Gowes Sore - Nonton Karnaval di Sepanjang Jalan Malioboro Jogja


DiaryMahasiswa.com | Karnaval Yogyakarta - Hai sadayana, gimana kabar kalian semua? Semoga tetap sehat dan selalu dimudahkan segala urusannya ya. Aku baru bisa post lagi nih, setelah beberapa minggu terakhir ini sibuk. Ya, sibuk di dunia nyata, sampe belum bisa posting di blog, sempat juga bermasalah internet di kost.

Tapi, alhamdulilah kali ini bisa posting lagi. Well, di diary kali ini aku mau bercerita tentang gowes sore di kawasan Malioboro.

Sore itu, tepatnya sebelum ashar, Anin, sahabat gowesku kasih kabar kalau sore nanti pukul 15.00 ada acara karnaval, seperti ini cover pengumumannya dibawah ini.


Sebenarnya nama acara ini Pawai Pembangunan Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 72. Tapi masyarakat Jogja lebih mudah mengingatnya dengan sebutan "Karnaval Yogyakarta". 

Begitu juga ketika orang yang sore itu di sebelahku sama mengantri di lampu merah bertanya sama pak polisi. "Ini acara apa ya, Pak?", "Ada acara karnaval, Mas", ucap pak polisi.

Khusus jalan di dekat taman pintar juga ditutup karena untuk berlangsungnya acara pawai pembangunan. Sebelum kalian baca, aku ceritakan sedikit tentang acara karnaval ini ya.

Jadi, acara Pawai Pembangunan ini diadakan untuk memperingati hari kemerdekaan republik Indonesia yang ke-72. Dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 26 Agustus 2017. Pukul 15.00 di sepanjang kawasan Malioboro.
Pawai pembangunan ini diikuti oleh 53 peserta atau sekitar 2.500 orang. Peserta yang ambil bagian pada kegiatan tahunan ini meliputi pelajar (sekolah), pasukan pengibar bendera, kelompok drum band, kecamatan, kelurahan, organisasi perangkat daerah, instansi vertikal seperti TNI/Polri, hingga lembaga swasta, dan sanggar-sanggar kesenian.
Ada juga kelompok sepatu roda serta kendaraan hias. Pawai Pembangunan selain untuk memperlihatkan kepada masyarakat aktualisasi pembangunan juga sebagai sarana hiburan, promosi, serta daya tarik wisata terutama bagi masyarakat yang sedang berkunjung ke DIY.

* * *

Sore itu sebenarnya aku mengajak teman-teman gowes biasanya, ada Maman, Anin, dan Bayu. Tapi mereka tidak bisa ikut kecuali Anin. Kami berangkat tidak tepat waktu, karena kami lebih mementingkan shalat Ashar terlebih dahulu di masjid, setelah itu barulah berangkat ke Malioboro.

Sepanjang jalan sudah terlihat tanda-tanda pawai pembangunan, jalanan mulai ramai, jalanan juga ada yang di tutup, sepanjang jalan acara banyak polisi yang menjaga keamanan.

Kami telat setengah jam, sesampainya disana sudah berjalan acaranya, kami hanya bisa melihat dari petengahan hingga akhir. Selain ramai sekali orang yang melihat, sesampainya di malioboro langsung menyimpan sepeda, kemudian langsung melihat pertunjukan dari setiap kelompok yang ada.


Memang unik dan seru bisa melihat karnaval ini, rasanya semakin betah aja di Yogyakarta. Tak hanya pertunjukan ini saja, terkadang di Jogja itu suka ada kejutan gitu. Misal, ada pertunjukan film dokumenter, patung-patung baru di daerah kawasan malioboro, dan masih banyak lagi.

Dibawah ini ada foto rombongan Kudho Wiromo Putro, baru mendengar memang, tapi kalau di daerahku ini tak beda jauh seperti pertunjukan kuda lumping.


Ada juga dari kelompok Gembira Loka Zoo. Mereka para pengurus di kebun binatang Yogyakarta. Terakhir main ke kebun binatang ketika SD kelas 6. Itupun karena stady tour. Saat ini belum lagi, aku penasaran pengen lihat unta langsung dari dekat.


Karena dari kelompok Gembira Loka Zoo Kebun Binatang, para pesertanya juga menggunakan kostum pakaian hewan. Ada jerapah, babi, gajah dan yang lainnya.

Untuk jerapah yang warna orange itu sebenarnya dia tidak dua orang, tapi menggunakan alat, seperti halnya menggunakan egrang.


Aku sempat kasihan sama orang-orang yang ada di dalam gajah itu. Kurang lebih ada 4 orang. Dan mereka dibantu roda juga. Kasihan ketika dia belok kanan kiri, seperti kesusahan gitu.


Ada juga para rombongan Dimas & Diajeng yang menaiki delman. Panjang juga deretannya sampe belakang. Para masyarakat yang melihat banyak juga yang mengabadikan foto.


Kalau dari kelompok kereta api, sama halnya mobil yang dihias mirip dengan kereta. Dan terdapat suara seperti halnya di stasiun.


Tak tertinggal juga para petani dan sapinya juga ada. Ada yang dari Bantul, dan ada juga yang dari Kulon Progo. Sekilas aku melihat punggung sapinya itu besar hampir sama seperti unta.


Terakhir para rombongan mobil jeep yang datang, tak hanya satu, dua. Tapi banyak. Kalau kalian pernah berlibur ke daerah merapi pasti banyak menemui mobil jeep seperti itu.


Ada juga yang membawa hewan peliharaannya. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang ikut.


Selain beberapa foto diatas, aku juga sempat mengabadikannya lewat video smartphoneku. Kalian bisa lihat dibawah ini ya. Selamat menonton.

* * *

Pawai Pembangunan Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 72 (Part-1)


Pawai Pembangunan Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 72 (Part-2)



Pawai Pembangunan Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 72 (Part-3)


Pawai Pembangunan Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 72 (Part-4)



Pawai Pembangunan Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 72 (Part-5)



* * *

Kami selama melihat dan mengabadikan foto dan video, benar-benar tak terasa waktu begitu cepat berputar. Aku cek jam sudah pukul 17.00. Kami tidak langsung pulang, karena Anin ada janjian dengan orang. Kebetulan dia mau COD camera yang dia jual, kebetulan mau ketemu di Malioboro.

Sampai suara adzan berkumandang, orang yang katanya mau ketemu Anin belum juga datang. Kami pergi ke masjid terlebih dahulu untuk shalat Maghrib. Setelah itu lanjut ke kawasan 0 KM Malioboro, untuk menunggu orang yang mau beli kameranya Anin.

Oh, ya, in kawasan 0 KM Malioboro saat ini, kebetulan masih dalam tahap perbaikan. Entah mau dibuat apa, yang jelas saat ini aku merasa lebih luas.


Karena jenuh menunggu orang yang mau datang. Aku sempat mengabadikan beberapa foto, termasuk narsis dulu. Cape sebenarnya, soalnya lama juga respon balasan orang yang mau beli kameranya itu.


Lihat, sampe-sampe fijo juga terlihat lelah. hehe. Kalau kalian di Jogja lihat aku menggunakan fijo (fixie ijo) ini, tegur saja ya.


Akhirnya setelah hampir setengah jam, Anin meminta pindah lokasi aja. Kami pergi ke alun-alun utara Yogyakarta. Disitu juga cukup lama menelfon orang yang mau beli kamera. Sampe Anin kirim pesan singkat lewat whatsapp tapi tak ada respon.

Begitu juga waktu di telfon, sempat ngangkat tapi katanya macet. Kami tetap sabar menunggunya. Setelah Anin melihatku lelah. Memang malam itu aku merasa capek, laper belum makan..he

Tak lama Anin memutuskan untuk pulang saja, "Udahlah pulang aja sekarang, mungkin ini belum rezekiku", ucap Anin. Aku juga percaya, kalau rezeki itu tak pernah salah alamat. 

Setelah makan, dia pulang dan diperjalanan ternyata ada yang kirim pesan singkat lagi menanyakan kameranya apakah masih ada. Ternyata disaat pulang lakulah itu kamera, bahkan harganya lebih mahal dua puluh ribu dibandingkan dengan pembeli yang pertama.

* * *

So, itulah cerita gowesku dan beberapa foto dan video yang aku abadikan. Semoga kalian juga jadi tahu setelah baca ini, meskipun tak langsung hadir di Yogyakarta.

August 31, 2017 - 170 komentar

170 komentar untuk Gowes Sore - Nonton Karnaval di Sepanjang Jalan Malioboro Jogja.

Terima kasih sudah membaca diary kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya. Komentar dari sahabat diary mahasiswa merupakan sebuah apresiasi besar untuk penulis :)


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Yogyakarta memang kota tiada duanya, saya dah lama tidak ke sana lagi lho mas

Balas Hapus
.

Sama kyk di daerahku tuh ada pawai ato karnaval tiap agustusan. Btw jogja malam hari keren ya, walaupun di 0km doangan wkwk. norak, maklum belum pernah ke jogja :D

Balas Hapus
.

Ini pasti TJ trayek 1A diputerin cuma smpe Kridosono, heuheu
Pagi2nya aku udah cabut ke Solo dilanjut pulkam jadi gak liat mas, hiks
penasarannya aku sama yg dari gembira loka itu
udah beberapa minggu ini mereka latian, aku sempet liat pas mau transit 2A di sana
pedestrian di BNI udah bagus, udah enak, inget dulu dimarahin karena masih basah tak injek haha
kalender budaya september apa aja ya, duh gak sabar

Balas Hapus
.

Perayaan Hari Ulang Tahun RI tampaknya sama ya ada karnaval, pawai pembangunan
Yang membedakannya mungkin kemeriahannya dan waktu pelaksanaannya
oh ya setalah memutuskan untuk pulang akhirnya kameranya tetap laku juga ya, bahkan lebih mahal, alhamdulillah

Balas Hapus
.

ahh jogja gak pernah habis deh ceritanya, apalagi malioboro. Saya jamasih berharap bisa kembali kesana. Bener kata mas andi kalau malioboro tuh penuh kejutan, kadang gak ada gak ada huja, ehh ada acara gitu. Yang tadinya cuman jalan-jalan doang malah ikut nongkrong buat foto.

Tunggu saya mas, tidak lama lagi saya bakal nyampe jogja. Siapa tahu bisa gowes bareng disana. Masih banyak tempat yang belum saya datangi. Ngomong-ngomong tempat beli sepeda disana dimana yah mas, entar temani yah.

Balas Hapus
.

Sehat kabarnya mas. Sepertinya sudah lama tidak update, ya. hehehe. Atau akunya yg kurang update di blog ini.

Dari semua yang ditampilkan di karnaval, aku suka banget sama bentuk gajahnya. Keren dan kreatif sampe kepikiran buat begitu. hahaha...

Satu lagi, sama mobil-mobil jeep yang pastinya aku baru pertama ini lihat yang model itu. Keren....

Btw, logo banner BE udah diperbaiki mas. Silakan copy ulang di blog BE, ya. Yang lama error soalnya.

Salam kembali dari sahabat jauhmu,

Heru Arya

Balas Hapus
.

menarik juga karnival ini...

ramai yang suka dan bergembira
..

orang yang berada dalam gajah tersebut memang sengsara..

Balas Hapus
.

Ihiy, asik banget tuh bisa liat karnaval langsung, aku pribadi belom pernah liat karnaval. Oh iya, gowes di Malioboro kayaknya asik juga tuh, pulangnya manpir dulu deh ke angkringan hehehe

Balas Hapus
.

penasaran banget aku sama jogja yang udah terkenal sama wisatanya ini.. sama sekali belum pernah ke jogja aku mas.

Balas Hapus
.

Kreatif kreatif dan bagus - bagus karya anak yogya di karnaval itu,,, saya suka dengan gajahnya,, apalagi kalau pengunjung bisa naikin tuh gajah,, kan seru..
itu yang dibelakang sepeda, pasti si maman yang lagi mojok sama cemcemannya yah mang ?? XD

Balas Hapus
.

wuiwww samaan di Bandung seminggu yg lalu abis ada Karnaval juga. dan kita samaan uploadnya tgl 31 agustus, di. hahahaha.

Balas Hapus
.

Wuiiihhhh ternyata karnaval gini emang udah bumming didaerah mana aja ya, ku kira cuma ada di kampung saya aja di cepu ternyata hampir semua daerah selalu ngadain karnaval setiap 17 agustus.

Keren-keren yang ditampilin waktu karnaval, bagus semuaaaa. Btw saya juga abis subs channel youtube mas, boleh subs back nya mas? monggo https://www.youtube.com/channel/UCPEolSNhfUZdDJ4h1dUosGA terimakasihhhh hehehe :D

willynana.blogspot.com

Balas Hapus
.

Bagus ya Ndi..klo aku bawa anak2, sekedar nonton..pasti mereka seneng. Kmrn pengen juga liat..tapi jam 3 an kayaknya malioboro dah ditutup. Klo aku datang awal..nunggunya lama...pasti mereka juga dah rewel.

Btw, ada karnaval takbir besok mlm. Di bnguntapan. Gede juga itu event nya. Rame pasti

Balas Hapus
.

Wow saya nonton event di Jogja pas kebetulan ke sana, anak Sultan nikah. Udah lama banget ya, haha... Seru banget pastinya nonton karnaval begini.

Balas Hapus
.

Menyenangkan sekali ya, bisa gowes keliling kota.

Btw, terima kasih sudah berkunjung ke blogku

www.aliviaawin.com

Balas Hapus
.

Loh, tanggal 26 agustus kemarin nih..??
Yah, lagi nggak beruntung nih. Btw aku habis dari jogja tgl. 23 agustus, dan pulang ke kediri tgl 26 paginya. Padahal pas tgl. 25, aku ke malioboro 2 kali, siang sama malem, hehe..

Balas Hapus
.

Tahun ini kembali gak bisa liat karnaval 17 Agustus, padahal kan perayaan kemerdekaan tahun ini katanya paling meriah

Nyesel juga siy. Udah papasan sama peserta pawai. Mau berhenti galau. Masak emak bapaknya nonton, anaknya gak diajak
Ya udah gak jadi berhenti deh

Balas Hapus
.

Pasti seru caranya ya ndi,
Di daerahku juga ada pawai pembangunan, kayaknya memang agenda tahunan iya,

Itu yang kostum gajah, niat kali dia ya, walaupun kelihatan susah untuk digerakan, salutlah.

Balas Hapus
.

wow 2500 orang dari 53 peserta mantaaaap pasti seru banget bisa nyaksiiin karnavalnya y kang andi klo aku suka males liat karnaval kek gitu hahaa ga suka keramaian soalnya hahhaa mending liat liputannya dr yg kang andi tulis macam gini 😁

Balas Hapus
.

nonton karnaval itu asik mas. tapi kalo ada acara lain ya gak bisa nonton. karena tuntutan kerja jadinya harus melewatkan. haha. tapi setidaknya dulu pernah nonton. hehe. salam.

Balas Hapus
.

wah kayanya seru banget tuh karnaval kang, sampai buat vidionya 5 part.

kalau jual-beli COD itu sering terjadi gitu yah. saya juga sering ngalamin sampai resah dan ngutusin pulang aja.

Balas Hapus
.

Keren mas, saya melewatkan acara menarik itu. Para Badjingan ikut serta juga ya di karnaval yogyakarta....

Balas Hapus
.

Jogja memang keren!
Menurut saya Jogja itu punya aura seni yang berbeda dengan daerah lain, lebih kuat.

Acara-acara kayak gini bagus diselenggarakan pas momen, bisa jadi sekalian hiburan pengunjung yang datang, apalagi kalau atribut nya khas Jogja.....bakal jadi rekomendasi untuk yang mau berkunjung ke Jogja.

Balas Hapus
.

cieee anin.. siapa tuh??? wkwkk

dulu pas kuliah,, aku juga pernah liat itu karnaval, tapi kita datangnya telat karena pas toring ke Jogja bukan itu sih yang pengn kita liat tapi mau main ke pantainya.. jadi itu cuma tambahannya kalau sempet... kita cuma kebagian bagian akhir doank..

btw itu yang gembira loka kreatif banget gajahnya.. nggak kebayang deh panasnya..

Balas Hapus
.

Wow ternyata pindah rumah ya, pantesan dicari ke website itu kok nggak ada ya... Enak banget kalo sering ada acara semacam ini, jadi tambah hiburan ya mas... Nanti deh kalo ke Jogja ketemu Fijo ta tegur deh

Balas Hapus
.

Waah didaerah daerah lagi ngadain karnaval yak, seruuu

Tapi saya ga kebayang ada karnaval di malioboro macetnya seberapa panjang ya? Hehe

Salut salut pas adzan berhenti, sholat dulu baru lanjut acara

Balas Hapus
.

Iya, Mas, betul.. Ayo kesini lagi, Mas. Tapi berkabar ya. Biar bisa silaturahmi...

Balas Hapus
.

Oh, gitu, seru berarti di daerah, Mas Rizal juga ya..
Ayo ke Jogja, Mas, nanti biar bisa cekrek-cekrek..hehe

Balas Hapus
.

Oh, gitu, wah coba waktu itu sorenya masih di Jogja ya, Mas, bisa lihat pasti..hehe
Hehe. Penuh persiapan memang ini latihannya, Mas, keren-keren memang, salut aku juga..

Bulan ini kesini lagi, Mas?

Balas Hapus
.

Betul, biasanya setiap kota ada, dan itu berbeda-beda..

Iya, Teh, alhamdulilah. Kalau rezeki mah gak kemana..

Balas Hapus
.

Betul, Mas. Apalagi sekarang sedang di perbaharui lagi itu 0 KM nya, aku juga kurang nantinya bakal gimana, tapi sudah terlihat agak luas sekarang..

Nah itu, jadi banyak yang dibadaikan..haha..

Siap, Mas Bimo.. Berkabar saja..
Kalau disni banyak, Mas, toko sepeda dekat Jogja Tronik juga ada 3. Kecuali kalau Mas Bimo mau beli bekas, itu beda lagi. Atau gak online juga bisa..

Balas Hapus
.

Iya, memang udah cukup lama, lebih dari 2 Minggu. Banyak kegiatan dan kesibukan diluar soalnya..he

Nah, itu, kreatif banget. Meskipun terlihat susah ketika jalan, tapi ini keren..

Udah aku benerin ko, Mas, itu di samping kanan..hehe

Siap, Mas Heru.. Semoga bisa silaturahmi suatu saat nanti :)

Balas Hapus
.

Kapan-kapan harus lihat langsung, Mas. Biar tahu serunya..hehe
Atau gak lihat rekamanku yang sederhana aja di blog ini, siapa tahu bisa mewakili.. :D

Iya nih, kalau habis gowes biasanya mampir ke angkringan, terakhir ke Jogja kapan ya, Mas?

Balas Hapus
.

Iya tuh, kasian jalannya agak susah liatnya..
di daerah mas Hanafi ada karnaval juga, kah?

Balas Hapus
.

Masa belum pernah sih, Koh?
Ayo ke Jogja, sekalan eksplor..he

Balas Hapus
.

Betul, Kang. Kreatif dan bikin kagum..
haha.. kalau di naikin gak tahu kuat atau gak, kan itu cuma replika aja, coba kalau gajah beneran, pasti kuat.. :D

Haha,, itu gak tahu siapa. Kalau si Maman kan gak ikut waktu itu kang..

Balas Hapus
.

Haha.. wah sama ya, Teh.
Oh, ya, yang di Bandung juga aku sempat lihat di IGnya bandung, live lagi. Rame banget. Kalau dekat pengen lah foto-foto..hehe

Balas Hapus
.

Iya, Teh, hampir semua daerah aku rasa udah ada. Hanya saja pelaksanaan dan apa yang ditampilkan biasanya berbeda-beda..

Okey, makasih ya. Udah aku sub juga ko..

Balas Hapus
.

Nah betul itu, Teh, ajak anak-anak pasti bakal suka banget. Betul, aku lewat juga udah ditutup, makannya aku pake jalan terobosan dari jalan mataram, tembus langsung ke malioboro, gangnya kecil sih..hehe

Oh, yah, aku malah belum tahu yang di Banguntapan lho, Teh..

Balas Hapus
.

Betul teh seru dan menyenangkan..
Wah, udah lama banget itu mah..hehe

Ayo ke Jogja lagi..

Balas Hapus
.

Betul, Teh, sekalian ngabuburit gitu..hehe
Sama-sama Teh, semoga terus bisa baca artikelnya ya..

Balas Hapus
.

Iya, Teh, wah paginya pulang, sorenya ada karnaval..hehe
Coba kalau lihat dulu aja, pasti seru dan bisa jadi bahan cerita :D

Belum beruntung, Teh, nanti kalau di 0 KM udah bagus ke Jogja lagi aja, Teh..he

Balas Hapus
.

Harus nunggu tahun depan lagi ya, Bu, tapi gpp lah, yang penting tetap bisa merayakan kemerdekaan 17 Agustus :)

Hehe, iya nanti sampe rumah anaknya malah ngambek..hi
Kapan-kapan ajak semua kalau nonton, Bu..

Balas Hapus
.

acungkan jempol buat yang didalam kostum gajah. menurut saya itu yang harus bagus banget kodinasinya. mantaps

Balas Hapus
.

Iya, Mas, seru dan menyenangkan..
Oh, ya, gimana-gimana, seru pastinya ya, Mas?

Nah, itu keren tapi lho, meskipun penuh dengan perjuangan..

Balas Hapus
.

Betul, Teh, seru dan salut juga lihatnya..
Nah, jadi ini cukup mewakili ya, Teh.. he

Balas Hapus
.

Gak apa-apa lah, Mas, sekarang juga kan udah bisa nonton dan tahu dari blogku. Cukup kan untuk diwakili..hehe

Yang penting mah tahu seperti itu karnaval, yang membedakan biasanya apa yang ditunjukan, biasanya kan makin kesini makin kreatif..

Balas Hapus
.

Iya seru, alhamdulilah, Mas..

Iya memang, tapi alhamdulilah kemarin yang gak jadi langsung Allah ganti lebih pas pulangnya ada yang beli..

Balas Hapus
.

Wah, sayang sekali, coba gak dilewatin pasti seru lihat langsung mas..he

Balas Hapus
.

Setuju (y)

Iya, Teh, jadi para pengunjung sekalian berkunjung, terhibur juga..
Aku juga jadi betah udah hampir 4 tahun di sini, malah pengen punya rumah disni..he

Balas Hapus
.

Anin temen gowes, Mas, itu cowok masak iya di cie-ciein.

Akan ada waktunya cie-cie sungguhan itu ada..haha

Gak apa-apa, yang penting kan bisa lihat..he
Btw, dulu ke pantai mana ya, Mas?

Iya, salut aku juga..

Balas Hapus
.

Iya, karena rumah itu sempat bermasalah. Kemalingan juga..haha

Siap, berkabar aja, Mas, kontak juga bisa, tuh ada di bagian kanan..he

Balas Hapus
.

Iya, nih, Mas, apalagi Agustusan kemarin, jadi banyak karnaval-karnaval gitu..

Nah itu, tapi di tutup ko jalannya, Mas, jadi khusus acara karnaval aja, kendaraan dilarang lewat, bahkan aku sempat baca wacana kedepan, kendaraan pribadi, khususnya mobil bakal dilarang melintas di Malioboro, karena macetnya itu lho..

Harus gitu, Mas, biar tenang sholat dulu.. :)

Balas Hapus
.

terakhir saya datang di januri kemarin emang lagiperbaikan juga, wah gimana tuh penampakannya yang baru sekarang.

saya cari tokonya aja mas, cari sepeda gear aja.

Balas Hapus
.

Aku kok baru sadar domainnya diarymahasiswa ??
Seru banget bisa gowes2 sekalian lihat karnaval ;)
Apalagi pawai pembanguna gitu ada di jogja yg notabene banyak bgt kebudayaannya. Ada lagi yg hewan2 itu ya. Keren lah, salut buat yg jadi pasukan gajahnya hehehe

Balas Hapus
.

wah pasti seru banget ya acaranya..
jadi kepengen liat langsung hehe

Balas Hapus
.

Gak apa-apa, Teh, sekarang kan udah tahu..hehe
andinugraha.com bermasalah, jadi aku ganti pake diarymahasiswa..

Aku juga salut, Teh, padahal agak susah pas jalannya itu. Tapi dibalik itu semua memang keren, kapan ke Jogja lagi, Teh ?

Balas Hapus
.

wah, seru banget ya..
jadi pengen ke jogja, tapi pas lagi karnaval.. berati tahun depan pas bula agustus..
tapi setiap tahun ada kan ya?

Balas Hapus
.

Sepertinya ada, Teh, tapi gak tahu juga sih, aku bukan panitianya..hehe

Tapi, kalau pun tak ada, pasti gak nyesel deh kalau udah ke Jogja, kan bisa maen dan berlibur ke tempat yang lain..hehe

Ayo ke Jogja, Teh ?

Balas Hapus
.

Setuju, Mang, karena kalau salah dikit gak kompak aja, dah susah itu..he

Balas Hapus
.

Pantes ane mo mapir ke blog abang yg lama gk bisa, ternayta pindah blog yaa??

Beh, ngeliat perjalanan abnag, Indonesia Bener2 gk kalah sama negara luar yaa.. Asik dan seru..

Begini nih efek jadi orag rumahan, gk bisa ngerasain nikmatnya dunia luar.. Jadi kepengen nabung nih buat cusss ke sana

Balas Hapus
.

Karnavalnya sungguh luar biasa, peserta banyak bisa kompak dan kreatif pula. Tidak asal ikut-ikut, tapi mau berpenampilan seni atau atraktif. Gajahnya itu lo, yang menarik sekali.

Balas Hapus
.

Itu gajahnya kok kesusahan beloknya kenapa lho mas? Apa enggak di kasih lubang agar bisa melihat jalan atau di kasih orang untuk memandu jalannya gajah..

Enak juga ya yang ada dikawasan malioboro, banyak hiburan., apa lagi kalau di hari-hari besar dalam memperingati HUT KE-72 RI, pasti rame banget.

Balas Hapus
.

Udah lama banget kayake aku ngga pernah liat karnaval kemerdekaan kaya gini. Terakhir jaman SMA kayaknya, itupun jadi peserta.

Dulu aku mikirnya karnaval macam ini cuma ada di Purworejo doang, eternyata di daerah lain juga ada. Mungkin udah jadi program wajib dari pemerintah kali ya, Mas Andi :)

Kalau nitip sepeda di Malioboro, masuknya di sebelah mana e mas? Apa gabung sama tempat parkir motor yang baru deket stasiun itu?

Balas Hapus
.

Kalau bisa lihat langsung bakal asik nih, sy jd pengin lihat langsung, tp adanya setahun sekali ya?

Balas Hapus
.

Acara karnaval emang seru !
Aku juga selalu hardir kalo ada karnavalan di deket rumah.
Asik aja gitu bisa liat macem macem kostum dari yang bagus sampe yang ga jelas sekalipun,
tapi semua itu tetep unik dan menarik :v

Nah itu kenapa ada jerapah, gajah, segala macem.
Ga kebayang gimana jadinya kalo aku masuk kedalam gajah itu.

Emang agak kasihan sih tapi kayaknya gajah-gajah itu senang melakukanya :)
Kamu harus coba pakai kostum festival Di, Jangan hanya jadi penonton wakakak

Balas Hapus
.

Keren, Jogja memang selalu punya cerita, ya. Karnaval kemerdekaan ini salah satu bentuk pengungkapan rasa nasionalisme dari Jogja. Keren banget tuh pasti kalau bisa liat langsung..

Balas Hapus
.

Jadi pengen ke Jogja deh, apalagi tiap denger kata "Malioboro". Duh..

Seru bet kayaknya tuh karnaval. Foto2nya menarik, kayak efek foto klasik gitu

Balas Hapus
.

Jogja kota wisata, jadi pawainya dibuat sangat meriah. 4 jempol buat pawainya deh...

Balas Hapus
.

Jogja memang keren ya, aku tuh baru dateng sekali aja udah seneng, pengen balik lagi. Apalagi kalau bisa lihat acara beginian, pasti seru.

Balas Hapus
.

wah artikel jadul ini mah ya?....pulang lagi ah

Balas Hapus
.

Alhamdulillah SAE mas Andi..🙋
Naha atuh Yogya mani rame pisan nya. Parangsa abdi teh Yogya sami Jeung ibukota, Aya wae acara teh.

Kepingin juga sebenarnya jalan-jalan sore di Malioboro sambil ngabuburit. Kata teman yang beberapa kali berkunjung ke Yogya, makanan di sana murah dan banyak tempat untuk kopi darat.

Doa'kan ya.. biar tahun depan bisa OTW ke Yogya dan bisa di traktir loh sama mas Andi..😂

Balas Hapus
.

Di kotaku juga ada karnaval tapi tahun ini karnaval nya per kecamatan. Dan bergilir. Ada yang pake baju pefesi, tradisional, modern, mobil hias dan lain-lain. Aku ga ikut sih, tapi senang lihatnya...

Balas Hapus
.

Hai Mas Andy, gimana kabarmu?

wah serunya karnaval di Yk. di desaku besok minggu heheheh ^siapa yg nanya :D

Belum pernah aku lihat secara langsung loh karnaval Yk ini

Balas Hapus
.

Seruuu

Iya bener, yogyakarta nggak ada matinya
Aku belum pernah sama sekali ke jogja huhu

Pengennn

Balas Hapus
.

kunjungan malam sobat. wah emang asik ya mas kalu karnafalan
jadi kepengen ada karnfl lagi heheheh. trmksih infony mas

Balas Hapus
.

ohya lupa flow beck yo bro biar enak saling berkunjung heheheh

Balas Hapus
.

Hai Andi!!

JOGJA EMANG KEREN!! Agustus ini emang banyak banget pawai di mana mana. Di AMbarawa, kota tetanggnya Jogja juga habis mengadakan pawai begitu. Jogja juga keren dan variasi banget yang ikut. Saking niatnya juga ada yang berkorban macam gajah dan jerapah. Malah gue nggak bisa bayangin yang jadi jerapah harus selalu jaga keseimbangan. Duh, kalau jatuh gimana coba??

:D

Meykke Santoso

Balas Hapus
.

Uwaaaaaaaaaaaa padahal saya tinggal di Jogja :( tapi waktu karnaval itu aku ga bisa liat :(

Balas Hapus
.

Selalu ada cerita di Jogja.. Kangen lama nggak ke kota gudeg.

Balas Hapus
.

Yogyakarta memang selalu jadi kota yang istimews ya. Rasanya, tiap kali traveling ke Jogja, selalu ada sesuatu yang berubah, unik. Kayak pawai ini, bakalan tumpah ruah banget deh wisatawan yang datang buat nontonin.

Btw soal rejeki, memang sih, kadang selalu datang tiba tiba. Senangnya ya jadi Anin. Rejeki emang kadang suka nggak terduga.

Balas Hapus
.

Oh iya, waktu itu memang jalan-jalan jadi ditutup terus aku jalan kaki dari Lapangan Kridosono sampai Malioboro :')
Lucu sekali yang bagian dari Gembiraloka, jadi membayangkan kalau Kura-kura atau ular ikut pawai kaya gimana yaaa :p

Aku menunggu titik 0km jadi, biar nunggu debunya agak ilang dulu mas.

Balas Hapus
.

Wah kreatif juga tuh mas, pemain egrangnya pakai kostum jerapah, cocok deh :)

Karnaval memang identik dengan keseruan ya, karena bersifat kolosal, atraktif, warna warni dan penuh kegembiraan. Tapi saya jarang nonton karnaval meski di Semarang sekalipun, karena lebih memilih beristirahat di rumah daripada desak-desakan, hehe.. mungkin faktor u juga sih. Coba kalau masih muda, pasti hayuk aja :)

Balas Hapus
.

Kalau dilihat-lihat orang yang bawa gajah memang kesusahan banget deh itu mas tapi lucu juga wkwkwkwk sampai dibantu empat orang begitu. Karnaval jaman sekarang juga marak diadakan. Ditempatku bahkan sampai tingkat kecamatan hehehehe

Balas Hapus
.

Acara karnaval emang paling ditunggu masyarakat Indonesia deh. Ya liat aja tiap karnaval dimana aja pasti rame bgt, antusias masyarakat emang TOP. :)

Balas Hapus
.

Seru kali yah nonton langsung disana

Balas Hapus
.

Klo soundtrack nya pake kla project yg yogyakarta kyknya pas tuh :). Sy jg suka sekali dgn kota ini. Baca tulisanmu ttg karnaval kayaknya seruuu. Jadi ingin lihat juga... Hahaha.
Di Bandung jg ada acara serupa waktu Agustus lalu. Tapi sy jg ga nonton. Ngasuh si kecil di rumah.
Thanks buat story nya ya. Di keep, siapa tau suatu saat nanti bs nonton karnaval Jogya.
Itu yg pake kostum gajah kyknya repot amat ya. :D

Balas Hapus
.

Iya nih pindah, Mas, jangan lupa save di blogrollnya ya..he

Alhamdulilah, Indonesia memang luar biasa..

Boleh, nabung dulu, terus ke Jogja, jangan lupa berkabar biar bisa silaturahmi..

Balas Hapus
.

Betul, aku juga salut sama gajahnya, keren dan butuh proses latihan juga pasti..

Balas Hapus
.

Ada sih, Mas, kecil sepertinya. Kalau dari jauh lubangnya gak kelihatan. Itu sepertinya sudah terlihat capek dan panas juga pake kostum gajah..

Betul, kapan ke Jogja nih, Mas Jeni?

Balas Hapus
.

Wah, SMA mah pasti lama banget ya, Mas. Tapi setidaknya sekarang bisa lihat lewat blogku..he

Bisa jadi, Mas, waktu karnaval di Jogja ada, aku lihat liputannya juga di Bandung. Sepertinya memang setiap kota ada..

Gak ko, setiap bangku yang ada di Malioboro itu kan ada tempat sepedanya, meskipun gak semuanya..

Tapi, jangan lupa di gembok..

Balas Hapus
.

Lihat ini aja dulu, hehe
Iya sih, nunggu tahun besok..

Balas Hapus
.

Betul, selain itu menyenangkan juga..he

Wah asik itu, apalagi dekat sama rumah..

Kalau masuk ke dalam gajahnya pasti panas, Mas.. :D
Berat juga kayaknya, tapi itu semua kan demi orang-orang yang nonton.. Jadi semangat..he

Haha.. besok lah, tapi yang kecil aja biar gak berat :D

Balas Hapus
.

Maen sini ke Jogja, Mas.. Biar bisa lihat langsung..he

Balas Hapus
.

Ayo ke Jogja lah, Mas. Jangan lupa berkabar, biar bisa silaturahmi..

Terima kasih, Mas..
Masa sih, kayak foto klasik gitu..hehe

Balas Hapus
.

Terima kasih, Mas..
Betul, meriah banget, meskipun hanya beberapa jam saja..

Balas Hapus
.

Ayo ke Jogja lagi, Teh..
Biasanya gak tentu sih kalau acara seperti ini di bulan biasa selain Agustus.

Kalau pengen lihat langsung karnaval, datangnya bulan Agustus..hehe

Balas Hapus
.

Alhamdulilah, syukur atuh, upami sae mah Kang..
Acara mah sering di Jogja, Kang. Ayo ka Jogja atuh..
Di antos..

Iya murah, tapi kalau mau cari yang mahal juga banyak..he

Aamiin, semoga tahun depan bisa ke Jogja ya, Mas..

Sttt.. anak rantau disini mah, harusnya di tlaktir sama yang datang.. Ya, sama Mas Indra..he

Balas Hapus
.

Oh, gitu, keren malah kalau per kecamatan. Bisa lihat dari satu kecamatn ke kecamatan lain..
Wah seru, ceritain dong, Teh di blog..

Balas Hapus
.

Hai juga, Teh Wahyu..
Alhamdulilah apik apik..he

Wah, baru ya, kirain udah. Ceritain dong, Teh..

Tahun depan harus lihat di Yogyakarta secara langsung..he

Balas Hapus
.

Semoga bisa ke Jogja ya, Mas, biar bisa bercerita tentang pengalaman berlibur di Jogja..

Balas Hapus
.

Tunggu tahun depan, baru ada lagi, Mas..hehe

Balas Hapus
.

Hai juga, Teh Meykke..

Selain keren, istimewa pula..he
Betul, setiap kota sepertinya memang ada ya, Teh..

Sepertinya udah profesional, dan latihan berkali-kali itu, Teh. Jadi gak jatuh..he

Balas Hapus
.

Jogjanya dimana, Teh?

Yang penting sudah diwakili, bisa lihat dari ceritaku ini..hehe

Balas Hapus
.

Ayo ke Jogja lagi, Teh, biar bisa bikin cerita lagi..he

Balas Hapus
.

Betul, kadang suka tiba-tiba ada patung yang unik di Jogja, kan kalau lagi pas gak di Jogja sayang banget terlewatkan..hehe

Iya, alhamdulilah. Yang jelas tak pernah tertukar ya..hehe

Balas Hapus
.

Wah jauh juga, Teh, sekalian jalan-jalan ya..hehe

haha.. lucu gimana gitu banyainnya, tapi kalau kura-kura palingan kura-kura ninja, jalan gitu.. Tapi kalau ular gimana ya?
Apakah sama seperti ular ular naga yang ada di barongsai gitu..

Iya tuh, aku juga lagi nunggu penasaran soalnya...he

Balas Hapus
.

Kreatif nan istimewa..he

Hehe..aku sih memang suka gowes sore, jadi sekalian olahraga, sekalian lihat gitu. Kebetulan waktu itu Anin ada perlu mau COD, jadi ya, pas sekalian..

Padahal gak apa-apa lho, Teh, ajak keluarga pasti lebih seru nonton karnavalnya..

Balas Hapus
.

Hehe.. Iya, terutama waktu belok gitu, sepertinya berat dan pengap juga di dalam. Apalagi yan gbelakang..he

Oh, gitu, keren malah kalau tingkat kecamatan. Tapi, memang unik sih..

Balas Hapus
.

Betul, Mas, apalagi bulan Agustus, bulan dimana ramai sekali acara-acara seperti itu..
Betul, gak di kota, atau kampung sama-sama seru..

Balas Hapus
.

Pasti lah, ayo ikutan nonton langsung, Mas..

Balas Hapus
.

Hehe.. Iya, pasti pas kalau sountrack itu. Semoga bisa lihat karnaval di Jogja ya, Teh..

Waktu karnaval di Bandung, aku lihat lewat live, seru banget memang.

Sepertinya memang gitu, Teh, tapi aku salut sama mereka, karena mereka jadi meriah perwakilan dari kebun binatang..he

Balas Hapus
.

Keliatannya seru banget tuh acaranya. Sayangnya, di Jakarta udah jarang ada karnaval kayak gitu. Mungkin karena Jakarta macet kali, ya. Mau jalan aja susah, apalagi karnaval gitu. Yang ada tambah macet nantinya. :D

Kreatif banget yang ikutan karnaval itu. Apalagi yang jadi gajah. Gue kok ngakak, ya, liatnya? :D

Balas Hapus
.

Selalu bercita2 bisa sampe ke Jogja, banyak banget kayaknya keindahan sudut Kita Jogja. Apalagi kalo BW ke blog yabg menceritakan tentang jogja, beuh rasanya pengen cepat2 terealisasi berkunjung ke sana

Balas Hapus
.

Sayang sekali ya, coba kalau ada pasti bakalan seru tuh..
Bisa jadi karena macet, kalau ada sepertinya harus ada woro-woro untuk jalan di kosongkan buat karnaval, tapi malah jadi macet lagi ya..hehe

Haha.. iya itu, aku juga salut, keren gitu.
Ko hampir semua yang komen disini, komennya yang gajah ya,,hehe

Balas Hapus
.

Semoga secepatnya ke Jogja ya, Teh, biar bisa bikin cerita tentang Jogja :)

Balas Hapus
.

aku ngebayangin itu yg pake kostum gajah, dan binatang lain, apa ga panas di dalam ya mas :D.. kok akunya yg sesak napas bayangin di dalam... hebat mereka.

Balas Hapus
.

Lhoo diminta ganti ya mas..?

Balas Hapus
.

Wah ini sepertinya acara karnaval 17 san HUT RI ini.... Sampai ada acara gowes gowesan... Huuu meriah banget ya mas..?

Balas Hapus
.

Terima kasih telah berbagi mas. Beneran berasa hadir walau ada di Jakarta. MOga suatu saat bisa berkunjung dan liat langsung ah :)

Balas Hapus
.

gue pun kalo ditanya oleh orang lain, bakalan menjawab 'acara karnaval, bapkeee'
soalnya nama acaranya panjang banget. hahah
tapi seru sih ya maliobooro ada acara karnaval kayak gitu. gue belom pernah nih menjumpai karnaval di jogja. smoga suatu saat nanti bisa ikut menyaksikan karnaval. berarti di malioboro saat itu lebih rame ya, ketimbang hari biasanya. wiiiih
gue ngeliat orang'' yg bawa gajah itu aja juga agak gimaanaaaaa gitu. pengen nampil, eh tapi ketutupan sama kostum gajah, yg gede banget.
jerapahnya itu ada orang yg naik engrang sambil pake kostum? wah itu mah udah jago main engrangnya ya. kalo gue yg bawa bisa'' nubruk mobil militer itu mah

Balas Hapus
.

Iya soalnya dulu taunya andi nugraha. Jadi udah melekat gitu

Balas Hapus
.

Asik nih sebagai penarik wisatawan. Jogja emang keren!

Balas Hapus
.

Asik juga bisa ikut cara karnaval kayak gini. Sayangnya di tempat ku gak ada bikin acara kek gini.

Balas Hapus
.

Wah karnavalnya seru yach Mas...apalagi ada sapi yang ikutan Karnaval..lucu.

sayang ditempat saya karnavalnya tidak diadakan, coba kalau diadakan pasti banyak momen yang bisa saya buat untuk tulisan.

Balas Hapus
.

seru banget kliatannya...Jogja selalu punya keunikan yang bikin kita kangen...

Balas Hapus
.

Ya ampuuuunnn itu gajah isinya orang? Ealah klo jatoh satu, ambruk semua dong ya.

Balas Hapus
.

Gowes sore-sore
Serunya makin rame
Membawa Hari Merdeka memang oke...

Balas Hapus
.

Sepertinya panas deh, Teh, hehe..
Jangan di bayangin, Teh, lihat aja.. :D

Balas Hapus
.

Iya, Mas, domain lama itu, tapi di pindah ke ini..he

Balas Hapus
.

Iya, Mas, meriah banget. Kalau acara gowes memang aku sering gowes di Jogja, Mas.. suka ada jadwal tersendiri setiap paginya. Kecuali kalau gowes agak jauh, harus cari waktu yang pas..

Balas Hapus
.

saya selalu senang nonton karnaval sejak masih kecil
dan ini ngingetin saya sama karnaval di kampung halaman yang bikin kangen

Balas Hapus
.

Sama-sama, Teh Alida..
Aamiin, semoga disegerakan bisa berlibur ke Jogja ya, Teh..

Balas Hapus
.

Haha..lebih simpel dan mudah ya, sebut aja karnaval.. :D

Aamiin, harus di bulan Agustus kalau untuk bisa pas lihat karnaval, Mas..

Agak susah memang, aku aja yang nyaksiin langsung liatnya kasian, tapi aku juga salut akan perjuangannya..

Iya itu jerapahnya pake engrang, Mas, keren ya?
Kalau yang belum jago nanti nabrak para penonton malah repot..wkwk

Balas Hapus
.

Setuju, selain keren memang Jogja itu istimewa :)

Balas Hapus
.

Kalau ada pasti seru ya, Mas. Bisa buat bahan nge-vlog :D

Balas Hapus
.

Hehe.. Iya, itu sapinya turut meramaikan.

Wah, sayang sekali coba kalau ada pasti lebih seru ya, Kang..

Balas Hapus
.

Setuju, setiap sudut Jogja itu bisa bikin kangen terus, apalagi kalau udah lama di Jogja terus gak ke Jogja..

Balas Hapus
.

Iya, orang. Isinya 4 orang..
Nah itu ambruk nanti malah kasian, untungnya gak dan bisa bikin kagum yang lihat..

Balas Hapus
.

Betul, Teh, seru dan menyenangkan. Apalagi suasana kemerdekaan :)

Balas Hapus
.

Wah, setuju tuh. Memang seru kalau lihat karnaval. Setiap tahunnya pasti ada yang berbeda :)

Berarti sekarang lagi merantau juga ya ?

Balas Hapus
.

karnavalnya meriah mas salam kenal dari wong pinrang sulawesi selatan, eh iya ning kotaku eneng komunitas KOPI (komunitas ontel Pinrang)

Balas Hapus
.

Bisa tuh, iya sepeda gitu aja bisa mantep :)
Sekrang juga belum jadi, Mas, masih tahap perbaikan juga..

Balas Hapus
.

lah itu gajahnya siluman ya? gajah berkakimanusia haha

Balas Hapus
.

Kalau ke Jogja selalu pas tidak sedang ada karnaval.. BTW calon pembeli kameranya mblenjani karena ternyata ada yang mau membeli dengan harga lebih ya.. :)

Balas Hapus
.

Wih.. meriah banget ya, kang.. kapan yah ada acara seperti ini di Jakarta.. biar saya bisa buat postingan seperti punya kang Andi ini, hehee...

Balas Hapus
.

perjuangan banget itu kostum gajah :D

Balas Hapus
.

Semoga bisa lihat langsung suatu saat nanti..

Balas Hapus
.

Betul, tapi keren ya, Teh. Salut aku juga...

Balas Hapus
.

Hehe.. Di Jakarta memangnya gak ada ya, Kang?

Balas Hapus
.

Iya kalau yang jelas ada yang di bulan Agustus. Kadang juga ada sih, tapi gak nentu..

Iya, alhamdulilah, rezeki memang gak tertukar..

Balas Hapus
.

Hha..kalau ada beenran nakutin juga ya :D

Balas Hapus
.

Salam kenal juga. Oh, gitu, asik dong. Ikutan gak, Mas? Di komunitas ontelnya.

Balas Hapus
.

Acaranya bagus, tadi aku kira itu gajah beneran lhoh,eh ternyata ada kaki orang dbawahnya..hhee

Balas Hapus
.

Rezekinya ya mas, akhirnya dapat pembeli yang lebih oke deh :D

Balas Hapus
.

Kreatif ya, Teh, kalau beneran nanti kotorannya ngotorin jalan..

Balas Hapus
.

Iya, Teh, alhamdulilah. Rezeki memang tak pernah tertukar :)

Balas Hapus
.

Karnaval selalu ramai. Memang kasihan sih melihat yang jalan kaki. apalagi yang pakai kostum, ribet banget. Tapi penonton merasa terhibur.



Balas Hapus
.

karnaval gini ternyata asik ya.. kasian tuh orang yang ada di gajah..

Balas Hapus
.

Iya, emang asik.. Iya sih, aku juga gitu, tapi salut sama orang yang ada di dalam gajah itu..he

Balas Hapus
.

Betul, Teh.. Betul, aku juga salut lihatnya, terutama antusias mereka disaat memeriahkan acara karnaval ini :)

Balas Hapus
.

Itu yang kostum gajah bikin salfoks hahhaha
Btw nyisipin videonya banyak juga ndi
Manteb lah reportasenya kumplit, aku paling seneng klo mbolang kemaa ketemu pawai alias krnaval, lumayan buat nambahnpostingan blog

Balas Hapus
.

Wkwkkwkw lihat karnaval tersebut bikin ngiler and baper pengen ke yogya lagi.. aku pernah kesana mas dlu cuma 5 hri.. kangen banget yogya apalagi tempat makannya termasuk house of raminten hehe

Balas Hapus
.

Haha.. semua pada salfok sih, ya.. haha

Iya, Teh, sesuai beberapa festival yang lewat. Coba tonton aja, Teh..he

Betul, Teh, jadi sekalian mbolang cari bahan tulisan ya, Teh. Blogger emang suka gitu :)

Balas Hapus
.

Ayo atuh ke Jogja lagi, Teh. Btw, terakhir ke Jogja kapan?

Coba kesini lagi, Teh, pasti lebih seru dan menyenangkan, sekalian liburan sekalian cari bahan postingan..hehe

Balas Hapus
.

Ah jogja memang selalu ngangenin dan selalu ada kejutan di kota ini :)

Salam kenal!

Balas Hapus
.

Pengen banget juga sih ke jogja.. Nanti deh, liburan selanjutnya atau pas saya lagi di Jawa, saya bakalan ke Jogja.. Hehehe

Balas Hapus