Cari Spot Selfie & Ngopi Asyik? Udah ke Jurang Tembelan Aja!


DiaryMahasiswa.com | Hallo, SDM, jangan bosen ya, lagi-lagi #DiaryTravelling ini masih membahas salah satu tempat di Mangunan, Yogyakarta. Tapi tenang, ini tempat yang berbreda kok dari diary sebelumnya. Aku harap bagi kalian yang ingin datang ke tempat ini. Semoga bisa ya, ajak teman-temannya juga biar seru.

Well, langsung aja ya. Nah tempat yang bernama Jurang Tembelan ini kini menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang sedang populer. Kalau kalian tahu lokasi wisata Taman Buah Mangunan, lokasi Jurang Tembelan tidak jauh dari gardu pandangnya.

Ini masih diary dihari Jum'at itu, dimana aku masih sama ditemani Maman, sahabatku. Kalau kalian mau baca ceritaku di daerah Mangunan lainnya bisa cek disini ya.

Tempat wisata yang satu ini terbilang baru di Yogyakarta. Tapi karena spotnya bagus dan banyak juga orang yang datang. Begitu juga yang share ke berbagai media sosial. Jadi viral dan banyak orang yang tahu, bahkan nggak cuma orang yang tinggal di Yogyakarta saja. Orang dari berbagai kota juga rela datang jauh-jauh hanya untuk wisata ke tempat ini.

Jangan heran kalau orang yang datang kesini banyak yang memakai kalung kamera..hehe. Maksudnya bawa kamera gitu. Soalnya para wisatawan biasanya yang datang untuk selfie dan memotret sunrise atau matahari terbit.


Ada apa aja sih di Jurang Tembelan ini, Ndi?
Banyak. Salah satunya itu tuh foto perahu macam titanic gitu. Tapi kalau kalian takut akan ketinggian harus hati-hati. Nanti gemetaran...hehe

Aku sendiri juga orangnya takut ketinggian, hanya saja aku suka penasaran dan ingin mencoba. Dan alhasil foto di perahu itu. Waktu aku foto sih bayar seiklasnya dan uangnya dimasukan ke kotak yang tersedia dekat spot foto.


Waktu itu kami nggak terlalu ujung untuk berdiri di perahunya. Karena aku takut jatuh. Bukannya kenapa, bambu yang digunakan menurutku sudah cukup kering dan rawan akan patah. Makannya hati-hati banget.

Untuk bisa naik ke perahu juga ada kapasitasnya, yaitu 2 orang. Kami sendiri satu-satu biar gantian saling fotokan..hehe


Sempat antri sih satu sampai dua orang saja. Kalau bukan dihari weekend memang sepi ini tempat. Maksudnya nggak seramai dihari libur gitu.


Awalnya Maman aja nggak mau naik, tapi karena udah disitu dan kebetulan Jum'at itu nggak terlalu ramai, jadi sekalian foto dah. Dari pada nggak, kan nggak tahu kapan bisa datang lagi ke Jurang Tembelan ini.


Kalau difoto dari belakang ya seperti ini, keren karena ada bendera Indonesianya. Kesannya memang indonesia banget. Dan yang jelas ini tempat adanya ya di Indonesia.


Meskipun Jurang Tembelan ini tergolong wisata baru, tetapi mempunyai potensi wisata yang menjanjikan. Buktinya saja hampir setiap akhir pekan, tempat wisata baru di Mangunan ini selalu ramai dipadati pasangan muda mudi yang datang ingin selfie.

Tempat wisata Jurang Tembelan sudah memiliki warung kopi, jadi kalian bisa menikmati secangkir kopi hangat sambil menunggu sunrise.


Karena waktu itu siang hari, jadi kami nggak ngopi tapi belinya es. Biar suegerrr. Kebetulan tempatnya asik juga, jadi bisa sekalian istirahat sembari melihat pemandangan sekitar.


Spot foto berupa gardu pandang yang paling dekat dengan lokasi warung kopi ini ada nggak, Ndi? Ada malahan dekat banget, keliatan juga dari tempat duduk diwarung kopi itu. Jadi sembari antri foto bisa neduh di warung kopi.


Di tempat ini juga aku sempat menjemur pakaianku yang basah karena keringat. Kebetulan kalau aku main selalu membawa lebih dari satu kaos atau baju. Tujuannya biar bisa ganti dan disaat foto nggak pake baju itu-itu aja. Kemudian bisa juga untuk shalat. Karena kalau shalat menggunakan pakaian yang berkeringat juga kurang nyaman.


Sepertinya memang agak sulit untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan ini. Karena biasanya kabut dan awan selalu turun terutama saat musim hujan. Aku sarankan untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan itu ya disaat musim kemarau.

Tak jarang bahkan beberapa wisatawan merupakan penggemar sepeda gunung. Trek di daerah Mangunan cocok untuk penggemar downhill. Jadi, kalian juga bisa menggunakan sepeda selain sepeda motor.

Aku juga sempat sih menggunakan sepeda, tapi bukan sepeda downhill melainkan fijo (fixie ijo). Waktu itu sampe ke hutan pinus aja, kalau ke tempat-tempat seperti Jurang Tembelan takutnya ban fixienya pecah. Kan repot.

Baca juga : Gowes Bareng Fijo (fixie ijo) ke Hutan Pinus Mangunan

Di tempat ini salah satu daya tariknya tidak lain adalah pemandangan Kebun Buah Mangunan dan Sungai Elo. Lokasinya yang berada di dataran tinggi cocok untuk mengabadikan foto landscape.

Jurang Tembelan ini padahal baru dibuka sebagai tempat wisata pada bulan Agustus 2016. Belum lama kan, tapi ya itu yang tahu udah banyak banget. Kalian kalau penasaran akan foto disaat pagi atau menjelang sore. Cari aja di instagram pasti banyak.

Oh, ya menurutku sih tempat ini lebih menarik orang-orang datang dibandingkan Bukit Panguk. Karena keberadaan gardu pandangnya lebih instagramable. Tapi itu semua tergantung masing-masing sih. Apapun itu kita sebagai blogger kemanapun itu harus ikut tetap menjaga kebersihan dan jangan sampe merusak. Setuju ?

Ada juga gardu pandang yang tempatnya lebih tinggi dan waktu itu cukup antri untuk bisa naik ke tempat itu. Banyak ibu-ibu yang sedang foto juga..hehe


Kalau lihat difoto sih sepertinya aku terlihat santai dan menikmati pemandangan. Tapi percayalah waktu itu puanas banget. Sampe-sampe aku jemur pakaian kan ^_^


Ada juga spot love seperti ini. Banyak ya? Sepertinya memang hampir disetiap wisata saat ini diberbagai kota banyak terdapat spot love. Lagi hits memang.


Nah kalau yang ini sedang hits di instagram dan kebetulan waktu itu berseliweran aku lihat. Hanya saja sudah rusak nih, sayap kudu-kupunya sudah banyak yang sobek. Mungkin saat ini sudah diperbaharui jadi bagus lagi. Semoga saja!


Dan ada juga spot yang cukup menarik dan unik. Ini spot sangat cocok untuk anak-anak yang ikut berwisata kesini. Awalnya aku nggak mau mengabadikan foto dipesawat ini. Tapi udah kesini daripada enggak. Pede aja, yang penting foto. Biarin yang nunggu antri, yang penting nggak terlalu lama, kasihan gantian karena panas juga cuacanya.


Awalnya Maman hanya ingin fotoin aku saja, tapi aku suruh untuk duduk juga, biar ikut eksis dan bisa majang di Diari Mahasiswa :)


Selain itu pesawat ini juga dilengkapi dengan helm, layaknya helm yang digunakan untuk tempur. Dan ada juga senjata yang bisa digunakan untuk melengkapi gaya foto dipesawat ini. Gimana, keren bukan?



Ada yang mau ikut denganku? Kita keliling Mangunan dengan pesawat ini. Nanti kamu cukup duduk dan pegang senjata aja, kalau ada yang ganggu tinggal, "Doorrr"..hehe


Di Jurang Tembelan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Diantaranya :
1. Dua Gardu Pandang
2. Gazebo
3. Warung
4. Tempat Parkir

Tiket Masuk Jurang Tembelan?
Waktu itu kami belum dikenai harga tiket masuk, namun tetap harus membayar ongkos parkir untuk kendaraan yang kami gunakan sebesar Rp.3.000,- (motor). Untuk tahu tarif parkir kendaraan lainnya, kalian cek foto dibawah ini ya.


Jika ingin ke Jurang Tembelan, kamu hanya tinggal berpatokan pada area gerbang masuk Gardu Pandang Mangunan. Dari situ sudah bisa melihat papan petunjuk menuju Jurang Tembelan. Sangat informatif dan mudah untuk ditemukan.

Sekadar informasi bahwa medan jalan menuju daerah Mangunan memang cukup terjal dan memantang. Jadi perlu kehati-hatian dan keterampilan berkendara. Terutama pada saat hujan turun, jalan akan semakin licin. Jadi, pastikan kendaran yang kalian gunakan dalam kondisi terbaik saat ke Mangunan.

Untuk kalian yang ingin datang ke Jurang Tembelan ini bisa datang langsung ke alamat Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta.

Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta sekitar 22 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat sektiar 1,5 jam.


April 22, 2018 - 180 komentar

180 comments:

Terima kasih sudah membaca diary kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya. Komentar dari sahabat diary mahasiswa merupakan sebuah apresiasi besar untuk penulis :)

  1. Tembelan itu bahasa Jawa kan? Yang artinya Tambalan gitu? Bukan ya? Hehe wkwkw ._.

    Wah biasanya nih kalau ada spot seperti ini, pasti gak lepas dari ayunan yang latar belakangnya ketinggian atau pepohonan gitu. Belum ada mungkin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya memang iya dari bahasa Jawa, tapi aku kurang tahu artinya apa. Coba deh nanti cari tahu..hehe

      Nah itu, intinya dari ketinggian ya. Dah keliatan dari namanya jurang.. :D
      Kapan mau ke tempat nih, Zahra?

      Delete
  2. aku kemarin-kemarin sempat ke jogja tapi belum pernah ke lokasi ini.. bagus ya spot foto-fotonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh yah, ke Jogjanya kemana aja nih, Mas?
      Daerah kota aja kah? Ini tempat wisatanya ada di daerah Mangunan..

      Delete
  3. Tempat wisata baru tapi sudah berkarcis.. Berarti sdh mulai profesional pengelolaanya. Tapi itu tempat foto foto safety kan mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berkarcis yang parkirnya, untuk masuk waktu itu aku belum bayar. Tapi wajar saja sih, toh kalau parkir kan ada yang nunggu. Daripada nggak di karcis nanti malah nggak aman..

      Delete
  4. menarik juga, bagus buat foto preweding nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah ada tarifnya juga. Yang penting bawa pasangan aja..he

      Delete
  5. fotonya bagus-bagus tapi aku pasti nggak berani foto disitu ngeliatnya aja udah ser-seran hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah disana yakin nggak jadi foto, Teh? hhe

      Delete
  6. aku suka banget tempat seperti ini ,pernah aku coba dulu tapi aku harus ditutntun kayak anak kecil karena aku phobia ketinggian

    ReplyDelete
  7. Belum pernah aku ke sini ndi..
    Viewnya cakep ya. Aku jarang sih ke tempat yang kaya spot foto gitu..ga bisa action depan kamera..

    😀😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak apa-apa, Teh. Ajak aja anak-anaknya, nanti biar mereka yang action foto. Ini masih perjalanan dalam sehari itu sih, sehari dalam 7 tempat wisata di Mangunan..hehe

      Delete
  8. MasyAllah tempatnya keren ya pak. Keren dan sederhana. Kayaknya cocok juga untuk bertafakur tentang ciptaan Allah atau untuk merenung diri. Kayakanya tempatnya menenangkan 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, terlebih kalau suasana pagi atau sore. Selain nggak panas jadi lebih bisa untuk menenangkan diri situ..

      Delete
  9. tempat spotnya sangat asyik-asyik sekali ya
    laksana terbang saja

    ReplyDelete
  10. kayaknya jogja banyak banget spot foto dari atas gini ya. pemandangnya serba ijo-ijo bikin seger mata.
    tapi kayaknya lebih keren pas pagi-pagi kalo ketempat kayak gini. kayaknya bakalan dapet foto lebih keren dengan pemandangan foto-foto pepohonan yang masih tertutup dengan kabut-kabut gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Bukan kayaknya lagi, kalau ke tempat seperti ini lebih baik pagi atau nggak sore. Ini perjalananku exsplor Mangunan seharian itu. Dan sehari itu dapat 7 tempat wisata. Dan ini kebetulan dapet waktu siang hari. Jadi ya panas deh..hehe

      Delete
  11. Kalo sunrise kan berkabut, kalo sunset gimana, Mas?
    Sunrisenya juga bagus keknya kalo ada awan awan yang menggantung kayak di Kebun Buah Mangunan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunset itu kan bisa dikatakan waktu di mana matahari menghilang di bawah garis cakrawala di sebelah barat. Aku sendiri sangat suka sama sunset. Susah juga aku menjelaskannya seperti apa. Tapi begitu aku melihatnya sangat suka, Mas. Terlebih pemandangannya..

      Iya memang bagus, Mas. Dan waktu itu aku ke tempat ini memang sedang siang jadi ya seperti itu deh pemandangannya, panas. Apapun itu tetap bersyukur karena udah kesitu..he

      Delete
  12. Wuduh, dari pusat Yogya sekitar 1,5jam... Spot foto yang rakitan perahunya lumayan serem sih, tapi keren. Tapi itu yang kupu-kupu itu emang kek udah lapuk ya sama air? Jadi estetiknya kurang ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya begitu, tapi aku rasa saat ini udah bagusan. Ya mungkin aja. Karena waktu itu aku cukup lama ke tempat ini..he

      Meskipun cukup jauh, tapi kalau udah sampe daerah situ, bakal menemukan lebih dari satu tempat wisata macam seperti ini..

      Delete
  13. perahu...
    ya ampun...bisa terbang
    hati2 yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. shap, Mas..
      Pengen naik perahu juga nggak, Mas?

      Delete
  14. 😂 bagus yg pesawat tempurnya.
    gardu pandang gini emang instagramable banget deh.. Pemandangannya hijau dan kreativitas buat spot selfinya jg mendukung 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Anggun. Bagusnya lagi kalau pagi hari atau sore, kalau ada kesempatan kesana lagi pengen kesana lagi..hehe

      Delete
    2. pril.. ada prewedingnya prill.. #EH

      Delete
    3. Masnya mau prewed disana ya?
      Bisa-bisa.. :P

      Delete
  15. Spot pesawatnya lucu banget... kayaknya kalau nanti ke tembelan mesti nyobain spot yang itu deh, hehe. Bosen sendiri aku kalau sama yang lagi viral spotnya, walaupun gak pernah foto juga sih, haha xD.

    Btw, emang ya kalau sesuatu itu udah viral bakal banyak banget yang datengin, kayak sekarang nih Es Kepal Milo pada rame banget ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya, Mas.. harus coba semua spot kalau ke tempat ini..
      Betul, es kapal milo itu aku juga sangat penasan lho, Mas. Seperti apa rasanya, meskipun banyak yang bilang enak, tapi kalau belum merasakan secara langsung tetap aja penasaran..

      Delete
  16. Sekarang ini orang2 pada kreatif banget memanfaatkan bukit atau gunung sebagai salah satu tempat wisata.

    Contohnya diatas, bukit yang diatas dipasang perahu/ kapal tiruan.

    Kalau dahulu bukit atau gunung kebanyakan dimanfaatkan sebagai tempat berkebun atau mungkin bertapa.

    Kalau sekarang bisa dimanfaatkan lebih dari itu. :) Naik Kapalnya jangan lupa isi minyak dulu yach.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kang. Selain unik spot pemandangannya juga bagus, terlebih disaat cuaca bagus. Di zaman now saat ini sepertinya udah berbeda, Kang.

      Atau kang Nata masih bertapa :D
      Udah full minyal kebetulan, Kang..haha

      Delete
  17. Wah Jogja lagi dan lagi, kenapa kota istimewa ini menyimpan banyak sekali wisata alam yang bikin envy yaak.

    Udah lama menjadi list kunjungan saya namun belum rezeki bisa berkunjung ke jogja, semoga bisa kesana doakan yaaa..

    btw yang di karcis itu ada tulisan ELF, itu artinya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo ke sini, Teh. Kalau ke Jogja jangan lupa mampir ke tempat ini ya..he
      Aamiin, semoga disegerakan ya..
      ELF itu mobil bis, Teh. Lebih tepatnya mini bis, yang biasa digunakan untuk mobil travell gitu..

      Delete
  18. Ih hebat y naik perahu berasa naik perahu
    Sama kayak naik pesawat berasa naik pesawat
    Tapi kasian loh mas, botol botol minuman dipenjara di dalem pendingin
    Mereka pasti kedinginan
    Coba lihat mesra banget y tabung gas 3 kg, mereka berduaan udah kayak orang pacaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huahahahahaha ..

      Selaluuuu deeh .. celetukan komentar mister Niki itu bikin ngakak bacanyaaa ... 😂

      Delete
    2. Aku belum pernah ke Jurang Tembelan.
      Padahal kan dah deket sama bukit Kediwung ya ...

      Itu pesawatnya lucu ... jadi teringat mainan masa kecil 😁

      Delete
    3. Ngakak ya kadang nggak nyambung ya, Mas..haha

      Delete
    4. Oh gitu, masa sih nggak percaya aku kalau naik pesawat itu berasa naik pesawat?

      Biarin kedinginan, daripada kepanasan. Perasaan nggak kayak orang pacaran, sesekali jangan kepacran terus napa, Bang. Itu kan lagi istirahat, dan kebetulan duduknya bersandingan aja :D

      Delete
    5. Iya, deket, Mas..
      Hehe..iya aktu kecil bedanya nggak bisa dinaikin pesawatnya :D

      Delete
  19. penasaran bgt buat naik perahu titanik, tapi ngeri juga kalo di bawahnya jurang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja dulu, Mas..hehe
      Aku yakin kalau udah disitu pasti dicoba naik deh :D

      Delete
  20. Namanya unik JURANG TEMBELAN, eh apa yang ditembel xixixi guyon kok
    btw, spot-spot nya kece juga yaa, tapi nggak recommended buat yang phobia ketinggian ya kayaknya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. bisa aja teh Reni :D
      Nah itu, tapi kalau udah ketempat ini coba-coba nggak ada salahnya ya.. :he

      Delete
  21. Bisa buat foto prewedding juga. Pemandagannya mantap tapi arus ati-ati juga jangan sampe jatuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Hati-hati hal yang utama..
      Kalau mau prewed disini unik juga nih, ayo prewed disini aja, Mas..wkwk

      Delete
  22. Mau ikutan donk Kang Andy.. Tadi ada yang nyariin kang Andy tuh kapan katanya ajak2 saya wkwkkwkw... Lumayan juga yaa parkirnya ga terlalu mahal.. Mantap buat yang jomblo dan muda mudi kaya kang Andy.. Ngopi ampe sbuh ya kang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, Teh..hehe
      Wkwk..kalau ada di Jogja tak ajak, ke Jogja dulu aja, Teh.. Nanti biar bisa kopdar juga sama blogger lain :D

      Haha..sampe subuh ya nanit melek terus, dan sepertinya tempat ini bukanya nggak sampe malam juga, Teh..

      Delete
  23. kupu2nya ngelotokin hehe

    daerah mangunan ini banyak wisatanya dan deket2 ya ndi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah jelek emang, Teh. Waktu itu nggak foto ya nanggung udah disitu..wkwk
      Iya deket-deket, makannya waktu itu aku sehari dapet 7 tepat wisata di Mangunan..he

      Delete
  24. Duh, Kalibiru aja belum sempat tak datangi, eh udah ada yang lain lagi. Kreatif-kreatif ya sekarang. Murah lagi tiket masuknya. Cocok buat rombongan yang berkantong tipis kayak aku..wkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngomongin kalibiru saya cukup kapok, Teh..hehe
      Kapok nunggu giliran fotonya lama..

      Dan ada juga temen yang kebetulan punya tour n travell gitu. Kebetulan waktu itu nganter tamunya ke Kali Biru masa dari pagi, nunggu cuma pengen foto, dapet-dapet foto jam 1 siang :D
      Kalau gitu kan habis diwaktu..he

      Betul, kalau kesini bawa rombongan aja, biar lebih seru, Teh..

      Delete
  25. yah sebenarnya penasaran foto pemandangan yang ada dibawah perahu, hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. aku cek ah, ada nggak ya di galery fotonya.
      Ini juga nggak di publish semua fotonya, Mas. Banyak soalya..he

      Delete
  26. Hadeuh tempatnya apik tenan mas, cocok banget untuk melepas lelah perjalanan. Semoga makin banyak tempat wisata yang dieksplore dan di benahi oleh pemerintah daerah maupun swasta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, udah gitu bisa ngopi-ngopi santai ya..hehe
      Aamiin, semoga aja ya, Teh..

      Delete
  27. Daerah Mangun memang juara masalah destinasi selfie, gak ada saingannya lah klo di Jogja.

    Ternyata miminnya agak takut dengan ketinggian ta? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Asal mau aja kesana, pasti capeknya tergantikan ya..he
      Hehe.. Iya, Mas, tapi suka penasaran kalau nggak dicoba :D

      Delete
  28. Mangunan isinya jadi beginian semua mas? Banyak banget ini spot pakai jembatan-jembatan bambu disana.

    Pas dulu main ke mangunan, sepanjang jalan juga pernah lihat itu segerombolan mas-mas "naik" pakai sepeda. Aku mikirnya "apa nggak capek ini, padahal jalanan nanjak dan panas (waktu itu)".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak bisa pastikan semua sih, karena belum exsplor semuanya..hehe
      Iya sih, emang lebih dari satu sepertm

      Capek sih pasti, Mas. Tapi kalau sepeda mendukung plus semangat ada pasti malah asik, ya seperti waktu aku gowes ke hutan pinus..he

      Delete
  29. Kalau lihat bangunan dari prahunya kok kayak di G-Pass Kopeng ya... Hahaha.. btw akhir akhir ini banyak banget tempat wisata baru dg tema ky gini ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih, Mas. Aku malah belum tahu..hehe
      Nah itu, Mas. Dan hampir setiap wisata diberbagai kota aku rasa juga hampir sama gitu ya..

      Delete
  30. kenapa lokasinya jauh dari Bogor yaa, haha.. padahal seru banget kalau nyobain berdiri di ujung perahu bambu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Bogor mah atuh jauh, Teh..hehe
      Tapi coba kalau udah di Jogja, diterminal atau di stasiunnya aja, pasti nggak begitu jauh..hihi

      Betul, semoga bisa ketempat ini ya, Teh..

      Delete
  31. Baleni meneh pas esuk mas :))
    Aku dulu berkali-kali ke sini dulu pas pagi hehe. Kalau ke Mangunan sedang ramai dan sesak, melipir ke sini. Eh ternyata akhir-akhir ini Tembelan juga ikut ramai. Semoga tiketnya tetep terjangkau begini :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen bener, Teh..
      Next time kalau ada kesempatan pengen deh kesana..he

      Asik memang kalau pagi-pagi kesitu ya, selain nggak ramai banget. Pemandangannya juga pasti bagus..

      Iya, hampir semua wisata mangunan saat ini sudah ramai setiap aku kesana..
      Aamiin, seramai apapun kalau tiketnya masih terjangkau pasti asik..

      Delete
  32. wihhhh keren-keren fotonya! sekarang kayanya emang lagi hits banget ya kak tempat2 wisata model begini. di pekanbaru juga ada tempat wisata yang mirip2 kaya di tembelan ini namanya ulu kasok kampar, percis bgt spot2nya ada kupu2,perahu,pesawat dan bingkai love2 gitu. tapi bedanya di ulu kasok itu panasssss bangettt heheheh ngga kaya di Jogja...top markotop! BTW kaki aku sampe ngilu liat kakak berdiri di perahu T_T.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sedang hits dan semakin banyak aja orang yang datang ke tempat wista di Mangunan..

      Oh gitu, ah nanti coba saya searching, penasaran akan tempatnya..he
      Di Jogja juga panas kok. Tapi baiknya memang berkunjung disaat pagi atau nggak sore, jadi lebih bagus, udah gitu nggak panas..hehe

      Delete
  33. Mas..kayaknya aku nggak yakin deh berani foto ala Titanic gitu. Secara takut sama ketinggian..kan, bawahnya jurang to? hadeeh

    Itu bambunya kuat kan ya?...khawatir saja kalau ada banyak yang ngantri jadi rubuh karena nggak kuat nahan berta tubuh..

    Tapi, keren memang buat selifie..apalagi bisa sekalian ngopi! Pas sekali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya itu, Teh. Kalau nggak berani mening jangan.. :D
      Waktu itu jujur sih kurang begitu kuat kalau menurut saya, jujur saya pengen lebih pucuk lagi bisa berada di perahu itu. Tapi melihat bambunya udah cukup kering..

      Sepertinya saat ini udah diperbaharui deh, semoga aja. Nah itu selfie, terus ngopi. Asik banget deh!

      Delete
  34. Jogja memang kaya akan tempat wisata yaa Mas, entah kapan bisa menginjakkan kaki ke sana lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, semoga bisa disegerakan ya, Teh..
      Terakhir ke Jogja kapan, Teh?

      Delete
  35. Perahunya posisinya ngeri banget mas...dibawahnya jurang apa gak takut bambunya reot tuh. Dikarcisnya nggak ada asuransinya lagi duh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, makannya saya waktu itu nggak berani sampe pucuk..he
      Karena melihat kondisi bambunya yang udah cukup kering. Tapi sepertinya sekarang udah bagus atau udah diganti lagi..

      Delete
  36. ngopi sambil naek pesawat asyik mas
    heheh
    emang kalo musim ujan gini palagi pancaroba jadi gak bisa liat sunset ato sunrise
    cuma mendung2 manja gitu juga masih asyik kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. nanti jatuh kopinya, Mas :D
      Betul, Mas. Jadi kalau pengen dapet sunrise itu harus tepat waktunya..
      Iya, Mas. Apalagi kalau mendung atau cuaca nggak mendukung tapi udah disana, sayang banget kalau nggak mengabadikan foto..he

      Delete
  37. Foto di prahu lucu juga ya, ia tampaknya itu tinggi banget
    tapi bagus bisa melihat dengan leluasa di area jurang tembelan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh. Coba aja kalau ke Jurang Tembelan cobain naik setiap spot yang ada..

      Delete
  38. izin follow blognya ya
    semoga silaturahmi tetap terjaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, Teh..
      Hatur nuhun..
      Sudah saya follback juga ya..

      Delete
  39. Tiketnya murah trs tempatnya bagus jg ya mas, jd pngn jln2 ksana tp sygnya agak jauh dr tempat saya hehe. Mudah2n nanti bsa ksana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas dimana gitu?
      Kalau ada waktu ke Jogja aja, Mas..
      Biar sekalian exsplor wisata Jogja..he

      Delete
  40. Waaah. panduan lengkap nih buat yang pengen travelingan.
    Itu daerah KKN ku dulu. emang tempatnya enak sih, dan berangin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, gitu. Wah asik atuh ya bisa KKN di daerah Mangunan. Pasti setiap paginya suasanya sejuk banget..

      Ayo kesana lagi, Teh. Biar nostalgia..hehe

      Delete
  41. Adem gak tuh tempatnya? Enak soalnya ada warung, bikin kopi sama indomie mmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adem nggaknya aku rasa gimana waktu sih, maksudnya kalau datang sedari pagi tentu masih adem, kalau siang seperti kami ini bisa dilihat cuacanya puanas. Tapi di warung kopi mendingan lah bisa ngadem..hehe

      Iya bikin kopi sama indomie aja udah mantap..

      Delete
  42. Tempatnya bener-bener asik mas.. instagramable abis.. cuma kalo bawa anak kecil kira2 gimana ya? Aman ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa harus ada yang jagain kalau mau gantian foto. Dan pernah saya lihat juga bawa anak yang waktu itu foto juga anaknya di pesawat itu.

      Fleksibel sih menruut saya, Mas..hehe
      Aman kok, Mas. Asal hati-hati..

      Delete
  43. wahh bulan lalu ke jogja dan main ke mangunan gak sempat main kesini nih..
    cuma sempat ke hutan pinusnya aja tuh..
    lain waktu harus disempatkan mampir kesini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hutan pinus memang udah banyak yang tahu ya, Teh..
      Next kalau ke Jogja dan ke Mangunan lagi, cobain ke tempat-tempat wisata yang lainnya juga..

      Delete
  44. spot fotonya keren juga, ya. Tapi, kayaknya saya bakl deg-degan karena kayaknya tinggi banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..tapi kalau udah disana yakin nggak mau coba, Teh?

      Delete
  45. Lagi musim nih tempat wisata dengan spot-spot foto menarik. Di Jambi juga ada. Mungkin pemiliknya tahu ya, promosi gratis nan ampuh adalah ketika pengunjung mengupload foto-fotonya di media sosial :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, kekinian mah cepat banget menyebar dan viral ya, Teh..hehe
      Saya amati juga hampir sama spot-spot wisata disetiap daerah saat ini. Terlebih spot love seperti itu..

      Delete
  46. Tapi tampaknya mulai tidak terawat tempat wisatanya. Itu perahu dari bambu, kasihan amat. Keselamatan pengunjung harus diperhatikan. Jika memang sudah terasa usang ganti baru. Dan itu kupu-kupunya, mulai mengelupas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas. Semoga aja saat ini udah bagus lagi. Dan tentu saja terawat..
      Setuju, karena satu aja yang nggak asik atau pengunjung merasakan kecewa, tentu dampaknya akan cepat tersebar..

      Iya kupu-kupunya juga udah rusak, nggak tahu sekarang gimana.

      Delete
  47. Sebaiknya, spot pijakan dari bambu secara rutin perberapa bulan diganti dengan yang baru,ya.
    Agar lebih safety digunain buat berfoto.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, Mas. Selain guna memperbagus, demi keamanan juga penting.
      Mungkin saja saat ini udah diganti, Mas..

      Delete
  48. asyik nih... tapi ngeri2 sedap ya..agak takut ketinggian saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..kalau udah disana yakin nggak dicoba, Teh?

      Delete
  49. wahhh memang menarik! hampir sama macam di danau toba tapi yang ini lagi best!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu, saya malah belum tahu yang di danau toba, Teh. Jadi penasaran..

      Delete
  50. WAAAAHH!! Itu yang perahu sama kupu-kupu keren banget!

    Sayang kalau foto sama pacar terus putus harus crop. Padahal pemandangannya bagus-bagus. Harus foto sendiri sih. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..jangan di crop, Mas. Cukup jadikan kenanga.. :P
      Kalau kesana bawa istri pasti aman, Mas :D

      Kapan maen ke Jurang Tembelan Mas Gigip?

      Delete
  51. Isinya menarik apalagi tiketnya sangat terjangkau hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terjangkau banget. Asal mau kesana, tiket udah murah, pemandangan udah pasti bagus. Tinggal tentuin waktunya aja mau pagi atau sore. Kalau seperti saya itu panas, siang soalnya :D

      Delete
  52. Dimana-mana ngetren tempat wisata seperti ini ya mas.. di Bogor banyak beut dah.. kemaren ke Lampung juga begitu..

    Rupanya orang yang suka poto-poto semakin dimanjakan sama pengelola tempat wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kah, di Bogor namanya apa aja, Kang?
      Hampir rasa setiap kota memang ya..

      Betul tuh, dimanjakan, udah gitu disediakan tempat makan, ngopi. Udah deh makin betah pastinya :D

      Delete
  53. lama gak ke jogja, belum pernah datang ke tempat wisata kekiniannya. Btw aku palingan gak berani poto yang diperahu itu... ngelihat potonya aja sudah merinding...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yakin nggak mau dicoba, Teh? hehe
      Kalau udah kesana pasti pengen :D

      Delete
  54. Spotnya unik juga yah mas bro, tapi emang sih kayaknya lebih enakan dateng pasti lagi sepi, soalnya bisa bebas foto2, kadang kalau lagi banyak orang suka malu hahah, soalnya aku ngerasain sendiri kalau ditempat wisata yang ada didaerahku, kalau pas dateng lagi rame, rada kurang bebas dan merasa terganggu dengan yang lain hahah...
    Untung punya teman kayak si Maman, itumah kayaknya best friend forver yah bro,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mang. Sepi itu bebas sih, dalam artian nggak antri kalau foto :D
      Haha.. iya sih terganggu, gimana orangnya juga, kadang ada yang suka disaat rame, ada juga yang suka disaat sepi..

      Hehe.. Iya, Mang.. Best dah..

      Delete
  55. Tempatnya bagus bagusnya kak. Ahh aku jadi ingin deh pergi liburn ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Niatin, tentuin kapan mau datang. Ada waktu cuss deh..hehe
      Dijamin deh kalau ke Mangunan pasti dapet lebih dari satu tempat wisata, soalnya jaraknya dekat-dekat..

      Delete
  56. catet lagi . ! JURANG TEMBELAN. artinya apa mas ?
    tembelan semcam perca2 gitu. Mozaik. ... ?

    Bakalan betah niy liburan ke Yogya. Banyak lokasi asyeeek untuk dikunjungi.
    Lagi nge hits nih spot foto di alam terbuka.
    wuidihhh meluapkan hasrat yang belum kesampaian wkwkwk #jadi_pilot

    Tiketnya pun terjangkau harganya.

    Itu warungnyaaa bikin betah banyak "gantungannyah" asri banget.
    kpoi, susu, kacang, ...

    hayuuuuk lah .. thanks friend, ..good sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh belum tahu saya, Teh..hehe
      Tembelan itu artinya apa, yang jelas kalau nggak salah dari bahasa Jawa deh..

      Iya banyak yang baru, bagus dan hist. Pokoknya saran saya kalau mau liburan ke Jogja, baiknya di list tempat mana aja yang mau dikunjungi, Teh. Dan itu pasti lebih efisien dan bisa menghemat waktu juga..he

      Iya terjangkau, anak kost nggak tercekik :D
      Kuy ah, kapan hayo ke Indonesianya juga?

      Delete
  57. Sekarang emang lagi ngehits objek wisata yang disetting begitu ya, jadi aja object di ujung jurang atau di tempat tinggi dan kita bisa berfoto berlatar belakang pemandangan alam terbuka gitu. Dimana mana konsepnya hampir sama. Tapi di sini murah gilak ya mau foto. ya, jaman instgrammable jadi orang piknik buat foto gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Teh. Dan itu rame dan bahkan sedang hist ya. Bisa aja memang pengelola wisatanya. Betul, saya amati juga begitu, diberbagai kota hampir sama konsepnya. Meskipun begitu tetap berbeda kalau dikunjungi satu persatu ya.

      Iya, saat ini kalau mau piknik itu ya harus siapin memori kosong untuk menampung foto :D

      Delete
  58. Kok tau aja sih mas tempat-tempat keren kaya gini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahu dong, tertarik nggak, Mas buat ngunjungin?

      Delete
  59. Sungguh Menarik
    Tempatnya baik
    Selfi ada rasa asik
    Menambah warna cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik, tempatnya cantik, bikin betah lah, Teh..hehe

      Delete
  60. Oalah tempatnya ada di yogya toh yaa tapi jarang yaa wisatawan lokal yang jalan-jalan kesitu, atau saya nya yang kurang tahu kali yaa? hahaha XD

    Di tempat spot pertama macam kapal tetanic keren yaa itu, hanya saja keliatannya serem. Takut kalau-kalau bambunya rapuh dan orang yang foto di deket pangkal depan jadi ikut merosot kebawah. Kan seram jadi seperti naik wisata hahaha.

    Kalau sunrise atau sunset kelihatannya bagus buat diabadikan. Apalagi kalau ada prewed yang fotonya pas benar lagi sunset/sunrise. Apik tenan pasti yo mas! :D
    Kapan-kapan ah melancong kesitu. Doakan ya...
    willynana.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Teh Nana kurang tahu aja kali..hehe
      Emang sih serem, dan takut jatuh. Nah itu suasana sunrise ataupun sunset itu memang bagus untuk foto.

      Semoga bisa exsplor ke daerah Mangunan juga ya, Teh. Dan kalau kesampaian jangan lupa ceritakan juga di blognya.

      Delete
  61. spot wisatanya masih di sekitaran joga, satu kota yg aku tinggali. eh, itu nggak takut pas di kapal yg terbuat dari pohon bambu. nggakk takut putus. serem. itu kan di bawah ada ....

    cukup menantang adrenalin juga deh kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di berani-beraniin, Mas..wkwk
      Btw, Mas Beny ini tinggal di Jogjanya dimananya ya?

      Hati-hati juga sih waktu itu, makannya waktu diperahu nggak berani sampe pucuk banget. Bambunya udah kering soalnya..

      Iya sih, kalau yang trauma akan ketinggian mending nggak usah naik. Aku juga takut sebenernya tapi penasaran..he

      Delete
  62. keren abis bang viewnya.. jadi penasaran pas dipagi hari..
    ISTIMEWA...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba searching aja kalau penasaran akan suasana paginya, pasti ada dan keren.

      Delete
  63. Keren banget tempatnya mas.
    Di sana banyak banget ya mas tempat wisata kayak gini, uniknya tiap tempat punya ciri masing-masing pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul meskipun hampir sama konsep spot fotonya, tapi masing-masing dari mereka punya khasnya masing-masing. Iya banyak memang tempat seperti ini di daerah Mangunan.

      Delete
  64. wah, jogja itu memang nggak pernah kehabisan tempat wisata yang apik ya. Baru pertsama kali denger jurang tembelan, kayaknya memang asik abis. Ada spot foto pesawat-pesawatannya pula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas. Makin kesini makin ada terus tempat wisata yang baru. Jadi nggak bikin bosen kalau mau jalan-jalan di Jogja..he

      Delete
  65. Berarti emang bener, sebagian surga ada di Indonesia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, Indonesia memang kaya akan tempat wisatanya ya, Mas..

      Delete
  66. Lah keren beut yak. Kalo ke Jogja wajib ini, WAJIB!

    Tapi kapan liburnya... Liburnya masih lamaaaaaa... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nunggu waktu libur dulu, Mas. Sekarang niatin aja dulu sekalian nabung kan..he

      Delete
  67. Itu yang foto di spot love, bukan mau terjun karena patah hati kan mas? hehe..

    Iya saat ini banyak masyarakat yang kreatif dengan menjadikan area yang menarik sebagai tempat wisata ya. Terutama area dengan pemandangan alam yang ektrem, seperti Jurang Tembelan ini. Sangat cocok untuk piknik anak muda, meskipun bisa juga untuk orang tua dan anak-anak yaa..

    Gardu pandang merupakan spot foto menarik karena dari sana bisa melihat pemandangan secara lebih luas dan spotnya lebih menantang, seperti perahu yang menjorok ke jurang itu :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. nggak dong, kalaupun sedang patah hati ilang pasti karena senang jalan-jalan :D Terlebih banyak SDM yang jadi tahu tempat ini..

      Betul, Teh. Tempat yang tadinya terlihat biasa, saat ini banyak yang ngunjungin karena banyak spot wisatanya.

      Setuju, hampir setiap tempat wisata saat ini saya rasa ada gardu pandangnya ya..hehe

      Delete
  68. wihiiiii asyik nih
    kapan-kapan ke sana aaah~~~

    btw kok nggak ada foto kaos yang dijemur?
    kan penasaran :D

    oh ya, tempat jual beli makanannya itu tergolong rapi atau tertata loh. Didirikannya itu pake mikir, supaya bisa berdampingan dengan penjual lain, dan supaya tetap tampak indah dan etnik
    soalnya di wisata2 alam lainnya, tempat jualannya yang nggak tertata, terkadang seringkali masih merusak suasana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, jangan lupa ceritakan juga ya..

      Nggak aku foto sih, lupa. Soalnya waktu aku jemur, akunya pergi foto-foto lagi :D

      Betul, tempatnya juga asik sih menurutku, dan betah sewaktu disana juga. Betul tuh, jangankan merusak suasana, kalau nggak tertata terkadang merusak mood yang tadinya mau beli jadi nggak jadi..he

      Delete
  69. wah, Jogja selalu punya yang baru ya.
    belum berkunjung ke tempat2 wajib di sana, eh udah ada spot baru yg menarik lg.
    makasih infonya ya mas, artikelnya sangat informatif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, catet juga nggak apa-apa. Biar inget kalau mau dikunjungi langsung..hehe

      Memang makin kesini makin banyak tempat-tempat wisata baru di Jogja.

      Delete
  70. bolelah ajak saya eksplore2 inii

    ReplyDelete
  71. fotto-foto nya bagus sekali, tapi ntah kenapa liat foto yang di pesawat bawaannya pengen ketawa trus kang hhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..kenapa pengen ketawa? Ada yang lucu? Atau terlihat seperti masa kecil kurang bahagia? :D

      Delete
  72. Waduh.. ngeri itu mah naik perahu maksimal 2 orang ya sambil gantian fotoannya 😆😆😅 Aku 3 tahun lalu hampit ke tempat buah Mangunan ini tapi ga jadi krn habis waktunya. Ntar libur lebaran mau ke sini ah. Buat foto IG mamerin weh hehehe 😘😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, gitu. Next time ke Mangunan lagi, Teh. Niatin dan berkabar dah, siapa tahu bisa ikut..hehe

      Betul tuh, biar lebih hist di medsos..

      Delete
  73. Waktu ke Jogja, gak ada ada yang ngasih tahu aku tentang tempat ini. Berarti suatu hari aku harus balik lagi ke sini. Btw, awalnya kebaca Jurang Tambelan. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu harus, jadi niatin ke Jogja lagi dan harus exsplor ke daerah Mangunan..
      Tambelan sana Tembelan memang hampir sama kalau bacanya nggak teliti sih..he

      Delete
  74. Itu kalo lagi rame, antri ya mau foto di ujung titanic?? Di depok juga ada sih yang mirip gitu, tapi gak tinggi amat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mas suka antri terlebih dihari weekend.
      Oh gitu, di Depok nama tempatnya apa, Mas?

      Delete
  75. Jadi waktu itu cuma bayar motor aja?
    Mah mursidaa sekali ya hehe

    btw kayanya emang pas lagi panas banget ya, saya liatnya juga panas silau sampai ubun-ubun.
    Pemandangannya bagus, tapi kok ngeri naik perahunya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya parkir aja, dan untuk foto di titanic itu bayar Rp.2.000,- seperti yang udah aku tulis diatas. Tapi nggak tahu sekarang ada perubahan atau nggak.

      Iya panas, karena siang hari itu, setelah jum'atan itu. Coba datangin langsung, siapa tahu jadi nggak ngeri untuk foto di perahunya..hehe

      Delete
  76. Lebih asik klo datangnya pagi2 pas berkabut mas. Jadi berasa foto di atas awan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya waktu ke tempat ini itu aku dan Maman sedang exsplor Mangunan, berangkatnya ya tetap dari pagi, tapi kan waktu itu dapet 7 wisata dalam sehari, dan waktu di Jurang Tembelan kebagian waktu disiang hari..he

      Delete
  77. kalau naik kendaraan umum naik apa mas Andi??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum tahu eung, baiknya memang menggunakan motor sih kalau menurutku, atau nggak mobil rombongan, Mas. Saya belum pernah naik angkutan umum dan sepertinya sulit ke arah Mangunan angkutan umum. Tapi kurang tahu juga sih.. :D

      Delete
  78. Selfie sambil ngopi... Kayaknya asyik nih kang.. 2 hal yg bisa digabungkan.. Yuk ah ngopi dan selfie bareng kang... HeHehe ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Kang. Sepertinya belum ada selfie bari nguyup kopi ya, Kang..hehe
      Kuy ah, perlu dicoba nih, Kang :D

      Delete
  79. Tinggi banget itu jurangnya ! Ngeri, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi penasaran kan, Mas?
      Kalau udah disana pasti pengen foto juga pasti..hehe

      Delete
  80. Waah keren bingit spot selfienya ya. Enak ya mas jadi travel blogger. Bisa ngelancong terus,hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Alhamdulilah, Mas. Semoga bisa keliling Indonesia nih saya. Doakan juga, Mas..hehe

      Delete
  81. Aman nggak tuh mas berdiri di atas? Hheihihi agak keder jugaa aku pas lihatnyaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman, Teh. Ada yang jaga juga kok :)
      Memang sih waktu itu bambunya udah terlihat kurang kuat, takut. Mungkin saat ini udah lebih bagus lagi.

      Delete
  82. spot selfie nya ekstream juga ya bro,, landai...

    ReplyDelete
  83. Kok agak serem ya spot foto selfienya, yg phobia ketinggian kayak saya hrs pikir2 nih mau poto disini. Mending motoin aja deh hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul yang takut ketinggian mending pikir-pikir dulu aja..hehe
      Nah itu ide bagus, aku pengennya di fotoin aja lah :D

      Delete
  84. Wow itu untuk prewedding cuman 50 ribu ? Murah beneeeer. Kaget aku Mas Andy

    Itu terik bener ya kayaknya. Kata orang nih, waktu foto terbaik itu dibawah jam 8 atau 9 pagi. Atau sore diatas jam 4. Cuman faktanya kalo wisata susah kan ngepasin jamnya ... Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya murah ya, Teh. Mau foto prewed lagi gak nih, Teh. Jurang Tembelan bisa jadi opsi tempat..he

      Memang betul bagusnya gitu, Teh. Waktu itu saya lagi explore ke-7 tempat di Mangunan soalnya dalam sehari. Jadi di tempat itu ya sedapetnya waktu longgar disaat explore..hehe

      Waktu itu kalau gak salah setelah Duhur deh itu, Teh. Makannya puanase puol :D

      Delete
  85. keren sih tapi serem eh apalagi kalau liat ke bawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udah disana pasti pengen nyobain foto Mas. Hehe

      Delete
  86. itu PR banget ya kalo sampe nggelundung wkwk

    ReplyDelete