Shalat Dhuha Bisa Membuat Rezeki Lancar


DiaryMahasiswa.comBanyak dari kita yang sudah merasa mati-matian dalam mencari rezeki, tetapi hasil yang diperoleh pas-pasan. Jika kita terlalu menuruti semua keinginan, maka tidak akan pernah ada kata cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tetapi tidak ada yang ngelarang dan tidak ada salahnya juga jika kita ingin memiliki rezeki yang lebih banyak sesuai apa yang kita inginkan.

Terkadang kita berfikir, apa yang kurang? Berusaha sudah, berdoa sudah, sedekah juga sudah, tetapi masih tetap saja kurang. Kita bisa merubah semua itu, terutama dari pola pikir kita. Mungkin kita hanya bersedak sedikit, seribu, dua ribu, lima ribu. Kapan rezeki kita akan bertambah banyak? Perlu kita ingat bahwa besarnya umpan juga menentukan besarnya ikan. Jika rezeki kita ingin yang tebaik, ingin yang banyak, kita juga harus berusaha sedekah yang banyak juga.

Kadang ada yang menjawab dengan banyak alesan, ada yang bilang untuk hidup saja susah, apalagi sedekah. Perlu diingat bahwa sedekah itu tidak mesti uang, kita bisa sedekah berupa senyum, membantu saudara kita yang sedang kesusahan. Apapaun bisa menjadi amal ibadah kita, asalkan kita niatkan semua karena Allah subhanahu wa ta'ala.

Ada salah satu hadits yang membahas tentang sedekah. Rasulullah SAW bersabda :

"Setiap tulang dan persendian badan dari kamu ada sedekahnya; setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap amar ma’ruf adalah sedekah, dan setiap nahi munkar adalah sedekah. Maka, yang dapat mencukupi hal itu hanyalah dua rakaat yang dilakukannya dari Shalat Dhuha" (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud).

"Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian, dan ia wajib bersedekah untuk tiap persendiannya."
Para sahabat bertanya, "Siapa yang sanggup, wahai Rasulullah?"

Beliau menjawab,
"Ludah dalam masjid yang dipendamnya atau sesuatu yang disingkirkannya dari jalan. Jika ia tidak mampu,maka dua rakaat Dhuha sudah mencukupinya." (HR Ahmad dan Abu Dawud)

Coba kita bayangkan, jika dengan shalat Dhuha, kita bisa bersedah sebanyak 360 persendian yang ada pada tubuh kita. Kita bersedekah seribu rupiah saja Allah akan membalasnya dengan 10 x lipatnya. Jika kita bersedahkah sebanyak 360 x melalui sholat Dhuha, otomatis Allah subhanahu wa ta'ala akan mengalikannya menjadi 3600.

Pantas saja jika Allah menjamin rezeki orang yang rajin melaksanakan sholat Dhuha, karena ia telah bersedekah atas 360 sendi tubuh nya. Allah membalas berlipat lipat sedekah nya tersebut, dan hasil nya, rezeki mengalir bagai air.

"Setiap tulang dan persendian badan dari kamu ada sedekahnya; setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap amar ma’ruf adalah sedekah, dan setiap nahi munkar adalah sedekah. Maka, yang dapat mencukupi hal itu hanyalah dua rakaat yang dilakukannya dari Shalat Dhuha" (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud)

Allah SWT berfirman dalam hadist Qudsi :
"Wahai anak Adam kerjakanlah shalat empat rakaat kepada-Ku pada permulaan siang (shalat Dhuha), niscaya Aku akan memberi kecukupan kepadamu sampai akhir siang" (HR at-Tirmidzi).

Semoga dari kita bisa memanfaatkan waktu paginya untuk shalat Dhuha. Terkadang berat memang untuk memulainya. Tapi segala sesuatu yang besar berasal dari yang kecil juga. Semoga bisa istiqomah ya, teman-teman.

December 22, 2014 - 2 komentar

2 comments:

Terima kasih sudah membaca diary kali ini. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya. Komentar dari sahabat diary mahasiswa merupakan sebuah apresiasi besar untuk penulis :)

  1. Papa selalu ingetin aku utk sempetin dhuha.. :). Dulu aku ngerasa ini ribetin.. Tp skr malah udh biasa.. Kalo di hari kerja, jam 7 biasanya aku udh sampe kantor.. Krn jam kerja mulai jam 8, ya udh aku ke musholla kantor dulu sambil dhuha.. Baru kemudian mulai siap2 kerja.. Lama2 bgitu ya jd rutinitas :). Ga terasa berat lagi ngejalaninnya

    ReplyDelete
  2. Wah rumus yg pas banget, terkadang sering kita lupa karena justru cuma fokus bekerja, tapi lupa berdoa

    ReplyDelete