Eksplorasi Wisata Jember Paling Populer


DiaryMahasiswa.com | Liburan merupakan salah satu caraku membangkitkan semangat. Disisi lain liburan juga bisa melepas stres akibat rutinitas dan pekerjaan yang menjemukan. Tidak perlu travelling jauh ke luar negeri. Sebab di negeri zamrud khatulistiwa ini tempat wisata sangat mudah ditemukan.

Mulai dari wisata pantai, danau, hutan, tebing, pegunungan semuanya ada. Terlebih dengan wisata buatannya, di Indonesia sangat buaaaanyak, bahkan diberbagai kota pun mudah untuk ditemukan. Misalnya saja ada Taman Mini Indonesia Indah, Dufan, Jogja Bay, Jawa Timur Park, Trans Studio Bandung dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari banyaknya wisata alam atau buatan, saat ini aku ingin sekali mengunjungi keduanya yang ada di kota Tembakau. Rasanya memang kurang kalau untuk menjelajahi wisatanya dalam sehari. Bahkan untuk menuliskannya pun tidak cukup satu lembar.

Aku biasa menuliskan tempat wisata yang ingin dikunjungi dalam buku diaryku. Dan Jember jadi salah satu kota yang sudah masuk list #DiaryTravellingku. Disitu aku menuliskan destinasi wisata Jember yang ingin dikunjungi.


Pertama aku ingin sekali mengunjungi Taman Botani Sukorambi, selain ingin menikmati wahana yang ada. Tertarik juga belajar langsung tentang hidroponiknya. Julukan kota Jember sebagai kota Tembakau ini tidak hanya sekedar julukan, melainkan bener-bener ada museumnya. Dan aku ingin sekali mengunjunginya.


Mungkin tak banyak orang yang tahu tentang keberadaan potensi kota ini. Jember merupakan salah satu eksportir tembakau terbaik di dunia. Sejak dulu kuba dikenal sebagai penghasil tembakau dan cerutu terbaik dunia. Namun, saat ini mendapat saingan yaitu tembakau dari Jember. Makannya tak salah lagi kalau tembakau dijadikan logo Kabupaten Jember.

sounce pict/komunitaskretek.or.id

Kuba disini bagi yang belum tahu disebut juga dengan Republik Kuba. Sebuah negara yang terletak di kepulauan Karibia. Gak mungkin kan aku jauh-jauh kesana kalau di Indonesia juga bisa belajar tentang tembakau.

Tujuanku ke Museum Tembakau di Jember yaitu ingin sekali lebih tahu langsung tentang tembakau. Dan ingin membuktikan sendiri kalau tembakau itu tidak melulu sebagai tanaman yang membawa sisi negatif. Tapi disisi lain tembakau juga bisa digunakan untuk pembuatan produk yang berdampak positif.

Diantaranya tembakau bisa digunakan untuk bahan produk seperti pestisida, pupuk organik, minyak atsiri, bahkan bisa juga digunakan untuk bahan parfum.

Alamat museum tembakau ini berada di Jl. Kalimantan No.1, Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur

Sebutan Jember tidak hanya sebagai kota tembakau saja, namun Jember juga dikenal sebagai kota seribu bukit. Makanya aku ingin sekali pergi ke salah satu bukit yang sedang poluper di kota Jember. Bukit SJ88 namanya.


Sebuah nama tempat wisata yang unik. Nama tersebut ternyata singkatan lho. Huruf S dari kata Sucopangepok, sebuah nama desa dimana bukit ini berada. Huruf J dari kata Jelbuk, nama kecamatannya. Sedangkan angka 88 sendiri diambil dari bentuk batu yang mirip angka delapan. Namun ada juga yang bilang kalau angka delapan itu diambil dari tingginya bukti ini. SJ88 memiliki ketinggian 880 MDPL (meter di atas permukaan laut).

source pict/kitamuda.id

Dari puncak SJ88 kita bisa melihat kota Jember dari ketinggian. Terlebih disaat sunrise atau sunset. Kebayang gak sih indahnya seperti apa. Puncak ini memang menawarkan tempat yang tak biasa. Tiket masuknyanya juga cukup terjangkau, pengunjung hanya membayar Rp.7.000,- saja. Harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu, tapi aku yakin tetap terjangkau.

Ingin rasanya aku duduk santai diatas bukit SJ88 sembari melihat indahnya pemandangan diatas awan. Yang perlu dipersiapkan kalau ke bukit ini yaitu stamina. Karena untuk sampai ke bukit yang tingginya 880 meter di atas permukaan laut ini menghabiskan waktu selama satu jam dengan jalan kaki. Meskipun sangat menguras tenaga, namun perjuangan tersebut akan terbayar lunas setelah sampai di puncaknya.

Selain bisa menikmati pemandangan diatas awan, pengunjung juga akan dimanjakan dengan keindahan ornamen payung gantung yang ada.

source pict/instagram.com/afaf_rodiyyah

Terdapat juga hammock yang bisa pengunjung gunakan guna melepas lelah sembari santai. Terlebih jika laper, kita bisa membeli makan di warung yang tersedia di lokasi ini, lengkap dengan mushola dan toiletnya. Tidak hanya itu, tempat hits di Jember yang satu ini memiliki gardu pandang seperti halnya di Kali Biru Yogyakarta. Tempat ini paling banyak pengunjung manfaatkan untuk foto sembari menikmati hijaunya pemandangan.


source pict/instagram.com/jatimku

Alamat SJ88 ini berada di Desa Sucopangepok, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Setelah menikmat keindahan alam di atas awan paling cocok bermain air. Di kota seribu bukit ini terdapat juga banyak pantainya yang tak kalah asri.


Pantai yang masih asri biasanya udara pantainya jauh dari ion negatif. Hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh, sehingga mood akan terasa lebih baik. Makannya pantai menjadi salah satu tempat yang dapat mengurangi depresi. Meskipun hal ini akan sama dirasakan disetiap pantai. Bagiku mengunjungi pantai disetiap kota yang berbeda tetap saja memiliki ciri khasnya tersendiri.

Misalnya dengan keindahan pantai Payangan di Jember. Pantainya memiliki 4 pantai, 3 bukit dan 1 pulai. Azaming kan, nah selain itu Payangan juga dikenal dengan pantainya para nelayan. Sebab penduduk sekitar sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Asiknya lagi pengunjung bisa membeli ikan segar dari para nelayan langsung.


Meskipun sebagian besar warganya bekerja sebagai nelayan, bukan berarti tidak peduli akan pantai Payangan ini. Buktinya fasilitas yang tersedia seperti tempat parkir, toilet dan warung makan, warga sekitar yang menyediakannya.

source pict/instagram.com/asliindonesia.net

Sayangnya kendaraan umum belum tersedia ke lokasi ini. Sehingga pengunjung mengharuskan membawa kendaraan pribadi, baik berupa kendaraan roda empat ataupun dua. Bagi yang tidak membawa terdapat ojek yang siap mengantarkan sampai ke lokasi pantai.

Alamat Pantai Payangan ini berada di Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Berbeda dengan Pantai Watu Ulo, dimana pantainya dikenal dengan ombaknya yang berbahaya, jadi harus hati-hati. Disini pengunjung bebas bermain pasir dan menikmati pemandangan dari atas batu yang panjangnya 25 meter. Batu inilah yang kemudian disebut dengan watu ulo karena bentuknya yang menyerupai ular dengan sisiknya.


Watu dalam bahasa Jawa memiliki arti batu, sedangkan ulo berarti ular. Jadi watu ulo adalah batu ular. Sebuah batu memanjang itulah yang mendasari penamaan pantai ini. Sebenarnya ada beberapa versi cerita yang dijadikan penamaan pantai Watu Ulo ini. Namun intinya sama mengarah pada terbentuknya batu memanjang yang mirip dengan ular.

source pict/instagram.com/merdeka.com

Selain bisa menikmati pemandangan dari atas batu yang menyerupai ular, pengunjung juga dapat mengunjungi dua goa yang sedang populer ditempat ini. Goa Kelelawar dan Goa Jepang namanya.

Goa Kelelawar ini didalamnya terdapat banyak kelelawar, makanya namanya sesuai dengan keadaannya. Sedangkan Goa Jepang sendiri merupakan goa peninggalan zaman penjajahan Jepang. Besar kemungkinan goa ini dulunya menjadi tempat persembunyian prajurit Jepang.

Meskipun sudah lama, goa ini masih bagus dan kokoh, terlebih pintu masuknya yang terbuat dari Beton. Selepas menjelajahi semuanya, pengunjung bisa melepas lelah di warung yang ada di sekitar pantai.

Alamat Pantai Watu Ulo ini berada di Desa Ambulu, Kecamatan Sumber Rejo, Kabupaten Jember Jawa Timur.

Pantai yang ada di Jember ini tidak hanya populer, namun terdapat pantai dengan keindahannya yang eksotis. Salah satunya pantai Papuma namanya. Nama Papuma sendiri sebenarnya singkatan dari "Pasir Putih Malikan". Hingga saat ini singkatan tersebut lebih familiar ditelinga para pengunjung.


Nama Malikan diberikan langsung oleh Perhutani saat dibukanya tempat wisata ini. Papuma dikenal juga sebagai Pantai Tanjung Papuma. Perbukitan yang mengelilingi pantai ini membuatnya nampak terlihat asri dan alami. Selain berenang para wisatawan juga bisa outbound atau berkemah.

source pict/travel.kompas.com

Yang membuat banyak orang betah berlama-lama di pantai ini adalah keindahannya. Meskipun dibolehkannya berenang, namun tetap ada larangan atau batas untuk berenang.

Alamat Pantai Papuma ini berada di Di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Serunya bermain air tidak melulu harus di pantai. Di Jember sendiri terdapat sungai yang airnya jernih dan bersih. Namun arusnya cukup deras, letaknya di Jumerto, Patrang kabupaten Jember, Jawa Timur. Tempat ini dijadikan tempat wisata bernama Rafting/Arung Jeram Jumerto Patrang.


Rafting atau arung jeram merupakan suatu aktifitas olahraga yang memadukan unsur petualangan adventure, adukasi dan rekreasi dengan mengarungi alur sungai yang ber'jeram' menggunakan media boat karet, kano dan juga dayung.

Pengunjung yang datang ke tempat wisata ini tidak hanya sekedar mengarungi sungai, tapi sekalian menguji nyali. Meskipun aktifitas arung jeram ini memiliki resiko. Asalkan kita bisa mengikuti peraturan yang diberikan pemandu semuanya akan aman-aman saja.

source pict/visitalesund.com

Wisata ini memang terbilang baru di Jember, tepat pada bulan Mei 2017 lalu didirikan. Namun sudah banyak orang yang datang dan menikmati wisata ini. Pengunjung yang mau menikmati keseruan bermain arung jeram cukup menyediakan dana sekitar Rp.75.000,- hingga Rp.150.000,- saja. Bahkan ada penawaran harga khusus untuk pelajar, dengan membayar Rp.50.000,- sudah bisa menikmati wisata ini.

Dari dana yang dikeluarkan pengunjung juga akan mendapatkan fasilitas seperti makan, snack, coffe break, transportasi, tim leader, tim rescue, guide hingga asuransi sekalipun ada. Tidak hanya itu, bagi pengunjung yang suka foto, pengelola menyediakan tim khusus untuk dokumentasi.

Tempat bermain air di Jember tidak hanya itu saja. Ada lagi tempat yang mana pengunjung bisa bermain air sembari menikmati pemandangan dari ketinggian. Dimana lagi kalau bukan di Rembangan Jember. Sebuah tempat wisata yang dibangun pada masa kolonial Belanda. Lebih tepatnya pada tahun 1937 yang didirikan oleh Mr. Hofside.


Menikmati pemandangan dari ketinggian memang memberikan sensasi tersendiri. Seperti halnya di puncak SJ88, namun di Rembangan ini pengunjung bisa menikmatinya pada saat malam hari juga. Dimana cahaya bintang yang begitu indah menampakan cahayanya. Terlebih ditemani dengan orang tersayang, suasana pasti akan jadi romantis.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk menyegarkan diri dari padatnya rutinitas yang kita jalani. Apalagi hanya 15 KM saja jaraknya dari pusat kota Jember. Asiknya lagi untuk bisa sampai ke Rembangan akses jalannya cukup baik dan bisa dilalui kendaraan, baik roda empat maupun roda dua.

source pict/wisatajatim.info

Puncak Rembangan memiliki ketinggian 650 meter dari permukaan laut. Selain pemandangannya yang indah, udaranya pun sejuk, membuat betah ingin berlama-lama. Daya tarik masyarakat akan tempat ini yaitu suasana malamnya dapat melihat panorama kota Jember dari ketinggian.

Terdapat juga kolam renang ditempat ini. Mulai dari kolam renang untuk orang dewasa hingga anak-anak juga ada. Adanya hotel dan restoran membuat rembangan semakin cocok untuk dikunjungi. Dilengkapi juga dengan adanya perkebunan buah naga, pertenakan sapi perah dan perkebunan kopi rayap Jember.

Tempat wisata Rembangan berada di Kemuning Lor, Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tersedianya kolam renang di tempat wisata memang menyenangkan bagi sebagian orang, dimana pengunjung bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan stres atau sekedar olahraga. Di Jember sendiri ada tempat wisata yang khusus menyediakan tempat berenang saja. Namanya Pemandian Kebon Agung.


Tempat wisata ini mempunyai kolam renang yang nyaman dan aman untuk para pengunjungnya. Terdapat dua buah kolam renang ditempat ini. Yang membedakan kolam renang ini dari yang lainnya yaitu terletak pada sumber airnya yang berasal dari mata air Watu Remuk. Dan airnya mengalir terus tanpa henti.

source pict/tempatwisatajember.blogspot.co.id

Untuk kolam renang dewasa memiliki panjang 50 meter dan lebar 20 meter. Cocoknya untuk orang yang sudah mahir berenang, karena kedalamannya sekitar 4 meter. Sedangkan untuk anak-anak tersedia dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Tempat ini juga sering digunakan untuk belajar berenang. Jadi sangat cocok bagi yang belum bisa berenang untuk belajar sembari wisata.

Seperti kolam renang pada umumnya. Pemandian Kebon Agung juga menyediakan restoran dengan berbagai menu andalannya. Bagi yang ingin bermalam, tersedia juga fasilitas berupa hotel di tempat ini. Tiket masuknya juga terbilang murah, pengunjung cukup membayar sebesar Rp.7.000,- saja. Buka sedari pagi hingga sore.

Alamat Pemandian Kebon Agung ini berada di Kebon Agung, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tempat wisata yang berkaitan dengan air memang sangat banyak di Jember, wajar saja kalau saat ini Jember makin rame. Satu lagi yang ada dalam list buku diaryku yang ingin aku kunjungi adalah Kebun Teh Gunung Gambir. Jujur selama ini aku belum pernah ke kebun teh. Pernah berencana ingin mengunjungi kebun teh yang ada di Tasik 2 tahun lalu namun belum kesampaian karena suatu hal.

Saat ini aku niatkan dan ditulis semoga saja bisa travelling ke Jember sekaligus bisa berkunjung ke kebun tehnya. Tak banyak yang tahu kalau kota Jember ini memiliki tanah yang subur membuat kota ini cocok untuk ditanami berbagai tanaman. Salah satunya ya kebun yang ada di gunung gambir ini.


Lokasinya yang berada di lereng pegunungan, membuat perkebunan teh ini tersembunyi dan cukup sulit untuk dijangkau. Pengunjung memerlukan sedikit perjuangan untuk sampai. Dengan ketinggian 900 MDPL (meter di atas permukaan laut), dengan jarak sekitar 48 kilo meter dari pusat kota Jember. Pengunjung yang ingin ke kebun teh ini sangat tidak disarankan menggunakan motor matic.

source pict/rebanas.com

Pesona alamnya yang masih asri membuat kebun teh ini wajib untuk dikunjungi. Pengunjung yang datang mendapatkan fasilitas seperti camping ground atau bumi perkemahan, cocok bagi pecinta alam, jogging track, lapagan tenis, penginapan berupa villa dan yang lainnya.

source video/youtube.com/oritjember

Melihat hijaunya perkebunan teh membuatku terbawa seolah sedang melihatnya langsung. Ingin rasanya bisa menginjakkan kaki disana kemudian berkata. "Tuhan bantu kami menjaga indahnya alam ini."

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan


Referensi :
http://www.eastjava.com/tourism/jember/ina/kebon-agung.html
http://www.huntingkita.tk/2017/08/wisata-terbaru-arung-jeram-jumerto.html
https://tempatwisataunik.com/wisata-indonesia/jawa-timur/tempat-wisata-di-jember
http://tentangkotajember.blogspot.co.id/2013/05/rembangan-ada-puncak-di-jember.html
http://blusukanjember.blogspot.co.id/2018/03/perkebunan-teh-gunung-gambir-green-tea.html

May 11, 2018 - 149 komentar

149 comments:

Terima kasih sudah membaca diary kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya. Komentar dari sahabat diary mahasiswa merupakan sebuah apresiasi besar untuk penulis :)

  1. asik deh kalo bisa sering2 adain liburan. kalo aku susah, mas. harus ajuin cuti dulu. itu juga kalo di-acc sama atasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..nunggu waktunya aja yang tepat, Mas Ben..
      Btw, Jogjanya di daerah mana ya, Mas?

      Delete
    2. lengkap komplet detil Wisata Jember ya Mas....saya bacanya sampai 2 jam baru kelar...tapi betul saya baca dari awal sampai akhir....pokonya uwwih kopi satu ceret abis

      Delete
    3. tapi ada yang saya bikin penasaran ...siapa sih si cakep pake kerudung abu abu ? hemmm pasti ...anu........nya ya...?

      Delete
    4. Masa sih sampe 2 jam, nggak percaya saya?
      Mungkin sambil disambi kali, itu mungkin saja :D

      Saya baca ulang paling berapa menit, Mas :P
      Tambah lagi, Mas, satu galon..hehe

      Delete
    5. Cek saja, Mas sumber fotonya, biar lebih tahu siapa dia? :D

      Delete
  2. asik deh kalo bisa sering2 adain liburan. kalo aku susah, mas. harus ajuin cuti dulu. itu juga kalo di-acc sama atasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..nunggu waktunya aja yang tepat, Mas Ben..
      Btw, Jogjanya di daerah mana ya, Mas?

      Delete
  3. Wowwwww

    Berkaitan sama alam semua yah
    Keren banget tempat-tempat wisata di Jember

    Aku jadi kepengen banget ke Pantai Papuma dan Puncak Rembangan itu tuh
    View nya breath taking bangeeettttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga kok, Mas. Coba baca lagi, ada tempat yang memang bukan di alam :D
      Kuy, Mas. Mau kapan, ajak aku lah..hehe

      Delete
    2. Hahahahaha iya juga ya
      Ada yang buatan

      But still, wisata alamnya yang bikin mupeng bangeeett

      Delete
  4. Indonesia itu sangat kaya, alhamdulillah ,,, Kuba yang terkenal dengan tembakau ternyata Indonesia juga ada kota Jember lokasinya, pantainya sangat indah, yang sangat mengesankan daerah wisata di Indonesia selalu menyediakan fasilitas untuk tetap bisa melaksanakan ibadah,
    wisata Jember melengkapi fasilitas ini
    secara keseluruhan wisata Jember sangat menggoda untuk dikunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh. Dengan adanya tempat ibadah memudahkan para pengunjung, dan itu yang saya inginkan..hehe

      Betul, jadi kapan nih mau ke Jember, Teh? :D

      Delete
  5. wah, andai saja saya juga bisa mengunjungi tempat-tempat ini, sooo beautiful place for travelling. good share mas !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan cuma andai, Mas. Doa aja selagi gratis, niatin, tuliskan biar sama kayak aku..hehe. Nggak ada yang tahu kan kalau emang udah rezekinya bisa ke tempat yang kita inginkan..he

      Yuhu...

      Delete
  6. Ini dia ... pantai Watu Ulo, pantai Papuma dan watu J88 juga jadi keinginanku bisa kesampaian kesana.

    Pengin rasanya berfoto nangkring di atas bukit J88

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kesampaian ya, Mas. Pengen juga saya diajak lah..hehe
      Saya juga pengen, dan pengen bikin video diatas awan itu :D

      Delete
    2. Hehehe .. Boleeh 😁

      Sampai sekarang aja kita belum kelaksana ngetrip barengan ya,mas Andy ...

      Abis, kadang mau WA duluan takut ngeganggu kesibukan mas.

      Delete
    3. Iya nih, Mas. Next aja, semoga aja ada waktu luang buat trip nih. Tapi kemana ya, Mas?

      Padahal mah WA aja dulu, bisa tidaknya yang penting udah coba..hehe

      Delete
    4. Ke lokasi yang masih belum banyak dikenal orang,mas.

      Delete
    5. Apa aja nih, Mas. Penasran saya..hehe

      Delete
  7. Aku belum pernah ke taman botani sukorambi ih, dr kemarin pd seliweran ikutan lomba. Aku kan jadi pengen kesana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya udah kesana aja..hehe
      Semoga kesampaian ya, dan jangan lupa berbagi ceritanya :D

      Delete
  8. WAh mantep banget itu mas pantai Payanganya.. boleh nih kalau pas maen ke Jember. Hehehe..
    .
    btw sukses ya mas givewaynya, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren memang, Mas..
      Btw, giveaway apa ya, Mas..he

      Delete
  9. wah banyak sekali wisata di Jember
    gambarnya bagus2 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi lihat pemandangannya langsung, Mas. Pasti lebih keren..he

      Delete
  10. Kok gak ikutan nunggu merapi meletus a' hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa harus ditunggu kalau abunya juga sampai ke tempatku.. :(

      Delete
  11. Wooww!! Sampe pangling aku bacanya mas!.. Yaa!! meski hanya indonesia tepatnya diJember jatim...Namun nuansa alamnya tidak kalah dengan pemandangan dieropa...😄😄😄

    Jadi kepengin berpetualang lagi..😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, Mas. Indonesia memang kaya akan wisata alamnya..
      Kuy, Mas. Berpetualang lagi..hehe

      Delete
  12. bang saya pernah liburan ke jember bang.. waktu itu ke papuma.. kece banged tempatnya.. apalagi saya nyampe di papuma jam 5 pagi,, beuuhh.. ajibb..
    sama ke mana ya.. lupa aku nama tempatnya. watu ulo klo g salah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, yah..Wah asik dong udah pernah kesana, asik bener itu kalau pagi-pagi gitu, sepi, udara masih fresh lagi. Beuh, jadi pengen juga, Mas..
      Naik di batu yang seperti ular itu ya, Mas?

      Delete
  13. Jember, I'm coming... Halah, kayak bisa cuti aja... Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tahu waktu liburan bisa ke Jember, Mas..hehe

      Delete
  14. Aduh kang, enak banget jalan jalan terus, udah sampe jember. Baru tahu kalau jember punya julukan kota tembakau. Pasti warga masyarakatnya makmur ya kang denfan menjadi petani tembakau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke jember baru sekali, Kang. Dan masih pengen kesana lagi untuk bisa explore wisatanya..he
      Sepertinya begitu, Kang. Saya juga waktu kesana seneng, apalagi warganya ya, pasti lebih seneng :)

      Delete
  15. indah banget foto yang paling atas, bikin baper pengin liburan biar seger dan semangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy, Mas liburan lagi, biar bisa fresh..hehe

      Delete
  16. Pengen nyobain arung jeram. Pasti seru bgt tuh. Mudah2an ada rezeki lebih bisa maen ke Jember

    ReplyDelete
  17. Komplit juga ternyata. Mulai dari wisata bukit yang hijau adem-adem ada, mau piknik panas-panasan ke pantai juga nggak usah bingung. Jember punya semua.

    Selain Kabupaten Temanggung - Jawa Tengah, ternyata di Jawa Timur ada daerah yang populer juga dengan hasil tembakaunya. Mungkin karena kebanyakan hasil olahan tembakau yang banyak kita temukan di pasaran itu rokok, jadi pandangan masyarakat terhadap tembakau jadi kurang bagus ya? Padahal masih banyak produk olahan lain dari tembakau yang memberikan dampak positif seperti yang kamu tulis di atas, mas andi.

    Kalau bisa ke Jember, saya pengennya ke SJ88, Kebun Teh Gunung Gambir, sama ekplore pantai-pantai disana. Hehehe....Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Dan ini baru Jember aja. Apalagi kota-kota lainnya, beuh Indonesia memang kaya akan wisata. Wajib banget untuk dikelilingi. Semoga bisa.

      Betul, dan cendurung negatif. Makannya aku pengen banget lihat dan mengunjungi langsung museum tembakaunya.

      Aamiin. Semoga kesampaian ya, Mas. Aku juga pengen kesana..he

      Delete
  18. itu baru di wilayah jember, belum di kota-kota lainnya...indonesia emang kaya akan pariwisata..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Dan ini pun belum semuanya. Kalau semuanya bahas wisata di jember bakal penuh juga. Betul, Indonesia memang kaya akan wisatnya..

      Delete
  19. Jember itu emang sekarang ngehits banget, dia kaya akan pesona alam kayak pesona wisata air danpegunungan. Lengkap pokoknya. Nanti setelah dedek bayi lahir dan ayahnya pulang, kita harus agendakan buat jalan jalan ke Jember. Harus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh. Lengkap banget..
      Wah, keren. Semoga kesampaian ya, Teh. Liburan bareng suami dan dedek bayinya.
      Di tunggu ceritanya yang entah kanpan..hehe

      Delete
  20. Ke Jember sebatas lewat saja, belum pernah mengeksplorasi wisatanya... baru tau kalau jember juga indah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lain kali coba mampir, Teh. Biar bisa diceritakan juga di blog..he

      Delete
  21. banyak banget destinasi wisatanya, sampe sampe bingung mau milih mana.
    tapi ane tertarik sama kebun tembakaunya, selain unik juga bisa nambah wawasan.
    Moga menang deh post ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dipilih, semuanya aja, Mas..wkwk
      Kalau mau satu, di urut aja, biar semuanya kesampaian untuk ditangain :D
      Aamiin, teirma kasih, Mas Yasya Indra..

      Delete
  22. Saya baru tahu kalau tembakau bisa juga buat parfum. Tapi mungkin saya nggak suka sama wanginya. Hahaha.

    Ternyata Jember selengkap ini, ya. Asli. Saya bahkan kaget pas tau ada arung jeramnya segala dan kebun teh. :D Kalau Goa Jepang, saya ingetnya sama yang di Hutan Juanda, Bandung. Ada Goa Belanda juga. Hm, mungkin setiap goa peninggalan zaman yang menjajah itu ada di beberapa kota, ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sekarang udah tahu kan, Mas?
      Jangan-jangan mau praktek buat langsung..wkwk
      Siapa tahu baunya wangi seprti parfum-parfum pada umumnya, Mas. Masa iya bau tembakau..hehe
      Eh, tapi saya juga belum pernah mencium baunya sih :D

      Betul, memang ada dibeberapa kota kok, kalau tidak salah di Pangandaran juga ada lho, Mas. Mungkin dikota lainnya juga ada. he

      Delete
  23. sudah lama tidak berpetualang mas
    lama banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus, Mas. Ke Jember aja, biar bisa langsung dishare nanti perjalannya, Mas..he

      Delete
  24. Arung Jeramnya sangat menantang...mungkin yang paling menarik wisatawan untuk nyoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Asik ya kelihatannya, bermain air sembari menguji diri juga..he

      Delete
  25. Niat ini mas nya.. Kemarin baca yang sukorambi, sekarang update wisata jember lagi..

    Semoga beruntung ya..
    Kalau list yg disini jadi pingin ke pantai kayangan. Pict yg diatas seperti danau diatas gunung karna malam hari atau gelap. Yg bawah terlihat jelas pantainya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terima kasih, Mas.
      Harus niat, beruntung tidaknya yang penting udah mencoba..he
      Sama, Mas, pantainya emang kece-kece banget ya, banyak surga wisata tersembunyi di Jember ini.

      Delete
  26. Weleh-weleh, ternyata tembakau Jember bisa menyaingi tembakau Kuba ya, Ndi :) Ga nyangka. Seneng ya bisa berkunjung ke Museum Tembakau di Jembe. Jadi lebih terbuka pandangan kita dan menambah wawasan betapa produk asli Indonesia mampu go international. Ternyata banyak banget tempat wisata di Jember yang belum terekspos ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu lah, Teh. Indonesia memang ntappp..he
      Betul, Teh. Makannya kenapa saya pengen berkunjung kesana itu ya pengen tahu langsung. Karena sejauh ini cukup tahu tembakan aja, udah. Kalau bisa ke museumnya sepertinya lebih terbuka tentang tembakau..he

      Akan terekpos oleh para blogger-blogger kecjeh nanti, Teh..hehe

      Delete
  27. Bikin ngiler di bukin SJ 88.. Aku kira itu foto kang Andy lagi telanjang dada,, untung bukan kang Andy .. wkwkwk tapi agak serem juga kalau jatuh gimana yaa.. Tapi emang si teman2 pada suka cerita disana emang populer banget wisatanya yaaa.. Next time akyuu ah mau main kesana.. Thanks informasinya kang Andy, nambah agenda wisata buat lebaran nih xiixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..bukan, Teh. Saya belum ke bukit itu, kalau pun kesana, sepertinya nggak telanjang dada gitu lah.. :D Panas kalau siang, pagi dingin..wkwk

      Doa yang baik-baik aja, Teh. Biar Allah melindungi selalu..he
      Sama-sama, Teh. Semoga kesampaian ke Jember ya, biar asik ajak keluarga..

      Delete
  28. Naksir sama pantai kayangan dan pengen arum jeram juga di Jumerto Petrang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus kesana, Mas..hehe
      Indah banget dilihat dari foto juga ya, apalagi kalau kesana langsung..

      Delete
  29. Sangat sangat indah dan asri nih mase,,,kota jember. Tapi memang fotografinya kayaknya ini yang sudah profesional,,gambarnya sangat bagus mas. Makasih informasi wisatanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mas. Semoga bisa ke Jember juga ya, biar bisa melihat secara langsung indahnya wisatanya disana..

      Delete
  30. Pantai nya indah banget.. Maasya Allah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya indah dan rasanya pengen ke pantai langsung ya..hehe

      Delete
  31. Wuiiihh la kok bisa indah2 banget gitu viewnya. MasyaAlloh

    Ini harusnya menang nih artikelnya mantap banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul, indah. Indonesia memang indah..
      Aamiin, terima kasih, Anggun..

      Delete
  32. wOWWW....alam pemandangannya keren abiszzzz Mas.

    Apalagi ada sosok bidadari yang muncul di Kebun Teh, lengkap sudah deh keindahan yang ada didunia ini.

    Tapi ngomong2, kok tumben bikin foto yang bersumber dari situs lain ? :) jadi curiga nich... :)

    Mudah2 Juara nich artikelnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah Indonesia, Kang..
      Bukan tumben, karena ini diary berupa rencana, ya mana fotonya bukan saya. Kalau saya sendiri, berarti bukan rencana lagi, tapi saya sudah kesana..hehe

      Kenapa harus curiga ?
      Secara tidak langsung ini diary kan berrencana pengen kesana, Kang. Mau sekalian ikut nggak nih?
      Aamiin,, hatur nuhun, Kang..

      Delete
  33. kalau saya pribadi lebih suka di area pegunungan seperti di bukit Sj88, udara yang bersih dan pemandangan yang bisa membuat pikiran menjadi fresh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempat seperti itu memang menyenangkan, Kang. Terlebih disaat pagi, ya itu udaranya masih bersih dan suegerrrr...hehe

      Delete
  34. ingin deh nyoba naik arum jeram, kayaknya seru bnget tuh. hehehhehe

    ReplyDelete
  35. jember aku sering lewat klo ke BWi
    tapi ya cuma lewat doang mas'
    aku pengen itu ke pangtai papuma
    baguss
    yang lain juga sih soalnya luas banget itu jember

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, memang luas, Mas. Ke Pantai Papuma aja, Mas, biar ada cerita pantainya lagi di blog..he

      Btw, BWI itu apa ya, Mas?

      Delete
  36. Keren - keren mang andi,,,, lengkap sulengkap reviewnya...
    Jadi teh saya jadi paham dengan pilihan destinasi yang ada...
    sayamah pengen nyobain arum jeram aja deh ah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus, Kang ah..
      Btw, di Pangandaran ada nggak ya, Kang arung jeram?

      Delete
  37. wah banyak bener destinasi wisatanya di Jember baru tahu ini semoga bisa liburan nih kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga bisa kesana sama keluarga ya, Teh. Biar bisa diceritakan juga di blog..he

      Delete
  38. Yang santai diatas batu
    Dan duduk didipan atas pohon itu
    Sungguh memukau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh. Ingin rasanya tiduran diatas batu juga ya..hehe

      Delete
  39. Melihat foto Rembangan Jember saat malam, membuatku tergoda tuk menikmatinya sambil minum kopi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cus kesana langsung, Mas. Bawa kopi yang banyak..hehe

      Delete
    2. Boleh mas, sekalian nyoba kopi lokas disana juga..

      Delete
    3. Oh ada toh kopinya, aku malah baru tahu.
      Asik tuh ngopi biar gak diem-diem bae :D

      Delete
  40. Ya ampun mas, bukit SJ88nya keren bangeeeet. Ngga ngeri apa yah naik kesitu mas? Aman ngga kalo anak-anak mau main kesitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin aman, Teh. Kenapa saya katakan mungkin, karena saya belum kesana langsung..he

      Delete
  41. Jember tempat wisatanya cakep-cakep ya Ndi.. cuma jarang ke ekspose mungkin yaa, jadi selama ini lebih terkenal jeruk jembernya daripada tempat wisatanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu bisa jadi, Teh.
      Tapi saya akui pemandangannya keren-keren disana ya.
      Pernah wisata ke Jember kah, Teh?

      Delete
  42. Kalau ingat Jember, ingatnya Anang, hee... Ternyata selain punya Anang, Jember juga punya keindahan alam yang luar biasa ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yah, Anang orang sana tah?
      Saya malah belum tahu..hehe
      Nah itu, bakan keindahan alam yang ada sudah ada sebelum Anang datang ke dunia..hehe

      Delete
  43. gatau kenapa tapi tertarik banget buat jalan-jalan ke gunung gambir... duh perkebunan tehnya kayanya ademmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang adem sepertinya, saya juga penasaran pengen banget ke kebun teh..he

      Delete
  44. Mas Andi tulisannya rapi sekalii...

    Baca ini speechless saya, ini Jember keren banget ya. Terakhir ke sana beberapa tahun silam, tapi cuma singgah ke kotanya.

    Ini musti wajib kudu dikunjungi berarti..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Teh Dian..

      Sama, waktu saya ke Jember juga dikotanya aja, dan waktu itu juga cuacanya sedang hujan. Jadi ya belum bisa explore sana sini, terlebih alamnya..he

      Betul, Teh. Semoga nanti ke Jember lagi bisa ke salah satu wisata yang saya tulis atau bahkan semuanya..

      Delete
  45. Ini nih yg saya tunggu - tunggu info yang sangat lengkap buat referensi traveling mas. Sekedar masukan kalau bisa exspose tempat wisata di Indonesia mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. In shaa Allah, Mas. Itu cita-cita saya, pengen keliling Indonesia.
      Semoga kesampaian dan dijadikan tulisan..he

      Delete
  46. Duh, enak tenan kalo bisa jalan-jalan ke Jember. Wisata arum jeramnya itu lho, jadi pengen basah-basahan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. ke Jember aja, Mas. Semoga bisa ya dan kesampaian maen arung jeram..

      Delete
  47. Saya pikir Goa Jepang cuma ada di Aceh doang, ternyata di Watu Ulo, Jember ada juga, hehehe.. Banyak juga ya wisata di Jember, makin tokcer aja nih dinas pariwisata di sana. Good luck buat lombanya mas Andi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak, Mas. Di Pangandaran juga kalau tidak salah ada saya pernah kesana.
      Iya, Mas. Semoga wisata di Indonesia semakin maju.

      Terima kasih, Mas.

      Delete
  48. dulu ketika ada teman yang tinggal di Jakarta kuliah di Jember, pikiran saya ngapain kuliah di kota kecil. bayangan saya Jember gimana gitu? ternyata o ternyata... mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ternyata, kalau yang belum tahu biasanya gitu ya, Mas.
      Tapi pada kenyataannya Jember itu luas ya, Mas..

      Delete
  49. Di ekspoler semua tuh ? Nggak capek? Gua mah naik gunung aja capek hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capek?
      Pasti lah..

      Yang penting aku tulis dulu tempat yang ingin dikunjungi.
      Aku yakin untuk bisa mengunjungi tempat yang saya tulis gak bakal cukup dengan waktu hanya sehari. Semoga aja bisa beberapa kali ke Jember..he

      Semua emang capek kalau tanpa ikhlas mah, Mas..he
      Lah wong tidur seharian aja bangun capek kok :D

      Delete
  50. Kirain cerita andi ke Jember kemaren, bukannya udah ke jember kemaren itu?

    Sukses lombanya ndi, gudluck! selamat berpuasa hari ini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, Teh. Kalau waktu aku kesana kebetulan waktunya lagi hujan. Jadi gak bisa explore deh..he

      Aamiin, hatur nuhun, Teh..

      Selamat berpuasa juga, Teh Sha..

      Delete
  51. Wah, jadi pengen ke Jember! Hehe

    Klo gue mau traveling sih, pengennya ya wisata alam, bukan yang buatan. Dari tempat yang sejuk sampe pantai yang menggairahkan. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuy, Mas. Mau kapan..hehe

      Setiap orang memang punya kesukaannya tersendiri terlebih akan tempat tujuan traveling. Apapun itu semoga kesampaian ya, Mas.

      Betul, memang panti bisa bikin fresh, karena pantai salah satu tempat yang bisa menghilangkan depresi.

      Delete
  52. Tulisan Adi selalu inspiratif dan puanjang, tapi sukak dengan gayanya bercerita. Lengkap dan informatif Sekilas aku pikir Adi sedang ke jember, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, Teh Eni..
      Tapi ada yang salah lho, Teh. Harusnya Andi bukan Adi :(

      Delete
  53. aaah, pengen banget ke payangan belom keturutan ih sebaal hehe

    btw yg bukit itu keren juga buat foto, keliatan pemandangannya hehe

    ReplyDelete
  54. Penasaran sama bukit sj 88 nya kak hihihiii

    ReplyDelete
  55. Watu ulo, justru sepintas mirip buaya. Seharusnya watu buaya :)

    ReplyDelete
  56. Dulu saya pernah ke Jember. Kesan pertama saya adalah jauh aja. Jalan darat dari Surabaya hehehe.

    Waktu itu urusan kerjaan. Gak sempat menikmati Jember. Ternyata bagus juga, ya. Semoga kapan-kapan bisa ke Jember lagi. Tapi, untuk menikmati liburan :)

    ReplyDelete
  57. Jember deket kampung halaman saya mas, Bondowoso, semoga dengan banyak blogger traveller tempat wisata di Indonesia dapat dikelola dengan baik oleh pemerintah maupun oleh kita sendiri, aamiin.

    ReplyDelete
  58. Baru tau kalau di Jember ada Museum Tembakau, jadi penasaran. Kalau di Temanggung kayanya lagi proses pembangunan deh.

    ReplyDelete
  59. pantai papuma saya pernah mas. cukup bagus buat refresh. semoga menang mas,, he he

    ReplyDelete
  60. Wiih.. mantap banget wisata di Jember. Jadi pengen ke sana.. spot-spotnya itu looh.. keren abiiss

    ReplyDelete
  61. Wisata alamnya cakep-cakep. Sehari nggak bakal cukup nih buat ke Jember.

    ReplyDelete
  62. Wah lengkap banget, makasih ya sudah sharing. Tertarik bagian perkebunan teh itu. Kayanya sueger banget :D

    ReplyDelete
  63. Seumur-umur belom pernah ke Jember, paling cuma numpang lewat aja. Ternyata di sana banyak yang indah-indah yaa... Pengen cobain arum jeram sama wisata pantainya... Berdoa semoga bisa ke sana suatu saat.

    ReplyDelete
  64. wih, menarik banget mas wisata Jembernya.
    banyak spot instagramable. bikin feed IG makin cantik :)

    ReplyDelete
  65. Idem sama Mas Wisnu Tri, aku juga baru tau kalau Jember itu punya tembakau :p ada museumnya pulaak :))
    Kota ini sih semakin dikenal sejak adanya Jember Fashion Carnaval. Aku pingiinnn nonton festivalnya itu

    ReplyDelete
  66. wow, destinasi Jember sangat indah ya kak, saya juga punya rencana traveling ke sana. Semoga di permudah cari ongkosnya. Aamiin

    ReplyDelete
  67. 2013 lalu aku keliling jawa naik mobil, itu sebenernya udah masukin jember dan mau ke pantai papuma nantinya. tapi cuma bisa rencana, karena kita bawa anak kecil, jadinya ga bisa sesuai jadwal ;p.. terpaksa jember harus dicoret dan batal didatangin ... next kalo keliling jawa lagi, harus banget kayaknya jember di datangin.. aku jg baru tau loh di sana penghasil tembakau terbaik juga

    ReplyDelete
  68. Oh namanya gardu pandang ya? Yang takut ketinggian ga bisa foto foto keceh disana donk tinggi banget itu,, tapi pemandangan nya indah

    ReplyDelete
  69. Baru tau kalo objek wisata di Jember itu keren-keren.

    Kayaknya nih tempat harus masukin list kalo traveling ke Jawa sana.

    ReplyDelete
  70. Wahh baru tahu nih kalo di Jember ternyata banyak banget yak lokasi wisatanya dan lengkap banget kayaknya dari gunung sampe laut ada semua. Yang kebun teh kayaknya adem banget kebayang pagi-pagi duduk sambil menikmati teh seduhan langsung di sana. Yang arung jeram juga kayaknya seru banget, tapi agak-agak horor juga yak buat orang yang ga bisa renang kayak akuh haha.

    Fix puncak rembangan sama kebun teh jadi list yang pengen aku kunjungi di sana :D

    ReplyDelete
  71. Tiap daerah memang punya daya tarik masing-masing ya. Wisata pantai adalah yang paling menarik kalau buat saya, karena pantai Indonesia semuanya cantik-cantik.

    ReplyDelete
  72. dari beberapa tujuan di atas fix belum semuanya disambangi.. padahal uda setahunan di kota ini :(

    ReplyDelete
  73. Sangat indah sekali pemandangannya Kabupaten Jember recomended banget layak untuk di kunjungi. Terimakasih.

    ReplyDelete
  74. Gak perlu cari cari ke negeri luar, Indonesia ternyata sudah kaya akan wisatanya yaa, terlebih di jember, ternyata di jember ada semua ya hahaha. Bukit, pantai, pulau, main arum jeram. Mana pantainya biru sekali yaaa bagus bangetttt!

    ReplyDelete
  75. SJ88 jadi next trip ku tuh kak, kayaknya seru yah ksna hehe

    ReplyDelete
  76. mantap nih tempat tempatnya gan.

    Ditunggu follback nya yaa gan hehe

    ReplyDelete
  77. wah tempatnya bagus bagus, jadi pengen kesana..

    ReplyDelete
  78. Bukit SJ88! Namanya unik dan tempatnya gak kala keren.. Duh, apalagi kalau beruntung bisa lihat sunrise juga sunset sepertinya makin terpesona sama keindahan destinasi yang satu ini..

    ReplyDelete
  79. Jember ga kalah kan dgn wisata kota lain kan? Tengkyu ya udah ikutan :)

    ReplyDelete
  80. Pantainya bagus :') sayang banget jauh dari sini. Tempat-tempaynya sangat cocok buat kabur dari bising jalanan kota. Pengen banget ke tempat-tempat kayak gitu, ehe.

    ReplyDelete
  81. Ternyata seru2 ya tempat wisata di jember... Baru tau nih banyak produk lain yg bisa dihasilkan dr tembakau

    ReplyDelete
  82. Ikut merasakan keindahan alam jember membaca melihat gambar postingan ini...
    kasihan ya,..hanya bisa memandang belum bisa menapak diwisata jember he,,,,

    ReplyDelete
  83. Meski sering ke Jember aku belum pernah nyobain tempat2 wisatanya yang elok..
    Ntar kapan2 kalau ada kesempatan pengen nyoba ke pantai2 di Jember.
    Makasih info wisatanya Andi.. Sukses selalu

    ReplyDelete
  84. Thank you for sharing Mas. Udah lama masuk list tapi belum tereksekusi nih, padahal Malang Jember bisa mudah banget transportasi kesananya, naik kereta langsung. Yang paling jadi inceran, ke Papuma sama Payangan. Terus bawa pulang oleh-olehnya yang maknyus: Prol tape, pia edamame.

    ReplyDelete