9 Kunci Sukses Dunia dan Akhirat ala Kang Puji Hartono


www.andinugraha.com - Malam tahun baru identik dengan kembang api, hura-hura dan masih banyak lagi yang lainnya. Dan yang sudah pasti jalanan akan macet. Beberapa teman-teman saya banyak yang mengajak untuk pergi ke 0 KM, jalan-jalan. Tapi hati ini tak tertarik, saya hanya ingin mendekatkan diri setidaknya di malam pergantian tahun dapat ilmu yang bermanfaat.

Beberapa kali watshaap di handphone bunyi terus, terutama grup. Tak lama sahabat saya Vuldi mengirimkan gambar yang berisi tentang TABLIGH AKBAR dengan tema "Mendorong Daya Ummat untuk Indonesia yang Lebih Baik." Dimana acara tersebut dilaksanakan pada malam pergantian
tahun 2016. Ada 4 pembicara yang mengisi, pertama ada Bapak Imam Priyono (Wawali Kota Yogyakarta), Ustadz Sholihuddin, Kang Puji & Kek Zamil Azzaini.

Tak pikir panjang sayapun membalas pesan dari Vuldi, in shaa Allah saya ikut. Sudah lama lihat Kek Zamil hanya lewat Youtube saja dan beberapa tahun kebelakang saya sempat menuliskan ingin bertemu langsung dengan Kek Zamil dan bisa berjabat tangan. Nah di malam pergantian tahun ini saya berharap bisa ikut hadir dalam TABLIGH AKBAR yang bertempat di Masjid Syuhada beralamat Dl. I Dewa Nyoman Oka, Kotabaru, Yogyakarta. Saya dan Vuldi tidak tahu tempatnya tapi rasa ingin hadir sangatlah tinggi. Sebelum pemberangkatan sorenya dapat BBM dari sahabat saya, Sutik. Dia menanyakan mau ikut bareng Vuldi tidak nanti ? Saya jawab in shaa Allah ikut.

Sutik sedikit bimbang karena dia juga diajak jalan-jalan sama temannya. Saya pun menunggu jawaban dia kalau mau ikut suruh ke kost saja. Sebelum sholat Isya, Vuldi sudah menghamipiri saya di kost, demikian juga dengan Sutik yang sudah menggunakan peci dan siap untuk ikut TABLIGH AKBAR. Namun sebelum itu saya dan teman-teman pergi ke masjid terlebih dahulu. Setelah selesai, tanpa ada kata bingung karena belum tahu alamat Masjid Syuhada. Saya pun meminta bantuan kepada mbah Google Maps untuk menunjukan jalan untuk mencari ilmu.

Setelah bermacet ria di jalan akhirnya sampai juga di masjidnya. Padahal kalau sudah sampai lokasi masjidnya tidak terlalu jauh, karena saya juga sering lewat jalan tersebut. Karena tidak tahu jadinya sedikit susah mencari masjidnya. Setelah sampai langsung memalkirkan motor, mengisi formulir hadir dan dikasih juga minum plus roti. Alhamdulilah, tahu saja yang belum makan.. hehe..

Setelah sampai di lantai atas Masjid Syuhada, subhanallah begitu banyak para remaja yang hadir. Sampai-sampai saya, Vuldi dan Sutik duduk paling belakang, itupun sangat susah duduknya. Tapi setengah jam kemudian Pa Imam Priyono (Wawali Kota Yogyakarta) izin pulang setelah menyampaikan materi karena ada tugas yang harus dilaksanakan. Tapi sayang sekali saya dan teman-teman belum bisa mendapatkan ilmu dari pa Imam, karena sampai di masjid cukup telat.

Tapi Alhamdulilah masih bisa mendapatkan ilmu dari Ustadz Sholihuddin, Kang Puji & Kek Zamil Azzaini. Namun kali ini saya akan berbagi 9 Kunci Sukses ala Kang Puji. Sebelumnya saya tak asing dengan namanya, karena beberapa bulan yang lalu Ibuku pergi ke Bantul bersama ibu-ibu pengajian untuk menghadiri pengajian di salah satu pesantren di Bantul, dan ternyata itu pesantrennya Ustadz Puji Hartono (Pengasuh Pesantren Masyarakat Yogyakarta). Beliau lebih akrab disapa Kang Puji.

Akhirnya tidak hanya bisa mendapatkan ilmu dari Kek Zamil saja, tapi dari Kang Puji juga. Cara menyampaikan materinya sangat bagus, karena diselingi dengan canda tawa agar yang ngantuk bisa semangat lagi. Oke, dari pada nunggu-nunggu. Berikut 9 Kunci Sukses Dunia & Akhirat ala
Kang Puji.

9 Kunci Sukses Dunia & Akhirat ala Kang Puji

1.Hidup Hanya Menunggu Waktu Sholat dan di Sholatkan
Sholat adalah tiangnya agama. Sampai sekarang coba cek umur anda sudah berapa ? Apakah sholatnya masih bolong-bolong atau tidak. Ayo intropeksi diri, beliau selalu sholat tepat waktu dan berjamaah. Kita yang masih muda jangan sampai kalau, selagi masih muda manfaatkanlah umur kita dengan sebaik-baik. Karena amalan yang pertama kali di hisan adalah sholat. Jika sholatnya baik in shaa Allah akan baik juga semuanya.

2. Berpegang Wudhu
Berpegang wudhu atau menjaga wudu, Kang Puji sendiri selalu menjaga Wudhunya, ketika batal maka mudu lagi. Kang Puji sudah mempraktekannya selama bertahun-tahun. Jika kita bisa menjaga wudhu akan terasa nyaman dan ada dalam keadaan suci. Ketika diperjalanan mendengar suara adzan kita bisa langsung melaksanakan sholat.

3.Sholat Dhuha (minimal 4 rakaat)
Untuk anda yang belum terbiasa sholat Dhuha, mulailah dari sekarang dibiasakan. Karena sholat Dhuha merupakan sholat pembuka rezeki, luangkan waktu untuk berdoa setelah sholat Dhuha. Waktu sholat Dhuha adalah waktu terbit matahari + 15 menit, dan batas akhir waktu dhuha adalah waktu dzuhur – 15 menit. Sesibuk apapun kita luangkanlah beberapa menit untuk sholat Dhuha. In shaa Allah waktu yang kita luangkan akan digantikan yang lebih baik lagi oleh Allah Swt.

4. Sholat Tahajud
Allah SWT turun ke langit dunia saat di sepertiga malam terakhir.

"Barangsiapa yang memohon ampun kepada-KU,akan Saya ampuni,Barangsiapa yang memohon sesautu kepada-Ku akan Saya Kabulkan"

Yang keempat ini memang sedikit berat karena saya sendiri masih belum terbiasa namun bukan berarti saya tak mau berusaha. Banyak yang sudah membuktikan kedahsyatan sholat sunnah yang satu ini. Tapi marilah kita berusaha, sebelum tidur niatkanlah untuk bangung sholat tahajud dan jangan lupa memasang alarm.

5. Sedekah Sebelum jam 9 Pagi
Cara ini merupakan salah satu rahasia sukses kang Puji. Beliau selalu sedekah sebelum jam 9 pagi. Dan katanya setiap mengisi pengajian tak lupa untuk bersedekah. Ketika malam itu saya pun melihat sendiri kang Puji sedekah sebesar Rp. 625.000,- Sedelah tidak harus besar yang penting ikhlas. Dengan sedekah bisa jadi membukakan pintu rezeki kita. Terkadang sedekah juga juga harus dipaksa, dengan demikian jadi biasa dan harus istiqomah. Beliau juga mengajarkan sedekah setiap hari seribu. Dengan sedekah ini tentunya tidak akan berat, atau tidak anda bisa menabung setiap hari seribu. Nantinya setiap setelah satu bulan berikan kepada yang mebutuhkan.

Berikut ada salah satu contoh manajemen langitan dari Kang Puji yang ditulis oleh @kangrendi. Saya kutip dari bismillahpreneur.blogspot.co.id;

"Dan jangan lupa, kalo bisa pagi-pagi sebelum jam 9 sedekah. Kalo pagi saya suka deketin pedagang soto. Saya borong pagi itu, misal kalo dia lsaya semua biasa dapat 350 ribu, saya beli 400 ribu, hari itu dia keliling bagi-bagi sotonya gratis! Dan itu dilsayakan sebelum jam 9 pagi. Alhamdulillah, bisnis rasanya ringan sekali, mudah.”

***

Sedekah sebelum jam 9 pagi, hmmm… Rasulullah pun sebenarnya sudah mengajarkan kepada kita, ketika pagi hari kita bersedekah, malaikat mendoakan kemudahan rezeki untuk kita. Ketika kita kikir di pagi hari, malaikat mendoakan tertahannya rezeki bagi diri kita. Sangat logis dan sangat bermakna, setiap pagi hampir semua kita bersiap-siap untuk mencari rezeki. Alangkah dahsyatnya jika sebelum kita sibuk mencari rezeki, kita disibukkan untuk membagi terlebih dahulu rezeki yang kita punya. Di sanalah ternyata kunci keberkahan: mengawali pencarian rezeki dengan ridha Allah terlebih dahulu, berbagi sebelum mendapatkan.

6. Baik dengan Keluarga
Tentunya para pengusaha yang sudah sukses baik dengan keluarganya, kalau semakin hari usaha yang sudah dijalankan tiba-tiba turun atau bahkan bangkrut mungkin ada masalah dengan keluarganya.

7. Maafkan Semua Orang yang Pernah Menyakiti Kita
Terkadang kesalahan orang lain sangat mudah kita ingat, sedangkan kesalahan kita terhadap orang lain jarang sekali diingat bahkan lupa. Nah mulai sekarang berdoalah, dan maafkan semua kesalahan orang lain yang pernah menyakiti kita. Doakan agar dia bisa lebih baik lagi hidupnya. Bisa jadi dengan tidak memaafkan kesalahan orang lainlah yang menghambat rezeki ataupun kesuksesan kita. Saya yakin anda bisa melaksanakannya.

8. Pikirkan dan Bantu Orang Lain
Hidup yang kita jalani akan indah jika kita bisa membantu orang lain. Jangan terlalu memikirkan kepentingan pribadi saja. Karena orang lain juga penting, dikala kita susah ataupun senang jangan sampai lupa dengan orang lain.

9. Selalu Berdoa
Tentunya setiap usaha yang kita lakukan harus dibarengi dengan doa. Doa dapat mengubah takdir hidup kita, terutama mendoakan orang tua, Ibu.

Itulah 9 point kunci sukses dunia dan akhirat yang dapat saya bagikan dari tabligh akbar dimalam pergantian tahun. Semoga bermanfaat.

Yogyakarta, 31 Desember 2015

January 02, 2016 - 1 komentar

1 komentar untuk 9 Kunci Sukses Dunia dan Akhirat ala Kang Puji Hartono.

Terima kasih sudah membaca diary kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya. Komentar dari sahabat diary mahasiswa merupakan sebuah apresiasi besar untuk penulis :)


Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar