..

      Delete
  73. Untuk liburan keluarga, Taman Botani ini emang cocok. Dari penjabaran, kita bisa melihat bagaimana orangtua bisa memadukan libur sekaligus belajar~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah, tertarik untuk maen ke Taman Botani Sukorambi, Mas?

      Delete
  74. Ini paket lengkap kak, ada pondok baca. Terus ada flying fox, berkuda, rumah pohon, bisa sekalian outbond. Rekomen nih buat liburan nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, memang rekomen banget ini tempat. Buat sendiri ataupun keluarga tetap cocok..

      Delete
  75. Wah ajakan yang menarik untuk datang
    Contoh saya baru baca merasa terundang
    Semoga menang
    Saya ikut senang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terima kasih, Teh.
      Cobain aja ke Taman Botani Sukorambi, pasti senangnya double karena kesana langsung..hehe

      Delete
  76. Jadi kangen ke jawa kak :( semoga bisa main kesini deh nanti :D salam kenal mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, salam kenal kembali ya..
      Semoga bisa kesampaian ke Jawa, sekaligus ke Taman Botani Sukorambi. Dijamain deh nggak bosen kalau kesana, banyak fasilitas dan wahananya soalnya..he

      Delete
  77. Wow, Jember!! Salah satu destinasi wisata keluarga nih di masa depan setelah si baby aku lahir hihi. Mana ini alam banget dan aku suka flying fox, outbond dll..jadi nggak sabar pingin ke Jember! Semoga menang yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga kesampaian ya, Teh. Setelah dedek bayinya lahir. Sepertinya tambah seru ya, soalnya udah ada debay :D
      Aamiin. Terima kasih, Teh Mey..

      Ditunggu cerita liburannya di Jember yang entah tahu kapan..hehe
      Yang jelas nunggu dedek bayi dulu ya..

      Delete
  78. lengkap banget ya ndi, itu kalo outbound bayar2 lagi gak sih? atau ada paketan khusus gitu?

    sha paling tertarik sama hidroponiknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Outboundnya ada yang bayar ada yang nggak, Teh. Sesuai yang sudah aku tuliskan diatas. Nggak dibaca semua ya, hayo..hihi

      Untuk yang paketan sih belum tahu, tapi mungkin aja ada sih, karena yang datang ke Taman Botani Sukorambi pasti ada yang rombongan. Asik juga sih kalau rombongan dapet diskon juga..he

      Sama, Teh. Memang asik untuk belajar hidroponik sepertinya.. :D

      Delete
  79. Saat ini kian banyak area wisata botani yang menawarkan fasilitas hiburan/adventure lainnya. Pastinya ini jadi suatu inovasi yg patut diapresiasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh. Dan itu memanjakan banget pengunjung yang datang. Dah dipasikan harus kosongkan memori gadget nih, buat foto..hihi

      Delete
  80. tiketnya murah, fasilistas lengkap. tempatnya adem juga. enak ni buat rekreasi sekalian ngadem. kalo deket, mungkin bisa tiap weekend ane kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..kalau jauh sih, Mas tiap apa? Tahun ya..he
      Ya, semoga aja bisa ke Taman Botani Sukorambi ya, begitu juga denganku, entah kapan. Niat mah ada..

      Delete
  81. gileee tiap mampir ke tempat mas andi pasti komennya udah di angka ratusan...
    penasaran sih sejujurnya sama si taman botani ini apalagi tiket masuknya nggilani murahnyaaaaa.... padahal keliatannya bagus ya, mendidik pula... hmmm... kapan ya saya ada rencana ke jember? #kokmalahnanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tandanya banyak orang yang penasaran dengan diary disini..hihi

      Sama, memang sebaik-baiknya penasaran harusnya datang langsung kesana biar tahu :D

      Kapan aja, yang penting yang penting ada waktunya, ada rezekinya. Semoga bisa ya..

      Delete
  82. Asyik ya ajak anak2 ke sini, lengkap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik plus menyenangkan pastinya. Ayo agendakan ke Taman Botani Sukorambi, Teh..he

      Delete
  83. Fasilitas lengkap, cuaca sejuk dan adem. Tiketnya murah lagi....Pokoknya Taman Sukorambi top markotop deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, markotop dan rekomen ya, Mas.
      Kapan nih, Mas ke Taman Botani Sukorambi? Atau udah pernah?

      Delete
  84. Ini beneran mas harga masuk dan wahananya segitu. Murah pisan uey wisata komplit begini. Kalau di daerah saya malah sebaliknya mas, jadi kalau mau refreshing kudu siapin budget yang lebih.

    12 hektar ini luas banget loh mas, apalagi wahanannya lengkap dan seru-seru semua. Kalau saya penasaran sama rumah pohon dan kolam renangnya. Saya jadi penasaran bagaimana beliau mengembangkan wisata ini yang mulai dari bawah loh, salut saya.

    Kalau udah baca postingan ini, malah jadi pengen liburan di jember nih. Dulu pengen banget ke jember pas tinggal di kediri, tapi sayang belum dapat kesempatan. Mudah-mudahan tahun ini bisa juga ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, Mas. Kalau gak percaya coba mas Bimo cek di websitenya aja di tamanbotanisukorambi [dot] com

      Oh yah, tapi dimanapun wisatanya menurut saya sih baiknya gitu, takutnya tiba-tiba ada keperluan mendadak atau apa lah..he

      Nah itu, saya juga udah membayangkan kalau jalan untuk explore sepertinya capek juga ya :D
      Sama, pengen saya santai di rumah pohonnya, Mas..he
      Enaknya ketemu orangnya langsung terus ngobrol ini mah, Mas.

      Aamiin, semoga kesampaian wisata ke Jember juga ya, Mas.

      Delete
  85. Ternyata bisa ya wisata sambil belajar. Terutama buat anak2 nih pas barengan traveling sama keluarga, pasti deh nambah pengetahuan. Itu murce banget bayar tiket kolam renangnya hanya 10rb dan bisa khusus muslimah pula. Biasanya kalau anak2 demen petualangan binatang dan antai sih jadi ilmu sains bener2 masuk ke otak hehee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh. Jadi ada ilmu yang bisa dibawa pulang sekaligus di share untuk teman-teman yang belum ke tempat ini.

      Iya, Teh. Murah ya segitu mah. Agendakan sok, Teh..he

      Delete
  86. Wah, tempatnya oke banget nih buat wisata keluarga di sekitar Jember. Tiket masuknya murah pula, bener-bener masuk buat semua dari anak-anak sampai muda-mudi yang suka selfie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Murah tiket masuknya, fasilitas dan wahana yang ada banyak. Jadi banyak orang yang tertarik untuk datang ya.

      Delete
  87. cocok banget nih bang sehabis lebaran nanti puas-puasin di tempat ini

    ReplyDelete
  88. Rekreasi sambil belajar. Cocok banget nih buat bawa anak-anak kesini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, wisata keluarga yang rekomen ya, Teh..

      Delete
  89. Wah, Taman Botaninya, segar semua hijau-hijau..... Cocok ini ibu-ibu mainnya ke sini bareng temen2nya...

    ReplyDelete
  90. wah kebetulan pas ane ksna wifinya mati gan hehhe btw emang seru banget tuh tempatnya jg asyik

    ReplyDelete
  91. luengkap kan Botani :) Tengkyu udh ikutan ya :)

    ReplyDelete
  92. Wahananya lengkap dan edukatif, tapi harga tiket masuknya terjangkau sekali ya. Pas liburan pasti rame banget nih keluarga pada berwisata disini :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca diary kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya. Komentar dari sahabat diary mahasiswa merupakan sebuah apresiasi besar untuk penulis :)