Sarapan Pagi? Soto Lamongan atau Soto Rempah?


DiaryMahasiswa.com | Bagiku Yogyakarta tempat yang sangat nyaman untuk bersepeda. Baik pagi ataupun sore. Dalam seminggu biasanya aku meluangkan waktu untuk gowes pagi, biasanya dua sampai tiga kali. Tapi tidak gowes yang jaraknya jauh-jauh. Cukup ke Tugu, Malioboro, Alun-alun ataupun menelusuri tempat-tempat pedesaan. Selain tempatnya asri, serasa di kampung halaman sendiri.


Baca juga : Gowes ke Pantai Ngunggah, Gunung Kidul

Pagi itu aku keliling di daerah Krapyak, entah kemana tujuannya. Karena aku juga tidak tahu, yang jelas aku menelusuri jalan terus. Dengan begitu jadi tahu tembusnya dimana dan kemana. Di daerah krapyak pagi itu rasanya adem, lingkungannya bersih dan masyarakatnya juga ramah-ramah.

Seperti biasa aku ditemani oleh sahabatku, Maman. Sebelumnya dia pernah ke jalan-jalan di Krapyak, makannya dia tahu beberapa tempat. Dia juga ngasih tahu kalau di daerah tersebut ada patung pahlawan gitu. Mendengarnya aku semakin penasaran. Sesampainya di temap, aku seperti biasa mengabadikan foto.


Kalau dilihat-lihat sih seperti patung perjuangan gitu. Tapi prosesnya belum selesai semua. Dibalik patung yang aku foto itu ada patung yang besar juga sedang proses pembuatan tapi belum jadi. Lingkungannya bersih, rasanya nyaman ada di daerah tersebut.







Setelah dari situ aku melanjutkan perjalanan untuk menelususi jalan yang ada di kampung itu. Dengan rencana setelah keluar, kami sarapan soto sebelum pulang. Dari gowes-gowes sebelumnya aku biasa sarapan soto setelah pulang. Ada dua opsi soto yang biasa aku makan. Yang pertama soto lamongan dan yang kedua soto rempah.

Dari kedua soto tersebut, kami seringnya makan soto lamongan. Pengen banget nyoba soto rempah sebenarnya, tapi sudah 5x kami belum kesampaian karena penuh dan kehabisan terus. Oke, sebelum ke soto rempah aku cerita soto lamongan terlebih dahulu.

Pertama makan soto lamongan, sepulang gowes dari Malioboro. Di papan soto lamongan tersebut tertulis harganya Rp. 6.000,- tapi setelah selesai makan dan bayar harganya tidak sesuai yakni Rp. 8.000,- Tapi kami berfikir positif aja lah, mungkin saja bapaknya lupa. Soto lamongan ini penyajian nasi dan sotonya terpisan, satu piring nasi, dan di mangkongnya soto. Seperti ini penampilanya.



Soto lamongan ini ada tambahan seperti kriuk gitu buat dicampur sama soto ataupun nasinya. Entah apa namanya tapi aku suka. Maman sendiri lebih suka makannya dicampur. Jadi terlihat penuh dan hampir tumpah gitu. Belum lagi ditambah gorengan.


Harga gorengan di soto lamongan Rp.1.000,- Untuk ukuran gorengannya terbilang kecil menurutku, harusnya Rp. 500,- tapi itu hak si penjual. Untuk di angkringan harga gorengan masih seperti biasa Rp. 500,- Untuk minum kami seringnya beli air es. Alasannya ngirit, sekalipun pengen yang manis-manis kami bawa dari rumah. Misalnya susu saset ataupun minuman berasa.

Baca juga : Menikmati Bakso Klenger Ratu Sari

Setiap makan soto lamongan kami menghabiskan, soto + air es + gorengan 2. Kalau dijumlah jadi segini.

1 porsi soto lamongan : Rp. 8.000,-
2 gorengan : Rp. 2.000,-
1 gelas air es : Rp. 1.000,-

Jadi totalnya Rp. 11.000,- Tapi itu tidak setiap pembelian menghabiskan uang segitu. Biasanya kami sering membawa gorengan sendiri yang kami beli dari angkringan atau burjo. Yang harganya tentu Rp. 1.000,- dapet dua. Untuk kerupuk juga sama.

Kalau di soto rempat. Kami baru 3x kali mampir itu pun sudah kecewa 5x datang tak pernah kebagian, lagi-lagi selalu habis. Yang membuatku penasaran itu rasanya. Pasti terbuat dari bahan-bahan rempat. Tempatnya berada di pinggir jalan, daerah kerapyak. Seperti ini tempatnya.


Foto diatas aku ambil ketika ada beberapa pelanggan yang sedang makan. Tapi itu belum seberapa, biasanya ketika ramai lebih banyak lagi yang datang, bahkan sampe susah lewat juga. Pertama kali mencoba makan kami tidak kaget dengan harganya. Karena sudah terpampang di dinding tempat makan soto rempah. Bisa dilihat dibawah ini, apakah harganya sama seperti di tempat teman-teman ?


Setelah pesan rasanya tidak sabar ingin cepat menyantap soto rempah. Uniknya soto ini disajikan tidak dalam mangkon seperti pada umumnya, melainkan dalam batok yang dibuat mangkok. Seperti ini jika sudah disajikan. Aku dan Maman tak beda jauh, dimana-mana minumnya air es. 


Tidak hanya orang tua, remaja dan para ibu-ibu juga banyak yang makan disini. Mungkin mereka tidak masak jadi bisa makan di luar..he Awalnya sempat penuh harus nunggu tempat duduk untuk makan. Di soto rempah ini tempenye tidak terbalut dengan terigu, namun rasanya sangat enak. Karena bumbu rempahnya terasa sekali.



Kedua kalinya mencoba kami merasakan beruntung karena masih sepi pembelinya. Apalagi Rabu pagi kemarin, kami lebih pagi lagi, malahan jadi pelanggan pertama. Ibunya terlihat teliti menyajikannya. Aku pertama nyooba langsung jatuh cinta sama rasanya. Sangat cocok untuk sarapan pagi sampai siang (anak kost) :D


Selain tempe, di tempat ini tersedia juga tahu bakso. Makanan yang sangat disukai oleh Maman. Rasanya juga cocok jika dipadukan dengan soto rempat ini.



Gimana, teman-teman sudah merasakan enaknya meskipun hanya melihat ? Jangan minta tanggung jawab ya, kalau kalian baca sampai laper, apalagi pengen..hehe


Itulah soto yang biasa aku makan setelah gowes pagi. Di tempat kalian apakah harganya sama atau berbeda. Kasih tahu di kolom komentar ya.

March 17, 2017 - 142 komentar

142 komentar untuk Sarapan Pagi? Soto Lamongan atau Soto Rempah?.

Terima kasih sudah membaca diary kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya. Komentar dari sahabat diary mahasiswa merupakan sebuah apresiasi besar untuk penulis :)


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar
.

Masa ditulis 6 rb jd 8rb? hiksss sebagai emak irits aku pasti protes :D

Balas Hapus
.

kok aku kaget yak kang wkwkkw soto rempah soto daging 6000?whatt?disini aja dah 10.000 wkwkwk...gilak murce bingitssss

Balas Hapus
.

Makin asyik aja nih gowesnya. Semoga sehat terus biar bisa gowes keliling jogja. Eh iya, setuju nih klo jogja emang tempat nyaman buat gowesan. Gue kan pernah maen ke jogja. HEHE

Btw, gue udah lama maen sepedan. Huhuhuu

Balas Hapus
.

Aku lebih tertarik pada patungnya itu daripada kulinernya. Sungguh luar biasa, jiwa seni pemahatnya. Wah jagi pengen kesana.

Balas Hapus
.

waaaah soto lamongannya bikin ngileeer :o
mas andi aja sampe jatuh cinta sama rasanya, eh sama ibu penjualnya jatuh hati juga gak tuh? hihi

Balas Hapus
.

wah murah banget yaa kuliner di jogja
jadi mupeng kesana lagi :)

Balas Hapus
.

Liat sepeda fiksi jadi inget sepdaku yang sudah tak jual,, padahal peleknya udah pakai yang berkilau harga gope... hahah...
Gowes lanjut sarapan yah wenak atuh mang...apalagi di yogya,, enak lah pastinya,,, badan sehat perut kenyang...

Balas Hapus
.

Liat sepeda fiksi jadi inget sepdaku yang sudah tak jual,, padahal peleknya udah pakai yang berkilau harga gope... hahah...
Gowes lanjut sarapan yah wenak atuh mang...apalagi di yogya,, enak lah pastinya,,, badan sehat perut kenyang...

Balas Hapus
.

mangkok soto rempahnya unik...natural banget mas. patut di contoh sama warung lain ini, go green :)

Balas Hapus
.

enak semua tuh keliatanya ... kalau dibanding sama didaerah saya nih mas, harga disana bisa dibilang murah
kalo disini soto lamongan rata rata 15 rebu, belum minum sama bayar parkir :v ya kalo dihitung hitung sekali makan habis 20rebuan :v

tempatnya juga bagus tuh, ada patung patung nya...
eh patung singanya gak mas andi dudukin kan :v hahaa

Balas Hapus
.

Wah, bersepeda yang ok!
Yogya memang top buat bersepeda dan tentunya sarapan pagi disekitaran jalan malioboro.
Ah.. Sampean bikin saya kepingin saja mampir ke yogya he..he

Balas Hapus
.

wahhhh emang mantep nih, .....
Gowesssss pas capek dan udah perut keroncongan sarapan dengan yang Soto .... JOSSSS

Balas Hapus
.

Setelah baca soto rempahnya ini yang bikin saya tes liur dan perut pun berbunyi, kalau sudah begini siapa yang tanggungjawab, coba.. Hehe

Akhirnya saya hanya bisa minum air putih untuk menghibur perut yang bunyi terus. :)

Balas Hapus
.

Waaah, gowes sehat ini judulnya, hehehe

Balas Hapus
.

Habis gowes makan nasi banyak trus harus gowes lagi, mas. Hihiii. Aku suka soto lamongan mas. Enak

Balas Hapus
.

Harga makanan di daerah mas emang relatif murah-murah.
beda ceritanya kali di Bogor udah mahal mahal banget.
mau lah pindah kesana .. beli soto :)

Balas Hapus
.

Unik ndi, mangkoknya pake siwur kelapa yang kayak kepalanya jelangkung geheh
Tapi itu tempenya kok kayak bentuk tempe rebus yaaa

Balas Hapus
.

Joss aku juga ngerasain hal yang sama di yk, saran aja nih coba semepetin gowes sampai jakal atas pasti udaranya sejuk dan nyaman banget.
.
ehh itu beneran ada soto seharga 6k ? patut dicoba sih

Balas Hapus
.

Wah, kalau disini harga Soto delapan ribu mas. Itupun yang campur, kalau misah harganya jadi sepuluh ribu. Bisa aja sih itu campur sama pisah harganya beda, makanya punya mas lebih mahal, hehe.

Nah kalau angkringan sih emang terkenal lebih murah kan mas, wajar lah kalau di warung lebih mahal daripada angkringan.

Balas Hapus
.

Emang sih ya jogja selain kota yang penuh kenangan kulinernya pun murah", btw soronya bikin ngiler eh itu *slurp

Balas Hapus
.

Salah satu hal yang paling saya suka dari Jogya adalah makanannya yang enak dan murah. Sotonnya murah ya...etapi saya belum pernah nyoba soto rempah. Lain kali harus dicoba nih...

Balas Hapus
.

kunjungan balik mas... hehe
asyik nih di yogya sepedaan...
doakan bisa

Balas Hapus
.

Hehe..iya itu mba, mungkin papan untuk harganya udah lama belum diganti :(

Balas Hapus
.

Hehe..Iya disini emang murah, tapi yang lebih mahal banyak..hehe
Kalau ke Jogja, harus nyoto nih..he

Balas Hapus
.

Soto lamongan ada juga di daerahku, tapi aku belum pernah mencoba rasanya
kalau gitu aku mau coba dulu deh
setelah jalan pagi di hari libur

Balas Hapus
.

Aamiin, terima kasih. Semoga Mas Rifqi juga selalu sehat agar terus bisa berbagi dan menginspirasi lewat tulisan ya :)

Oh, yah. Wah waktu di Jogja kemana aja nih, Mas ?
ayo sepedahan bareng ? :)

Balas Hapus
.

Hehe..secara Mas Djangkaru mah udah bosen sama kulinernya ya..hihi
Aku juga salut sama yang buat, keren-keren ya, Mas. Ayo keliling ke krapyak mas.he

Balas Hapus
.


Hayo ngiler, di elap ahh. Nanti kotor kena kolom komentar..haha
Sama rasanya aja ah, sama ibunya nanti di omelin sama pabaknya..hihi

Balas Hapus
.

Ayo ke Jogja lagi mas.he
Nanti jangan mupeng ya :D

Balas Hapus
.

Oh, yah ? Wah kenangan sepedanya ya, Mas ?
wah wah, dulu dijual harga berapa dulu ?
Ko jadi penasaran pengen liat sih .. hehe

Betul, badan sehat, perut kenyang..hehe

Balas Hapus
.

Oh, yah ? Wah kenangan sepedanya ya, Mas ?
wah wah, dulu dijual harga berapa dulu ?
Ko jadi penasaran pengen liat sih .. hehe

Betul, badan sehat, perut kenyang..hehe

Balas Hapus
.

Iya mas, unik dan tentu bikin nagih.hehe
kalau mau buka warung, harus lebih go green, Mas.

Balas Hapus
.

Widiuuuwww... Melihat tampilan soto lamongan, saya jadi pengen jilatin layar monitor saya, om... Hahaha.

Gowes di pagi hari memang asyik. Selain berolah raga, kita juga bisa menikmati pemandangan sekitar.

Balas Hapus
.

Pasti mas Azhie, hayo ngiler ya ? hehe
Wah lumayan mahal ya, Mas. Tapi percaya sih, karena setiap kota beda-beda ya..

Haha.. gak mas, takut aku. Takut tiba-tiba singanya lari :D

Balas Hapus
.

Terima kasih, Mas Indra Hidayat :)
Nah itu mas, asik dan menyenangkan. Makan sembari menikmati pemandangan pagi :)

Ayo mampir mas, nanti bersepeda bareng .. hehe

Balas Hapus
.

Joss pake gandos..hehe
Jangan ngiler ya.. :D

Balas Hapus
.

Ayo segera ke dapur, ambil nasi dan lauknya, Mba..hehe
Kalau mau sotonya, monggo diambil tapi satu aja ya.. :D

Pasti belum masak ini :)

Balas Hapus
.

Iya, Mas Ali. Sarapan sehat pula..he

Balas Hapus
.

Hihi.. oh, ya. Wah penikmat soto juga ternyata ya.hehe
Biasanya berapaan, Mba harganya ?

Balas Hapus
.

Boleh, sini-sini..he
Kalau aku ke Bogor bisa lah di ajak keliling nih, Mas ?
Penasaran sama Bogor :)

Balas Hapus
.

Betul, Mba.
Haha..masa kayak jelangkung sih. Ini mangkuk mba :)

Itu di goreng lho, Mba. Dan gorengnya juga dengan minyak yang banyak terus lama lagi. Jadi harus sabar kalau mau nunggu :)

Balas Hapus
.

wikkkk nem ewu....
mas aku tgl 26-27 ke jogja,,,, main yuuuk

Balas Hapus
.

Sering kalau ke Jakal mas, tapi kalau pake sepeda belum pernah, karena jaraknya yang lumayan jauh, Mas. Jadi aku perlu waktu dan tentunya cuaca. Karena akhir-akhir ini kalau sore suka hujan..he

Betul, Mas. Ayo makan soto :)

Balas Hapus
.

Hehe..iya mas, mahal :)

Iya murah, tapi kalau di angkringan makannya banyak mahal juga mas..haha

Balas Hapus
.

Setuju, selama 3 tahun lebih aku sangat betah di Yogyakarta :)
Ayo makan makan.hehe

Eh, iya. Tadi aku mau komen di blog,Mba Fitriana ko aga susah ya ? Apa gak ada kolom komentarnya ?

Balas Hapus
.

Betul, Mba Nurul Fitri Fatkhani :)
Tempat wisata juga banyak pilihannya..he
Iya, harus dicoba. Nanti nyesel kalau gak nyoba.. hehe

Balas Hapus
.

Terima kasih, Mas :)
aamiin..
di tunggu kedatangan ke Jogjanya, Mas :)

Balas Hapus
.

jadinya yang 2000 nasi ituh, jadi 8000 kan, karena soto 6000+ nasi. kali ya

Balas Hapus
.

Abis goes pasti laper yak? Apalagi kalo jauh.

Pertama penasaran banget sama soto rempah. Laris banget sih. Ternyata setelah dilihat penampilannya biasa aja sih. Tapi harganya masih tergolong murah dan mungkin rasanya enak, makanya laris manis.

Kalo ditempatku makan di pinggir jalan aja harganya sekitar 15rb - 45 rb. Es teh sekitar 4rb - 8rb.

Balas Hapus
.

Wah , abis sepedaan langsung sarapan.

Patung dan sepeda-nya keren , mas!

jadi pengen main ke yogya.

Balas Hapus
.

Soto emang makanan paling ngangenin, seger dan murah, wah banyak referensi tempat Nyoto nih.thanks mas Andi.

Balas Hapus
.

Enak ya di sana makanan serba murah..
Soto ditempatku sini seporsi itu 15rbuan..
Mungkin bisa lah bilang ke pemiliknya untuk buka cabang di jayapura..
Setidaknya kalau saya main ke jogja, sudah ada beberapa tempat tujuan.. Hehehe

Balas Hapus
.

Harganya cukup murah itu, kalo di Pekanbaru soto + nasi aja udah 10 ribu, belum lagi minumnya. Itu kalo soto yang dijual di tempat biasa, kalo tempatnya udah terlihat bagus, bisa Rp15.000 untuk soto + nasi.

Eh, tapi ada beberapa kata yang aku perhatikan. Antara lain 'rempat' yang sepertinya itu kata 'rempah', lalu ada 'Rp.5.00,-' kalo ga salah penulisan rupiah dan titik itu digunakan untuk memisahkan tiga angka dibelakangnya, misalnya Rp1.000, bukan Rp10.00. Tadinya aku sempat bingung itu 5 rupiah atau 500 rupiah.

Maapkeun kalo salah.

Balas Hapus
.

sebelumnya aku mau ngomong, "Wiiiih templatenya baru nih" wkwkwkwk

Kalau mas Andi cerita sepedaan di Jogja yang asri, pasti abis itu gak lupa mampir untuk makan deh, entah bakso, mie ayam, dan sekarang Soto, hihihi jadi laper nih.

Murah juga ya harga sotonya,hehehe

kalau aku makan mau menjepret dan bikin artikel saat ini masih malu mas, ya mungkin nanti eh bikin postingan tentang makanan biar terbiasa dan gak malu pa ngejepret makanan di meja warung.

Balas Hapus
.

kota sebagai tempat kelahiran ibu saya mah kurang hapal sangat pada kota ini sejak nggak tembus masuk UGM saya sangat jarang pulkam, makanya kalau ada sajian jogja langsung nyess...hati

Balas Hapus
.

kebiasaan ng G+ in...sudah juga pada artikel ini

Balas Hapus
.

sedihh dulu pas zaman kuliah di semrang jarang turing ke jogja... sekali turing ehh ke malioboro -_- rekomendasi tempat jogja yang nuansa alam dong mas... heheheh

Balas Hapus
.

Wah, jangan sampe gak dicoba tuh.. siapa tahu enak..he
Nah pasti pagi tadi habis jalan-jallan, cocok tuh :)

Balas Hapus
.

Haha..jangan nanti kalau kstrum gimana, aku gak tanggung jawab lho :D

Nah itu dia, selain itu jadi lebih hafal sama jalan yang baru saja kita lalui :)

Balas Hapus
.

Wah ada acara apa nih, MAs Ikrom ?
Rencana mau ke tempat mana aja nih mas ?

Balas Hapus
.

Mungkin aja sih, tapi ya sudahlah...hehe

Balas Hapus
.

Haha..tahu aja, Mba. Kalau jauh harus bawa bekal aku .. :D

Iya biasa aja kok, nah itu mungkin sedikit terjangkau dibandingkan di daerah teman-teman ya.

Luhmayan juga ya, Mba :D

Balas Hapus
.

Iya dong..hehe

Terima kasih, Mas Agung :)
Ayo main mas.

Balas Hapus
.

Sama-sama Mba Prima Hapsari :)

Sebenarnya masih banyak, tapi itu yang biasa aku beli aja kalau pulang gowes..he

Balas Hapus
.

Iya, Mba Ginty :)
Wah-wah, lumayan juga ya, Mba.
Cakep, lebih baik sedari sekarang di list nanti kalau main ke Jogja tinggal buka list, sudah ada semua, kan enak :)

Balas Hapus
.

Ah Jogja.

Gowes. Di Jogja. Sarapan Soto. Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kita dustakan

Balas Hapus
.

Terima kasih, Mas Wahyu koreksinya. Udah aku betulin ko :)

Oh yah, iya sih kalau tempat bisa memperngaruhi harga ya.

Balas Hapus
.

Anda salah ! haha

Templateku gak baru kok mas, masih yang lama. Cuma aku ganti warna aja, mungkin kalau yang tidak paham dengan bentuknya serasa ganti, padahal mah enggak..hehe

Pasti, Mas Santo Ahmad. Karena makan membuat tenaga bertambah..haha
Kebetulan kalau mau gowes pas sekali belum makan, jadi makannya sepulang gowes..hehe
Ayo makan mas, ada soto atau gk ?

Terbilang murah emang, tapi yang leibih mahal banyak..wkwk

Nah harus gitu, aku sendiri kalau ngerasa gak enak, izin aja..hehe

Balas Hapus
.

Oh, gitu. Sering dong Mang Lembu ke Jogja ya ?
Nyess, kaya es ya mang..haha

Balas Hapus
.

Aku kurang paham yang ini, Mang ?

Balas Hapus
.

Sekarang sudah tampilan baru lho Malioboronya Mas Bay. In shaa Allah nanti ya kalau habis jalan-jalan kesana..he

Balas Hapus
.

Sangat betul, Mas Alfan Ismail :)

Balas Hapus
.

Betul sekali Mas Fadhil, harus banyak-banyak bersyukur nih :)

Balas Hapus
.

Wah wah nanti jogja makin banyak patungnya dong. Banyak patung = berarti banyak spot foto. Hehehe

Kalau di Jakarta mah soto seharga 6rb sampai 8rb itu udah murah banget kali ya mas. Karena harga normal soto ya dua kali lipat dari harga itu, yaitu sekitar 16rb hahaha.
Untuk gorengan pun disini 1rb sampai 2rb.

Itu kriuk2 yang d soto lamongan, namanya koyah kalau di daerah aku. Tapi gak tau di daerah lain namanya apa :D
Bikin soto kerasa gurih emang

Balas Hapus
.

Kunjungan perdana kayaknya disini, lam kenal ya mas...

Pernah sekali main ke Jogya dan sempet mampir ke malioboro, tapi karena waktunya mepet cuma sehari jadi gak sempet menikmati keindahan Malioboro apalagi kulinernya. Entah kapan lagi ada kesempatan main sana....

Balas Hapus
.

Wah ketahuan suka eksis juga nih...hehe
Sebenarnya ini di daerah Krapyak, ke dalam juga, daerah warga gitu, tapi ada patungnya :)

Haha..wah sampe dua kali lipatnya ya. Sama sih, disini ada yang harga segitu ada juga yang masih lima ratus.

Aku malah baru tahu kalau itu namanya koyah.. koyah..haha
Makannya aku sebut kriuk aja, taunya itu..hihi
Betul, serasa lebih enak aja gitu, kalau dikasih koyah :)

Balas Hapus
.

Wah soto...bikin kangen nih. Buat orang yg terdampar di perantauan seperti saya, melihat foto makanan / jajanan khas Indonesia itu beneran bikin kangen wkwkwk. Di tempat saya merantau juga banyak jajanannya, dan harganya ga kalah murah, meskipun kalo soal ngangenin tetep gak akan bisa ngalahin rasa kampung halaman hahaha

Balas Hapus
.

Salam kenal juga ya, Kang Maman :)
Namanya sama, kaya gowesku ini bersama Maman..he

Kapan itu, Mas ?
Kalau sekarang sudah wajah baru di Malbornya, jadi beda kalau kesini lagi Mas Maman.he

Semoga ada waktu, rezeki dan kesempatan bisa datang lagi ke Yogyarta ya, Mas :)

Balas Hapus
.

Kayaknya hobinya sama dengan saya yang suka gowes sambil kuliner icip-icip di warung mas...hehe...
maksud hati ingin nurunin lemak tubuh malah setelah olahraga santapannya soto berlemak kesukaan saya juga...haha

Balas Hapus
.

Wew Soto Lamongan paling famous memang haha...

Balas Hapus
.

sepedaan mang asyik, di jogja lagi. huhuhu, akan slalu ada tempat yg dituju bwt nge gowes

Balas Hapus
.

Kalau dulu waktu masih muda (read:masih sekolah) mungkin masih kuat untuk dowes jauh2, kalau sekarang, kayaknya jarak dekat juga nggak kuat deh.. hehe

whoaa, aku team yang kalau makan soto, paling anti banget kalau nasinya langsung dicampur gitu, keliatan agak gimanaa... hehehe

mau tahu baksonya juga :"
ena banget itu.. aaahhh

Balas Hapus
.

Jogja memang penuh kenangan mas,,
Kenangan saya begitu banyak saat di jogja, ga bisa dilupakan...

Balas Hapus
.

gowes itu olah raga yg hemat mas....apalagi ngelilingi patung patung arca yg ada di jantung ibu kota pasti menambah gairah semakin kencang ngayuh sepeda gowes...lanjut sarapan pagi menu khas daerah setempat....

Balas Hapus
.

Ini tulisan racun banget deh bikin kepengen liburan ke Jogja nanti, padahal lagi targetin nabung, duh. Kayaknya kalo udah tua nanti mau tinggal di Jogja aja deh, makanannya murah-murah 😂

Balas Hapus
.

hehehe lha tak kirain ganti kok mas, kan beda aja.

ya nanti kalau mau jepret ijin dulu biar hasilnya maksimal, kan gak nyolong-nyolong mas, hehehehe.

Balas Hapus
.

Pasti ya, makanan indo itu tetap ngangenin mas..he
Betul kalau masalah murah bisa di dapat dimana aja ya, tapi kalau masalah ngangenin itu susah.he

Balas Hapus
.

Wah keren nih, *tos* dulu Mas Farhan :)

Haha.. jadi gagal ya, Mas :D

Balas Hapus
.

Haha.. doyang banget berarti nih Mas Vyan :)

Balas Hapus
.

Huhuhu.. betul sekali, meskipun dekat atau jauh tetap menyenangkan kalau di Jogja :)

Balas Hapus
.

Hehe.. tapi kalau di biasakan sepertinya bisa kuat lagi.. hehe

Iya lebih baik di pisah ya, tapi setiap orang memang punya gaya tersendiri untuk makan..hehe

Betul, temenku aja sampe ketagihan gitu.. :D

Balas Hapus
.

Wah kenangan apa nih, Mas ?
Asem, manis atau apa ? haha

Kalau yang pernah merantau di Jogja, terus sekarang tidak lagi, rasanya pasti kangen banget :)

Balas Hapus
.

Hemat dan menyenangkan mas..he
Memang mentap ya mas, masih pagi pula :)

Balas Hapus
.

Haha.. gak ko, santai ini gak pake racun bahkan dengan baiknya aku menyajikan soto di tulisanku ini. Monggo di makan.. :D :D

Nah itu, aku juga ada rencana dan pengen banget punya rumah di Jogja mas.. asik dan nyaman, apalagi kalau sudah punya keluarga. Semoga disegerakan ke Jogja ya, Mas Samuel Debritto :)

Balas Hapus
.

Iya beda warnanya aja ko mas..he

Kalau bisa sekalian sama si penjualnya jepret mas. Kan lebih mantap, ada kenangannya pula..hehe

Balas Hapus
.

Aku lebih penasaran sama soto rempahnya itu.. asik kyknya makan gx di mangkok gt ya :)

Balas Hapus
.

Aku rasa sama sih rasanya, tapi memang sedikit unik aja karena tempatnya. Tapi biasa atau tidak kita tidak tahu gimana kalau gak nyoba sendiri. Lebih baik ayo dicoba..hehe

Balas Hapus
.

Wih, lama ga gowes. Di blog aku juga ada loh beberapa cerita saat gowes, :)

Eh, tapi di sana soto murah banget ya, cuman 6ribu. Pantas saja sih soto Rempah bisa rame gitu, pasti enak rasanya. Habis gowes makan soto, rasanya surga banget brooo

Balas Hapus
.

Oh, ya. Boleh deh nanti aku tengok lagi ke blognya mas Elang :)

Nah itu alasannya kenapa rame, selain enak, murah pula.. haha
Betul mas Elang, wuenak tenan pokoknya :)

Balas Hapus
.

lihat daftar harganya kok murah-murah banget yaa, di daerah saya ada juga yang jual soto lamongan dll, tapi gak semurah itu, mungkin mahal karena ongkir, hahaha

kayaknya saya baru pertama mampir disini, slam kenal yaa, visit back mungkinblogdotcom

Balas Hapus
.

wih wih wih, sehat ya mas gowes pagi.. :)
Waduh, ngeliat soto lamongan jadi pingin. apalagi harganya murh banget itu astaga.... belum merasakan enaknya, hanya membayangkan :")

Balas Hapus
.

Seru nih kayaknya mas kalau kita gowes bareng. saya juga sering gowes juga tapi sendirian aja soalnya saya masih baru tinggal di jogja jadi rutenya cuman sekitaran malioboro dan ugm doang.

Balas Hapus
.

Haha.. emang dikirim ya, Mba ?
Ko pake ongkir segala.. :D

Setiap daerah mungkin berbeda-beda :)

Sebelumnya aku yang mampir ke mungkinblog, kemudian mba Iva mampir kesini. Terima kasih ya :)

Salam kenal juga :)

Balas Hapus
.

Hehe..iya mas Jev :)
Ayo silahkan di cicipi sotonya, Mas :)

Hati-hati mas kalau dibayangkan terus nanti kepikiran :D

Balas Hapus
.

Oh, ya. Wah ayo mas..he
Mas Bimo Jogjanya dimana ?

Balas Hapus
.

Wah mas jadi laper liat soto-sotonyaa hehe. Unik ya sotonya di sajikan dalam batok murah lagi, bisa jadi rekomendasi kalau lagi liburan ngirit ke jogja haha

Balas Hapus
.

Wah aku mau deh diajak keliling sekalian gowes!...
Badan sehat juga kuat!
Besok2 kalo mampir sana aku kabarin ya!...

Balas Hapus
.

Aku juga memikirkan komentar yang sama :D

kalau aku bakal tanya, kan kasihan pengunjung lain. Tapi terbilang murah juga sih,,,
asik banget yaaa gowes yang awalnya tak tentu arah, bisa berakhir kenyang...Aduh kangen soto :(

Balas Hapus
.

Pagi-pagi bersepeda memang asyik mas. Pengen juga ke jogja kalau memungkinkan, tapi jauh juga dari palembang. Gak punya pintu ajaib sih :)

Balas Hapus
.

Seru sekali mas perjalannya, jujur saya sudah lama belum nyobain lagi jalan jalan dengan menggunakan sepeda, apalagi bareng dengan teman suasana seperti itu yang membuat saya jadi rindu akan kebersamaannya.

Balas Hapus
.

kok aku malah naksir sama sepedamu tho mas mas hahah,,apik keceh

Balas Hapus
.

Seru banget ya mendatangi tempat-tempat ini sambil bersepeda. Eh, mungkin gak ya kalau harga soto itu sudah naik tapi tulisannya sudah diganti? Hihihi. Pernah mengalami soalnya, dan rasanya lumayan "menjebak" :p

Balas Hapus
.

Hehe..ayo makan biar gak laper.
Unik memang, dan jarang ada yang menggunakan gini menurutku. Di list tuh, nanti kalau ke Jogja bisa mampir :)

Balas Hapus
.

Hehe... ayo Mas Adhi :)
Oke, siap..

Balas Hapus
.

Semoga bisa ya, Mas. Biar bisa halan-halan nanti di Jogjanya :)

Di niatkan dulu aja, Mas. In shaa Allah gak ada yang gk mungkin, siapa tahu juga bisa ketemu nanti.. Kan bisa nyoto..haha

Balas Hapus
.

Ayo gowes lagi, Mas Riza. Iya masa-masa dengan teman memang menyenangkan dan membuat rindu ingin berkumpul ya..

Balas Hapus
.

Haha.. suka sepedahan juga ya, Mas. Ayo gowes gowes..he

Balas Hapus
.

Mungkin saja, Mba Indi. Karena sibuk dan belum ada waktu buat ganti. Nah itu dia, jlebnya pas bayar..:(

Wah pengalaman juga ya, semoga gak ada terjadi lagi :)

Balas Hapus
.

Sudah lama kah mas tinggal di Jogja ?
Semoga bisa bersilaturahmi ya, Mas :)

Balas Hapus
.

Duh udah lama banget mas, mungkin lebih dari 20 thn lalu waktu itu ada acara nikah adik ipar di godean, yogyakarta.. semenjak itu blm pernah maen sana lagi.

Balas Hapus
.

Dari Malioboro ke Krapyak ini dekat ya? Eh atau Krapyak itu adanya di Malioboro juga? Patung2nya cakep2. Kalau ke Jogja lagi jadi pingin ke sana juga.

Balas Hapus
.

Nah itu ya, aku rasa banyak berfikir seperti itu..hehe

Ayo, makan soto :)

Balas Hapus
.

Dekat ko, kalau pake motor gak ada kayaknya 15 menit.
Bukan, Mba. Krapyak itu komplek pesantren, kalau Malioboro beda lagi.
Boleh tuh, nanti sekalian cekrek..he

Balas Hapus
.

Pernah sekali ke Jojga dan itu pun cuma semalam. Jadi pengen mengulang perjalanan ke sana.

Balas Hapus
.

Wah, lama banget atuh ya kang :)
Ayo sempetin ke Yogyakarta lagi, Kang :)
Sekalian jalan-jalan nantinya..hehe

Balas Hapus
.

Ayo ke Jogja lagi, Mas. Sekalian exsplor Yogyakarta :)

Balas Hapus
.

Disni kalo abis gowes di car freeday hari minggu pilihan menunya somay bubur ayam nasi kuning Pokoknya masih makanan ringan entar siangan baru deh mulai buka menu makanan agak berat.

Cowo mah kebanyakan gitu kenak tepu harga nyantai aja yaaa mikirnya positif. Kalo aku sama tementemen cewekuuu beeeeeeee ngomelan mencak mencak rak jelas pasti

Balas Hapus
.

Sebenarnya menu seperti itu juga ada, Mba. Tapi aku sama teman-temanku suka ganti-ganti gitu. Alasannya biar gak bosan..hehe

Nah, biasanya anak laki-laki tuh makannya di rapel. Anak kost kan..hehe
Makan pagi, makan lagi ya malam..haha

Haha.. Hust, suatu saat nanti ngomel dan mencak-mencak seperti itu akan diredakan oleh suaminya..hehe

Balas Hapus
.

kalo ditanya harganya, mah intinya biaya hidup di Jakarta Muahal.. udah paham kan berapa harganya hihihihi

Balas Hapus
.

What??? 6000 jadi 8000, itu kalo urusannya sama emak2 bisa selesai ba'da Isya, hahaha 😂.. Untung saja pedagangnya ketemu sama mas Andi yang bijak.

Mas, tanggung jawab lagi nih, bikin ngiler aje, Soto harganya kok murah2 tenan je... Nggak kayak di Jakarta dan Depok



Balas Hapus
.

Hehe..paham-paham, Mas. Tapi sesuai pendapatan juga ya, Mas :)

Balas Hapus
.

Haha... sudah disikat sama emak-emak itu ya, Mas.
Hehe..Bisa aja mas Hendra..

Ayo ke Jogja makannya mas, biar bisa menikmati Soto Lamongan dan Rempah :)

Balas Hapus
.

Ngiler sama semua kulinernya Mas...

Balas Hapus
.

Ayo maen ke Jogja mas, biar bisa menikmati kulinernya :)

Balas Hapus
.

soto 8rban aslik murah banget, setiap mampir ke jogja selalu bingung mau makan apa, banyak makanan murah-murah apalagi kalo deket kAmpus 😂😂
coba aja di Surabaya kayak gt

Balas Hapus
.

Iya murah, apalagi yang rempah itu 6rb..hehe
Sebenarnya kalau kita cari apa yang kita cari pasti ada, udah gitu murah lagi..hehe

Balas Hapus
.

Jogja makin nyaman mas tanpa kesyirikan aamiin moga Jogja makin nyaman mas Andi.. wah itu sotonya yg seger hehe manteeep

Balas Hapus
.

Aamiin..
Seger dan murah ya, Mas :)

Balas Hapus