Keindahan Cahaya Dari Surga | Goa Gajah Yogyakarta


DiaryMahasiswa.com | Hai, sahabat diary. Gimana kabar kalian? Semoga tetap ada dalam lindungan-Nya. Sehat selalu, dimudahkan rezekinya. Dan semoga kalian disegerakan untuk bisa berlibur ke kota gudeg ini. Baik dari segi dana, waktu. Semoga bisa meluangkannya.

Nggak ada salahnya menghilangkan penatnya pikiran akibat sibuk bekerja maen ke Jogja. So, mulai sekarang yang belum niat, niatkan saja dulu. Karena nggak ada yang tahu kalau nantinya kalian bisa ke Jogja. Kuy, aamiinkan..

Well, di diary kali ini aku akan mengajak kalian untuk mengetahui salah satu tempat di Yogyakarta. Tempat ini keindahannya sering disebut cahaya dari surga.

Sebelum lanjut baca, follow dulu blog Diary Mahasiswa ya. Biar kalian bisa mengikuti diary-diary yang baru. Aku tunggu sampai 5 detik. Udah? Beneran udah? Thank ya, kalaian baik deh.

Baca juga : Suasana Pagi Padang Pasirnya Yogyakarta

Pergi ke tempat wisata, aku selalu meluangkan waktu. Jauh sebelum itu, niat selalu diutamakan. Dan, jangan lupa persiapkan juga uang lebih, meskipun nggak ada dalam list perjalanan. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian diluar dugaan. Misalnya saja, kalau menggunakan motor, bannya kempes atau bocor, dsb.

Jum'at pagi selalu menjadi pagi yang menyenangkan bagiku, selain bisa gowes pagi seperti hari-hari biasanya. Hari Jum'at merupakan hari yang mustajab untuk berdoa. So, jangan lupa untuk berdoa setiap harinya, terlebih dihari Jum'at.

Ceritanya Jum'at lalu aku mengajak sahabatku, Maman namanya. Untuk eksplor tempat wisata daerah Mangunan, Yogyakarta. Seperti biasa kejebak ngaret. Sehingga waktu pemberangkatan yang harusnya lebih awal jadi ngaret sedikit siang.

Kurang lebih pukul 09.00 kami berangkat dari tempat ternyenyak selama tinggal di Jogja. Kost Reges namanya. Kalian mau tahu kamarku. Yakin ?

Baca juga : Kamar Kost Andi Nugraha

Beberapa hari sebelum pemberangkatan aku sudah catat tempat mana saja yang bakal aku dan Maman kunjungi. Nggak cuma itu, seperti biasa diniatkan, supaya Allah ridho akan keberangkatan ngebolang kami.

Tempat wisata apa saja yang sudah aku list?
1. Jurang Tembelan
2. Seribu Batu Songgo Langit
3. Pinus Pengger
4. Watu Goyang
5. Watu Ngadek
6. Rumah Hobbit Mangunan
7. Gardu Pandang Pinus Asri
8. Bukit Mojo Gumelem
9. Air Terjun Randusari
10. Grojogan Lepo Dlingo

Nah, dari ke-10 tempat diatas, nggak langsung kami kunjungi dalam sehari. Selain memang belum tahu pasti tempatnya, kami juga harus kalkulasikan terlebih dahulu berapa lama waktu untuk menempuh dari tempat wisata satu ke tempat wisata lainnya.

Tak cuma itu, kami juga sudah menyiapkan sedikit cemilan dan minum. Serta beberapa pakaian ganti. Sebelum lanjut. Kira-kira kami berhasil pergi ke tempat mana saja? Apakah sesuai list atau meleset jauh? Kuy, lanjutkan saja baca diarynya.

Semua tempat diatas terletak di Mangunan, Yogyakarta. Luas kan, Mangunan itu. Jangan salah, nggak cuma 10 wisata diatas saja yang ada di Mangunan, lho. Itu belum seberapa.

Kalau mau mengunjungi semua wisata di daerah Mangunan. Waktu seminggu sepertinya nggak bakalan cukup. Beneran, deh. Nggak percaya. Kuy ah, maen dulu ke Jogja. Hhmm, jangan lupa berkabar ya, siapa tahu bisa silaturahmi.

Well, lanjut ya. Pagi itu tempat wisata yang pertama kali kami kunjungi yaitu Watu Goyang. Yeah, tempat wisata yang satu ini memang pertama kali kami temukan, artinya sebelum lanjut ke wisata lainnya. Watu Goyang inilah salah satu tempat yang mudah ditemukan.

Setelah watu goyang kami langsung pergi mencari masjid. Karena hari itu Jum'at, dimana ada kewajiban untuk seorang laki-laki muslim untuk shalat Jum'at. Sembari istirahat, siang itu kami shalat di Masjid yang jaraknya tidak jauh dari Watu Goyang.

Singkat cerita, setelah shalat Jum'at kami pergi ke tempat wisata yang bernama Jurang Tembelan, kemudian ke Bukit Mojo, Bukit Panguk, Goa Gajah, Lampeng Wonolagi dan Tebing Watu Mabur. Dan ini total kami lalui dalam sehari, selesainya pas adzan Maghrib.

Kami bergegas cari Masjid untuk shalat. Jalan-jalan yang aku sangat suka itu selalu dekat dengan Masjid. Jadi sewaktu-waktu jika sudah waktunya shalat tinggal shalat. Tapi saat ini hampir semua tempat wisata ada mushola/masjidnya.

Jika dilist tempat wisata yang berhasil aku dan Maman kunjungi dalam sehari, yaitu :
1. Watu Goyang
2. Jurang Tembelan
3. Bukit Mojo
4. Bukit Panguk
5. Goa Gajah
6. Lampeng Wonolagi
7. Tebing Watu Mabur

Bisa kalian lihat kan. Dari semua yang aku list alhasil gak sesuai. Kita boleh membuat list perjalanan, tetapi Allah punya rencana lain. Dimana aku dan Maman bisa menginjakan kaki di tempat wisata yang bernama Jurang Tembelan, Bukit Mojo dan Bukit Panguk. Ketika tempat wisata tersebut sangat hits sampai sekarang. Aku selalu berandai-andai dan niat ingin kesana, alhamdulilah kesampaian.

Bahkan dikasih bonus, dimana aku gak sengaja melihat tempat wisata yang sebelumnya masih asing di telingaku. Yakni Goa Gajah, Lampeng Wonolagi dan Tebing Watu Mabur. Alhamdulilah, kami sangat bersyukur.

Namun, di diary kali ini aku hanya menceritakan salah satunya saja ya. Yakni Goa Gajah, dimana tempat ini keindahannya merupakan cahaya dari surga.

* * *

Goa gajah merupakan sebuah goa unik yang di dalamnya terdapat sebuah batu yang menyerupai seekor gajah. Goa ini memiliki kedalaman 200 meter. Banyak tumpukan tanah di dalam goa tersebut. Sehingga jalan masuknya semakin sempit dan susah untuk dilalui.

Sore itu kurang lebih pukul 17.00 lebih kami berada di dekat goa gajah ini. Sangat sepi dan seram, karena tak ada satupun orang, hanya saja ada para penduduk yang baru pulang dari kebun.


Sebelum masuk ke Goa Gajah terdapat semacam pagar yang diatasnya ada patung gajah kecil. Seperti foto yang sempat aku ambil sore itu.


Terdapat juga tulisan GOA GAJAH yang terbuat dari bambu. Bisa kalian lihat dibawah ini.


Aku dan Maman semakin penasaran, takut ya, iya. Karena tak ada orang yang menjaganya. Maman perlahan mendekat sembari intip mengintip seperti apa goa gajah ini.


Kami tidak mungkin masuk sembarangan, meskipun berani setidaknya kami punya aturan lah. Lagipula waktu sudah sore. Yang jelas sekarang sudah tahu seperti apa goa gajah itu.


Yang Menarik dari Goa Gajah?
  • Menantang. Buat kalian yang suka berpetualang dan mulai menekuni susur goa atau carving. Di Goa Gajah ini pas sebagai permulaan. 
  • Masih alami. Ya, Goa Gajah ini termasuk goa yang belum dikelola secara serius dan terencana. Hanya anggota masyarakat saja yang mengupayakan goa itu tetap terpelihara. Tentunya sesuai kapasitas dan keahlian yang mereka miliki.
  • Bisa melihat cahaya dari surga.
Nah ini yang membuat orang penasaran. Yaitu keindahan cahaya dari surga.

pict : gudeg.net

pict : tabloidwisata.com

Salah satu daya tarik dari Goa Gajah ini yaitu sebuah fenomena sinar matahari yang masuk dari lubang atas goa seolah nampak seperti sorotan lampu senter di ruang yang sangat gelap. Fenomena ini disebut juga fenomena "Cahaya Dari Surga", sangat indah.

pict : tabloidwisata.com

Gimana, bagus nggak menurut kalian??

Karena kami sore itu nggak masuk ke goanya, ya, karena kami rasa sudah tutup sore itu, dan nggak ada yang jaga juga. Takut terjadi apa-apa lebih baik nggak masuk. Yang jelas, kami juga sudah tahu seperti apa dalamnya. Hanya saja belum melihatnya secara langsung. Semoga dilain kesempatan bisa datang lagi untuk melihat cahaya dari surga.

Oh, ya, jangan khawatir, aku sudah kutip juga beberapa foto dari gudeg.net yang bisa kalian lihat beberapa keindahan di dalam Goa Gajah ini.


Cahaya yang masuk melalui lubang ke dalam goa berasal dari sisi barat. Bahkan, dalam salah satu baliho dikatakan itu cahaya dari surga.




Karena posisinya di barat, maka sebaiknya kalau kalian kesini setelah pukul 12 siang karena posisi matahari yang mulai condong ke barat. Akan lebih baik jika cuacanya cerah.

Kira-kira hal apa saja yang harus diperhatikan?
  • Gunakan sepatu yang tertutup, menggunakan sandal jepit sangat tidak disarankan. Karena beberapa bagian dalam goa ada yang licin tanahnya. Licin karena tetesan air.
  • Kondisi kendaraan juga harus fit, jadi kalian harus cek terlebih dahulu sebelum berangkat

Berapa biaya masuk ke Goa Gajah?
  • Biaya parkir Rp.2.000,-
  • Biaya sewa lampu Rp.5.000,-
  • Biaya pemandu seikhlasnya
Alamat Goa Gajah : Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783, Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta

Mungkin itu saja diary kali ini. Semoga bisa jadi salah satu pengetahuan mengenai tempat wisata di Jogja. Dan bahan untuk bisa pergi ke Goa Gajah.

Oh, ya, jangan lupa juga kasih saran ya. Kira-kira di diary berikutnya kalian mau aku menceritakan tempat wisata yang mana dulu? Silahkan dipilih dari ke-6 dibawah ini.

1. Watu Goyang
2. Jurang Tembelan
3. Bukit Mojo
4. Bukit Panguk
5. Lampeng Wonolagi
6. Tebing Watu Mabur

Sampai bertemu di Diary Mahasiswa berikutnya ya.

December 07, 2017 - 120 komentar

120 komentar untuk Keindahan Cahaya Dari Surga | Goa Gajah Yogyakarta.

Terima kasih sudah membaca diary kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya. Komentar dari sahabat diary mahasiswa merupakan sebuah apresiasi besar untuk penulis :)


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Wuaduuh, klo bgini crtanya sih saya makin brdoa agar bsa liburan ke jogjaaa. Destinasi wisatanya buaanyaak bingitt, bkin pnsaraaannnn!

Yah, sayang skali gak bisa msk ke dalam goa nya ya? Lagian wktunya udh sore, udh mau magrib, gak ada org... Emm.. Baguslah, mending gausa masuk, tkut knpa2 :') Foto dalam goanya keren ueyy, kek di film2 gtuu~ Tp di goa gajah gak nyanyi lagunya Tulus- Gajah, kan? Hehehee..

Hmm.. Pilih dicertain yg mana ya? Namanya asing dan gak tau itu tmpt wisata apa.. Watu goyang aja deh. Soalnya pas td baca kirain "Jaran Goyang". Bhahaha :'D

Balas Hapus
.

Wah, mantap benar petualangannya kang, saya seperti ikut terbawa dalam perjalanan, hehe..

Saya sering denger wahana wisata cahaya dari surga ini kang, kebetulan temen satu kerjaan orang jogya juga (gn kidul) jadi dia tahu bantak tentang lokasi-lokasi wisata sekitar tpat tinggalnya.

Tapi tetep lebih seru kalau datang langsung kesana ya kang, tapi kapan? Saya sementara hanya punya niat, semoga suatu saat bisa menjelajahi berbagai tempat wisata di Jogya seperti yang kang andi lakukan sekarang ini.

Makasih kang sudah berbagi pengalaman di diary yang keren ini.

Balas Hapus
.

Bagus buat liburan lokasinya, btw, tempat kyk gini emang rata2 murah meriah ya.

Balas Hapus
.

Seperti scene lagi dapet ilham di film-film hehe. Tapi emang keren sih, apalagi kaya yang di foto dari tabloidwisata beuh mantap. Lanjutkan mas jalan-jalannya :D

Balas Hapus
.

serem juga ya goa nya
tapi bagi yg suka petualangan cocok nih
rekomen banget kalo mampir ke jogja

paragraff awal "kota guded" hihihi itu typo apa memang ada sebutan lain hehehe
di tunggu diary selanjutnya

Balas Hapus
.

Betul kita bisa saja membuat plaining perencanaan tempat mana saja yg ingin dikunjungi dan memohon keridhaan Allah, selanjutnya akan ada yang membimbing kita tempat mana saja yg berhasil dikunjungi eh terkadang malah tempat yg tidak ada dlm daftar malah dikunjungi alhamdulillah, sll berprasangka baik itu yg terpenting

tempat2nya indah sangat ingin untuk datang kesana, iya deh niat dulu semoga saja ada cara untuk datang melihat langsung keindahan yg Allah ciptaakan di daerah-daerah atau tempat2 yg disebutkan di atas

tfs Nugraha selamat ngebolang hehe

Balas Hapus
.

senangnya bisa jalan-jalan dek , aku kalau jalan seperti ini belum bisa terlalu jauh maklum ada tugas utama, kecuali kalau liburan panjang ya bisa ke jawa atau bali sesekali

Balas Hapus
.

Bener, gak usah dilanjutkan lagi. Daripada ada apa-apa. Mending siang aja. Aku geli pas foto kawannya liat dalam goa... Hahaha. Mungkin antara penasaran sama takut kali ya

Balas Hapus
.

Pernah ke Jogja sekali, cuman ke Malioboro sama Jogja Bay aja.
Anda waktu itu durasinya lebih lama mungkin bisa ngunjungin 10 tempat itu ya

Balas Hapus
.

tulisan yang bener itu,guded atau gudeg?

ngeliat list wisata yang mau d kunjungi ada sepuluh, kirain bakalan semua yang akan d kunjungi. engga tau sih nih, mau ke jogja lagi atau engga. jalanannya makin rame banget ya. hahaha
tapi ini baru tau sih ada yang namanya goa gajah. tapi batu yang menyerupai gajah itu hanya terletak d depan pintu masuknya aja ya? d dalam goanya engga ada?
gue cuman baru masuk dua goa aja sih. goa belanda sama jepang, heuheuheu. kayaknya indonesia banyak banget goa ya

Balas Hapus
.

kayaknya saya udah lama ga main kesini, tp rasanya ada yg berbeze mas Andi, template baru kah?
Saya baru tahu lho, ada yg namanya Goa Gajah di YK. Murmer ya ongkosnya dan pemandu pun bisa dibayar seikhlasnya

Balas Hapus
.

Efek cahaya matahari yang masuk Ke Gua Membuat pemandangan yang indah yang jarang ditemukan diGua Lain

Balas Hapus
.

Yaaaa tiap ke jogja selalu punya planning mau ke mana-mana. Tapi ujungnya ya gitu deh Allah yang menentukan wkwk tempat2 yang bagus gitu kan jauh dari kota jogja nya, makanya kita mikir2 kalo mau jauh2 huft

Balas Hapus
.

cahayanya memang terlihat sangat mempesonakan mata ketika monconot masuk kedalam Goa gajah, cuman kalau kemudian disebut sebagai cahaya Surga...sotoy namanya, emang cahaya surga kaya gituh, gituh?

Balas Hapus
.

Itu yang ada sinar nylorot masuk kedalam kayak di goa terawang di Blora :D kerennn..

Balas Hapus
.

Kok ya aku baru tau ada tempat begitu ya, padahal dulu kkn ku daeah deket mangunan loh, susah ya soalnya klo maen di kost mulu, oke deh kapan2 aku kesana hehe

Balas Hapus
.

Goa Gajah, sepertinya ada misteri yang belum terungkap...
Semoga terus dilestarikan dan sebisa mungkin agar menjadi sebuah tempat destinasi untuk melihat keindahan alam, seperti terbentuknya batu yang menyerupai/berbentuk seperti gajah... :D

Balas Hapus
.

Wihh aku jadi baru tahu nih....! Bisa jadi next destination kalau main-main ke sini... thanks for sharing yaaa..
Gajahnya ituloh... pengen foto sama gajahnya...

Balas Hapus
.

Saya lama di Yogya tapi belum pernah sekalipun berwisata ke Goa Gajah ini Mas. Ternyata Bagus banget yah pesona alam nya. Apalagi kalau dilihat dari foto2 nya itu yg sinar matahari masuk dari lubang, indah banget. Cocok ini buat wallpaper kompi saya hehee...

Balas Hapus
.

Jogja memang juaranya kalau masalah tempat wisata, ada banyak banget yang sudah gue lihat. Pengen banget lansung berkunjung kesana kalau seperti ini.

Balas Hapus
.

Jogja memang gak ada habisnya menyediakan tempat wisata alam yang indah ya mas Andi, hehe

Itu tulisan jawa yang di gapura bacanya Goa Gajah kan mas, aku setuju kalau cahaya yang masuk ke goa Gajah indah banget, pas lihat foto di atas, kalau kesana langsung kayak apa ya?

itu tiket masuk gratis ya mas? kok cuma ada bayar parkir aja hehe

Balas Hapus
.

Unik bangeet ada Goa gajah. Aku baru tahu nih mas. mau ah kalau main main lagi mampir ke Goa Gajah :)

Balas Hapus
.

Memang paling enak bila kita bisa mengikuti kegiatan susur goa yang ada di beberapa spot tanah Jawa, disamping akan menambah wawasan pengathuan =, kita juga akan menyaksikan keunikan akan bentuk indahnya ciptaan Tuhan di alam ini.

Balas Hapus
.

banyak sekali plan tujuan wisata yang akan dikunjungi
tidak capek ta maz

Balas Hapus
.

Wah keren uey goa gajahnya murah lagi termasuk biaya masuknya kapan-kapan kalau kejogja pengen kesini asli. Itu cahaya dari surga mantep banget buat difoto tapi kalau gak banyak temen ngeri juga sih hehe

Balas Hapus
.

Aku blm pernah ke goa gajah, kayake indah banget ya...

Balas Hapus
.

Wisata di Jogja kiranya tidak pernah ada habisnya ya, sudah lama juga tidak ke sana. Dan mungkin bakal kuwalahan sendiri kalau sekadar ingin ke mana soalnya banyak pilihan ingin ke mana.

Balas Hapus
.

saya dulunya tinggal dimangunan mas waktu kuliah di yogya, tapi baru sekarang kayaknya ada rumah hobbit....
trus kalau goa gajah, bikin penasaran. padahal dekat jaraknya. tapi gak pernah kesana, ngenes saya mas....!!!(*@#^$(*

Balas Hapus
.

Mangunanan... Banyak bnget ya tempat wisatanya ya sekarang.

Goa gajah..blm pernah,baru dengar malah.

Masih alami bnget ya goanya. Pas untuk yang demen susur gua. Klo ibu2 berbocil..liat foto2nya aja deh.. dijamin anaknya bakalan nangis di luar..ga berani masuk krn gelapπŸ˜€

Balas Hapus
.

Bagus bgt pas cahayanua masuk ke dalam gua ya, bnar2 kayak cahaya dari surga. Aku pas ke mangunan cuma ke kebun buah mngunan aja, sayangnya awannya pas gak Bagus. Mauu ke jogja lagii

Balas Hapus
.

sudah selesai jalan-jalannya bang semoga destinasi berikutnya di share juga ya

Balas Hapus
.

Memang ini tempat agak ke dalam sih, Mas.
Btw, dulu Mangunannya dimana ya, Mas?

Kalau mas ke goa gajah, bakal ketemu langsung dengan Lampeng Wonolagi dan Tebing Watu Mabur. Karena jaraknya gak begitu jauh..

Balas Hapus
.

Iya, niatin dan berdoa dulu aja, Lu. Siapa tahu tahun depan bisa berlibur ke Jogja ya..

Nah itu masalahnya nggak ada orang, jadi mau masuk nggak berani, takut terjadi apa2.. Aku juga penasaran pengen bisa masuk dan foto langsung cahaya itu.. Haha.. boro-boro, Lu. Gak kepikiran sama lagu, apalagi lagunya gajah, Tulus :D

Haha.. jaran goyang mah lagu Lu :D
Next time deh, in shaa Allah ke watu goyang ceritain jalan-jalannya..

Balas Hapus
.

Oh, gitu. Sesekali maen ke GK, Kang. Biar tahu wisatanya apa saja. Keren-keren juga di Gunung Kidul..

Sama-sama, Kang. Iya, doain aja, dan niatkan. Semoga aja Allah mengizinkan untuk bisa jalan-jalan ke Jogja..

Balas Hapus
.

Betul, Mas. Murah dan terjangkau lah, paling-paling siapin aja buat bayar parkir :)

Balas Hapus
.

Siap, Mas..
Iya, mantep ya. Pengen rasanya langsung foto disana..

Balas Hapus
.

Serem kalau masuknya sendirian, tapi kalau rame-rame pasti ya, nggak. Apalagi kalau ada pemandunya..he
Iya, jangan lupa maen ke daerah Mangunan kalau ke Jogja..

Iya, itu typo, dah di benerin kok, Mas..

Balas Hapus
.

Wah, lumayan juga loh mas sehari bisa dapet 7 tempat. Pasti medannya gak terlalu sulit ya?
Boleh lah kapan kapan aku diajakin maen haha

btw, aku saran yang watu goyang dong buat next postnya. Penasaran apa batunya bisa goyang-goyang gituu hehe

Balas Hapus
.

wah banyak banget nih tempat wisata di daerah sana ya mas,moga suatu saat nanti saya diberi kesempatan untuk mengunjungi juga

Balas Hapus
.

sayangnya sepi dan krang terawat ya om
jadi takut mau masuk

Balas Hapus
.

waduh, lagi2 yogya.. kapan coba bisa kesana bneran,

btw berangkatnya hr jumat ni ya, knp ga minggu mas? guanya kyk ada mistis2 gitu ya..

Balas Hapus
.

Pengen banget bisa ke Jogja lagi berduaan sama suami. Rencana tahun ini gagal, semoga tahun depan kami berjodoh dengan Jogja.

Balas Hapus
.

penuh dengan planning.. istimewa..tingkat kelancarannya tinggi. hehe,

sekali2 g perlu di planning bang coba, biar lebih greget n penuh surprise..haha^^

Balas Hapus
.

mumpung mahasiswa, jalan-jalan terus, nanti kalo sudah tua repot dah haha

Balas Hapus
.

Waah guanya masih alami banget. Senang ya nisa jalan ke tempat wisata yg masih alami, menantang

Balas Hapus
.

Kan bikin makin baper liat jogja, pengen banget ih ke sana. Btw aku salfok sm gapura Goa Gajah, kaya tulisan Thailand wkwk.. padahal itu tulisan jawa bukan sih?

Balas Hapus
.

wah sepi juga ya tempatnya... kalau sepi gitu , pikir-pikir juga kalau mau masuk...

Balas Hapus
.

Saya nggak suka main ke goa, sih. Gitu-gitu aja habisnya. Seperti Goa Belanda dan Jepang yang ada di Bandung tuh. Main ke situ, cuma sebuah lorong aja. Malah cenderung serem. :|

Hm, meskipun ada keindahan cahaya dari surga, sepertinya saya masih kurang tertarik.

Semoga lain kali bisa motret langsung, Mas. Nggak lihat dari web lain lagi. :)

Balas Hapus
.

Dari semua list itu,satupun belum pernah ku datangi. Sian amat sih gue wakakaka..aku kepo dengan cahaya surga itu

Balas Hapus
.

Betul, Teh.. Alhamdulilah..
Begitu indah ciptaan-Nya..

Kalau hujan gini, aku kurangin ngebolang, Teh.. :D

Balas Hapus
.

Alhamdulilah..

Libur nanti semoga bisa jalan-jalan ya..
Betul sih, kalau libur panjang lebih mudah memilih destinasi, dengan jarak jauh sekalipun. Berbeda kalau dihari biasa..he

Balas Hapus
.

wah ini bisa buat referensi karena InshaAllah pas pulkam nanti gue dan suami juga pingin piknik ke Jogja. Hihihi..tpi emang Jogja ini lengkap banget wisatanya. Apaaaaaaaa aja ada!! Tapi gue pingin ke Pantai sih yang paling penting karena udah lamaaa banget nggak ke pantai..

Lagian kamu ke goa Gajah jam 5 sore kan horor abis yak..hahaha...lebih baik nggak usah coba coba daripada celaka. jadi ngebayangin kalo foto di cahaya surga situ bidiiiiih pasti bagus sekali ya

Balas Hapus
.

ya ampun aku juga waktu di jogja kemaren mau ke pinus pengger sama ke goa gajah, tapi ujung-ujungnya cuma main ke merapi , jadi nyesel euyyy ;(

katanya yang bagus kalo pagi yah kesana , km ko sore sih :P

Balas Hapus
.

wihhh, asik banget ya menjelajah yogyakarta terus. Perjalanannya oke banget, sampe ke tempat yang antimainstream

Balas Hapus
.

Keren banget Goa Gajah di Jogja mas Andi....bikin mata takjub melihatnya...apalagi tulisan mas Andi yang lengkap bgt jadi tambah penasaran pembacanya. Semoga suatu saat saya bisa kesana menikmati berbagai tempat wisata yg ada disana. Terimakasih sharing artikelnya yg sangat inspiratif.

Balas Hapus
.

Pas pertama baca, kirain di lampung ternyata jogja. kapan ya bisa ke jogja? ahaha
Itu goa keren banget buat yang punya jiwa petualang, recommended banget buat Organisasi Mapala nih. Top deh Goa gajahnya walau seram ga ada yang jaga. ahaha

Balas Hapus
.

Gue selalu niat untuk maen ke jogja. Semoga tahun depan! :)

Btw, jadi ini namanya caha dari surga. Super sekali jogja, punya cahaya langsung dari surga. hehehe

Balas Hapus
.

Wiiih, fenomena Cahaya Dari Surganya keren banget yaak di foto. Pasti aslinya lebih keren lagi. Jadi pengen liat langsung. :D

Balas Hapus
.

Iya, temenku juga takut, penasaran juga iya..hehe
Lain kali kalau ada kesempatan lagi, lebih baik agak siangan, biar bisa lihat cahayanya juga..

Balas Hapus
.

Bisa jadi, Mas. Ya, semoga saja bisa ke Jogja lagi, biar bisa lebih menjelajahi Yogyakarta..

Balas Hapus
.

Udah dibenerin, Mas. Salah ketik, udah ngantuk :D

Yang bener gudeg, bukan guded :D

Iya, makin rame dan padet, terlebih di malam Minggu.

Kalau aku ke Mangunannya dihari Minggu mungkin bisa jadi kesampaian ke-10 tempat itu. Tapi karena ini di hari Jum'at jadi nggak.. Wajar lah, hari Jum'at itu serasa kurang..he. Tapi banyak manfaatnya, terlebih untuk berdoa..

Aku rasa juga gitu, tapi itulah goa gajah..

Balas Hapus
.

Nggak juga, kok. Cuma warnanya aja aku rubah jadi hijau..he

Nah, itu. Jadi kapan ke Jogja lagi..he

Balas Hapus
.

Betul, Mas. Beruntung kalau pas kesana, bisa lihat langsung cahayanya, jadi lengkap aja. Semoga dilain kesempatan bisa kesana lagi..

Balas Hapus
.

Beberapa ada yang jauh sih, ya, contohnya saja daerah Mangunan ini. Lumayan dari Jogja kotanya. Tapi nggak nyesel kalau kesana. Bagus-bagus tempatnya, Teh..

Baiknya memang menggunakan motor kalau ke daerah Mangunan, itu menerutku sih...he

Balas Hapus
.

Haha.. nggak tahu juga, Kang. Aku aja baru tahu, dan nggak sengaja waktu ke goa gajah, ketemu dan kebetulan kelewatan, ya udah mampir sejenak untuk mengabadikan foto ..

Balas Hapus
.

Iya kah, aku malah belum tahu yang di Blora, Mas..

Balas Hapus
.

Aamiin. Semoga terus bisa dilestarikan..

Aku juga masih penasaran, Mas. Dalamnya, pengen bisa masuk dan foto disaat siang hari..

Balas Hapus
.

itu goa gajah memang belum dikelola dengan baik atau memang sengaja dibiarkan begitu ya, serem banget diliat dari fotonya :D

Balas Hapus
.

wah, 7 hari destinasi dalam 1 hari? hebat banget euy! Aku penasaran juga sama susur goa, selama ini belum pernah masuk goa sampe dalem bgt, emang menantang bgt sih ya.

Andi kok ga kabar2 pas ke Jember? inbox atau WA lah supaya bisa kopdar kl waktunya pas yahh. Roudotul Muchlisin itu pas gangnya rumah ortuku, hehe..Kpn2 lagi ditunggu di Jember ya^^

Balas Hapus
.

Ini destinasi alami yang patut dicatet kalo ke Jogja nih. Salam dari Jember

Balas Hapus
.

Oh, gitu.. Ayo ke Jogja, Teh. Biar bisa jalan-jalan..he

Sama-sama, teh.. gajahnya yang ada di depan itu yang terlihat lebih jelas :)

Balas Hapus
.

Iya, Mas. Sepertinya belum lama juga, dan ini masih di urus sama warga setempat..

Silahkan pake aja, Mas. Saya juga ambil dari sumber yang ada diatas..

Soalnya sore itu nggak memungkinkan untuk masuk, apalagi untuk dapat foto sinarnya. Bagusnya siang hari..

Balas Hapus
.

Betul, Mas. Seistimewa orangnya juga :)

Balas Hapus
.

Ayo, Mas. Aku tunggu di Jogja ya..hehe..

Balas Hapus
.

Betul, Mas. Nggak cuma wisatanya, tapi kulinernya juga..

Keren kalau bisa menyaksikan dan foto langsung, Mas..

Iya, masih gratis, karena masih di kelola oleh warga setempat..

Balas Hapus
.

Siyap. Bagusnya siang hari, biar pemandangannya bagus. Terlebih jika cuacanya mendukung..

Balas Hapus
.

Betul, Mas. Selain itu, di Jawa cukup banyak juga goanya. Aku juga belum ke goa-goa yang lainnya. Pengen susur goa lagi..

Balas Hapus
.

Capek sih, tapi ya seneng, Mas..hehe
Ketika sampai tempat yang dituju, hilang rasa capeknya..

Balas Hapus
.

Ajak temen makannya, Mas..he
Ajak pemandu juga biar ada yang bertanggung jawab..

Hayo, kapan ke Jogja?

Balas Hapus
.

Iya indah banget. Ayo ke goa gajah, Teh..

Balas Hapus
.

Betul, dan butuh waktu untuk mengelilingi Jogja..

Ayo keliling wisata Jogja lagi..

Balas Hapus
.

Seperti memang setiap tahun ada perubahan, Mbah. Terlebih tempat wisatanya..

Semoga bisa ke daerah Mangunan lagi, Mbah..
Kalau ke Jogja lagi sudah banyak yang berubah pasti ya..

Balas Hapus
.

Hehe.. Iya, gelap. Harusnya minta pendamping penyusurnya biar nggak bingung. Nunggu bocilnya gede aja, Teh. Biar lebih aman..he

Balas Hapus
.

Ayo ke Jogja lagi, Teh. List wisatanya terus berangkat deh. Tapi nunggu cuaca bagus aja, Teh. Sekarang lagi sering hujan di Jogja..

Balas Hapus
.

In shaa Allah aku share, Mas. Nunggu waktu yang pas, Mas..

Balas Hapus
.

Lumayan sulit sih, tapi ya itu. Kami nggak makan waktu lama di setiap destinasi wisatanya..

Boleh, kapan ke Jogjanya, hayo :D

Siap, next post ya. Tunggu aja..

Balas Hapus
.

Aamiin. Semoga disegerakan ya, Mas. Biar bisa exsplor daerah Mangunan, Jogja juga..

Balas Hapus
.

Sepi karena aku waktu itu sore datangnya. Untuk masuk juga takut, karena sudah nggak ada yang jaga..

Kalau siang atau pagi sepertinya rame..

Balas Hapus
.

Ayo niatkan, Teh. Siapkan dana dan waktu, in shaa Allah bisa dah jalan-jala di Jogja..

Hari Minggu itu ada acara kebetulan, jadi bisanya hari Jum'at ya berangkat dah..hehe

Balas Hapus
.

Aamiin.. Semoga disegerakan ya, Teh..

Jangan lupa share perjalanan liburannya di Jogja..

Balas Hapus
.

Hehe.. Udah sering sih nggak di planning. Dan, itu dapet wisata yang nggak di sengaja juga..he

Hujan di bulan Desember nih di Jogja..he

Balas Hapus
.

Haha.. siyap,, jadi hobi nih jalan-jalan. Terlebih ke tempat yang baru aku tuju..

Balas Hapus
.

Betul, Teh. Tapi nggak sempet masuk ke goa karena sudah sore. Semoga dilain kesempatan bisa kesana lagi..

Balas Hapus
.

Haha.. iya sekilas, tapi itu tulisan bahawa Jawa..

Semoga disegerakan ke Jogja ya, Teh..Aamiin..

Balas Hapus
.

Sepi karena waktu itu aku sore hari. Wajar lah, udah mau jam setengah 6.

Kalau pagi atau siang sepertinya rame. Terlebih cahayanya itu ada di siang hari..

Balas Hapus
.

Jogja ternyata banyak banget ya tempat wisatanya.. Dari semua yang di sebut aku belum pernah denger.

Sayang banget deh ke goa gajahnya waktu sudah sore. Belum bisa lihat secara langsung.. 😁

Dari 6 yang disebut itu penasaran sama watu goyang. Itu gimana dah? Apakah watu alias batunya goyang goyang gitu? Ehehe

Balas Hapus
.

Amiiin semoga bisa ke Yogya tahun depan

Balas Hapus
.

Hehe.. Aamiin..
Iya, Mas. Sore itu kurang memungkinkan untuk masuk. Selain sudah sore, nggak ada penjaganya juga. Jadi nggak berani masuk lah..

Iya sih, aku dibilang suka ke goa juga nggak. Sore itu nggak sengaja aja lewat. Karena penasaran terus lihat deh..he

Balas Hapus
.

Semoga dilain kesempatan bisa datang langsung ya, Teh..
Setidaknya baca ini jadi tahu mana yang harus dilist dulu..hehe

Balas Hapus
.

Asik, Jogja eung..he
Boleh juga tuh, apalagi tahun baruan, di daerah kotanya kan udah biasa rame, ke pantai aja, lihat alam ya, Teh :D

Haha.. sore itu nggak sengaja lewat dan ya udah lah mampir :D
Iya, betul. Apalagi cuaca pas bagus.. duh, jadi pengen kesana lagi..

Balas Hapus
.

Dah, agendakan lagi aja ya..hehe
Merapi memang lagi rame juga akhir-akhir ini. Terutama merapi park..

Iya bagusnya pagi. Aku nggak niat. Sedari pagi itu exsplor daerah Mangunan, dan kebetulan ngelewatin goa gajah yang nggak sengaja. Ya, udah foto2 dulu, penasaran sih tapi kan serem sore itu..ha

Balas Hapus
.

Aamiin. Semoga disegerakan ke Jogja ya, Teh..
Sama-sama.. Di tunggu untuk exsplornya di Jogja..

Balas Hapus
.

Iya banyak nan lengkap, Teh..
Semoga dilain kesempatan aku bisa lihat secara langsung dan mengabadikan fotonya juga..he

Iya, goyang-goyang lho..he
Di tunggu aja ya, diary jalan-jalannya..

Balas Hapus
.

Ide yang bagus. Catat, agendakan dan telusuri..he
Salam juga dari Jogja..

Balas Hapus
.

Hayo kapan, Mas?
Agendakan aja, aku juga ada beberapa teman dari Lampung juga di Jogja..
Betul, buat pala pecinta alam memang cocok ya, Mas..

Balas Hapus
.

Aamiin, berkabar ya, Mas. Siapa tahu bisa silaturahmi..
Hehe.. Super, lebih super kalau Mas Rifqi langsung ke Jogja :P

Balas Hapus
.

Agendakan dan terus maen deh goa gajah, semoga disegerakan ya. Biar bisa foto langsung..

Balas Hapus
.

Informasi yang aku dapat di kelolanya baru sama warga setempat. Semoga kedepannya bisa lebih diperhatikan, biar lebih menarik para wisatawan yang datang..

Balas Hapus
.

Betul, dulu aku pernah susur goa, dan goa yang ada airnya lagi. Lebih menantang, bahkan sampai sepinggang lebih tinggi airnya. Udah gelap, ada airnya, asik lah.. hehe

Owalah, gitu to. Deket atuh ya dari masjid Roudotul Muchlisin.
Next time, Teh. Semoga bisa ke Jember lagi dan kopdar..he
Waktu itu nggak keinget untuk berkabar eung..

Balas Hapus
.

terlihat menakjubkan, tapi kayaknya ami gak berani masuk deh, seleuuum

Balas Hapus
.

Kalau siang dan banyak orang, bener nggak berani?
Kalau sore kayak aku kemarin sih memang udah tutup ibaratnya, aku aja nggak sengaja lihat, dan pengen ngabadiin fotonya..he

Balas Hapus
.

Wah ternyata ada tempat wisata yang murah tapi perlu disambanginih diJogja. Next trip kalau pas keJogja neh... Makasih tipsnya ya

Balas Hapus
.

Semoga bisa ya, Teh..
Next time aku post juga tuh jalan-jalan yang terdaftar di atas datanya..

Balas Hapus
.

Penasaran sama goa gajah, banyak sekali list pariwisatanya

Balas Hapus
.

Kapan-kapan bisa ke goa gajah, Mas. Biar nggak penasran lagi..he
Iya banyak. Daerah Mangunan memang banyak banget kalau di list satu persatu..

Balas Hapus
.

lol, cepet banget ndi. dari abis jum'atan smp maghrib 7 tempat? gak kilat banget? bahkan kurang dari sejam satu tempat ya?

tumben2an tempat wisata gak ada yang jaganya. sama sekali? warga setempat juga gak ada? kalo gitu sha juga gak berani asuk. hehe

btw, beberapa bulan belakangan sha sering kena paku. dikit2 ganti ban atau tambal ban haha emang ya, emergency fund itu penting :)

Balas Hapus
.

Kejar waktu, Teh. Karena udah ada list kegiatan dihari Sabtu dan Minggunya, jadi kalau nggak dapet lebih dari dua di hari Jum'at itu ya kurang afdhol aja..hehe

Ada yang jaga, tapi nggak dekat tempat wisatanya, mungkin karena sudah sore juga dan memang kalau nggak dihari weekend nggak begitu banyak yang datang..

Nah itu, Teh. Yang sudah terjadi jadi peringatan juga lho biar kedepannya penuh persiapan..he

Balas Hapus