July 16, 2017

Halal Bi Halal | SMA Negeri 1 Lakbok


Lebaran memang identik dengan halal bi halal, ketupat, opor ayam serta makan-makan. Seperti cerita lebaran pertamaku yang diceritakan beberapa hari yang lalu. Kalian bisa baca dibawah ini.

Cerita Lebaran : Lebaran | Ketupat, Halal Bi Halal & Makan-Makan

Kali ini aku mau ceritakan pengalaman ketika halal bi halal lebaran kemarin. Alhamdulilah aku berkesempatan bersilaturahmi langsung dengan ibu dan ayahku selama di sekolah dulu. Dan sampe sekarang masih orangtuaku juga.

Oh, ya, kalian juga bisa baca #DiaryLebaran di tahun 2016 kemarin. Bisa dibaca dibawah ini :
.


Sedikit cerita ya, dulu aku sekolah di SMA (Sekolah Menengah Atas) Negeri 1 Lakbok. Inget ya, Lakbok, bukan Lombok. Sejak SMA dulu aku memang dekat sekali dengan guru-guru. Baik bapak ataupun ibu gurunya. Bahkan sempat dapet pesanan untuk anak gurunya yang sedang ulang tahun.

Karena aku sering bikin tulisan hiasan di dinding. Jadi beberapa guru yang minta bikinin tulisan buat ulang tahun anaknya. Lumayan feenya, bisa aku gunakan untuk makan di kantin dan hal-hal yang lainnya.

Oh, ya ini beberapa dokumentasi tulisan yang aku buat untuk dipajang di dinding. Dari kelas 1 sampai 3 aku buat. Kalian lihat disini ya :



Harap maklum hasil fotonya kurang bagus. Karena dulu aku belum punya smartphone yang cameranya bagus. Ini juga alhamdulilah ada dokumentasinya. Sebenarnya masih banyak lagi, karena hampir 3 tahun selalu bikin. Tapi ada yang gak ada fotonya, dan ada yang burem. Jadi segitu aja ya.

Sedari lulus tahun 2013 sampe sekarang aku masih menjaga silaturahmi dengan para guru-guruku. Meskipun aku jauh di tanah rantau tak ada salahnya untuk saling berkomunikasi. Apalagi di jaman sekarang ini, bisa melalui media sosial.

Tepat ditanggal 3 Juli 2017 atau satu minggu setelah lebaran. SMA Negeri 1 Lakbok mengadakan acara halal bihalal khusus guru-guru dan keluarga. Jujur aja sih, gak semua orang bisa masuk kecuali guru dan keluarga. Selain kedekatanku dengan guru-guru yang membuat aku bisa ikut dalam acara ini, aku juga diajak oleh ibu angkatku, yang kebetulan jadi guru di sekolahku dulu.

Awal tahun pengumuman halal bi halanya, aku belum tahu bagaimana acaranya. Apakah di lapangan sekolah baris mengeliling atau di ruangan.

* * *

Sesampainya di sekolah, aku diajak masuk ke kantor. Di dalam langsung bertemu dengan guru-guru. Ada yang pangling karena sudah lama tidak bertemu, ada yang sampe lupa. Disaat aku sebutkan namaku, beliau ingat dan berekspresi senang. Mulai dari wali kelas 1, 2 dan 3 alhamdulilah bertemu langsung.

Sedikit aku kasih tahu suasana kantornya ya. Meskipun aku foto dari belakang setidaknya ini ada dokumentasinya. Wajar terlihat agak sepi karena aku foto dari sudut samping aja, dan ini juga dari belakang.


Setiap aku pulang dari tanah rantau, aku sempatkan silaturahmi ke setiap rumah guru-guru. Meskipun tidak semua, karena terkendala jarak dan waktu. Tapi, di sekolah kemarin alhamdulilah aku bisa bertemu dengan banyak guru-guru.

Satu hal yang selalu aku rasakan ketika lulus dari sekolah. Selalu ada perubahan. Terutama bangunan yang lebih bagus dan terlihat ingin kembeli sekolah. Mulai dari lulus SD, SMP hingga SMA. Selalu ada perubahan bangunan yang lebih bagus.

Kalian merasakan hal seperti itu gak?

Kalau iya, berarti kita sama. Bahkan satu angkatan sekolahnya. Sebelumnya aku memang sudah tahu bangunan yang baru atau kantor yang sudah ditingkat di SMA Negeri 1 Lakbok. Karena ada beberapa guru yang biasa kasih tahu perkembangan sekolah kepadaku. Tapi belum bisa merasakan atau masuk ke dalam ruangannya.

Sebelum lanjut cerita, aku kasih beberapa foto SMA Negeri 1 Lakbok terlebih dahulu ya. Silahkan kalian lihat.

Foto dibawah ini merupakan depan halaman SMA Negeri 1 Lakbok. Dulu gak seperti ini warnanya biru, tapi setelah banyak perubahan jadi seperti ini.



Ini lapangan yang bisa digunakan untuk basket, tenis dan futsal. Saat ini sedang diperbaiki juga, terutama gedung samping lapang yang sudah dirobohkan. Rencana akan ditingkat lagi. Mudah-mudahan berjalan sesuai rencana.


Di lapang inilah dulu aku sangat suka maen futsal bersama teman-temanku. Saat pagi ataupun siang, terlebih disaat waktu olahraga. Paling seneng olahraga futsal.


Dulu taman ini gak sebagus sekarang. Tapi alhamdulilah sekarang sudah banyak perubahan, jadi lebih bagus dan terlihat hijau.


Ini adalah kelas IPS. Dimana kelasku dulu belajar. Rasanya nyaman duduk depan kelas sebelum masuk.


Tepat diacara halal bi halal inilah aku bisa masuk dan duduk di ruangan yang baru. Sebelum masuk aku foto bangunan dekat lapang dari atas. Tepat gedung yang ada kendaraan mobilnya itu kabarnya akan di bongkar. Aku yakin kalau itu geduh sudah di bongkar, akan terlihat luas halaman untuk parkir motor dan mobilnya.


WC dilantai dua terlihat bersih. Memang penting dan harus diutamakan yang namanya kebersihan. Selain terlihat nyaman, kebersihan juga sebagian dari iman.


Banyak perubahan semenjak pergantian kepala sekolah. Mau bagaimanapun juga bagaimana yang mimpin. In shaa Allah kalau pemimpin (kepala sekolah) bagus dan bisa membawa banyak perubahan. Pasti bisa lebih baik lagi dari sebelumnya.


Disaat berada di sekolah, aku kangen banget rasanya suasana sekolah dulu. Masih terasa bebas, bisa bertemu dan bercanda bersama teman-teman. Saat ini sudah mempunyai  kesibukan masing-masing. Oke, lanjut acara halal bi halalnya ya. Sembari menunggu para guru-guru datang, ada sambutan lagu dari siswa OSIS dan nyanyian dari bu Hj. Leni, guru matematikaku dulu.


Siswi OSIS ini aku kurang tahu siapa dan tak tahu juga namanya. Yang jelas dia menghibur para guru-guru yang datang. Termasuk aku, alumni dari SMA Negeri 1 Lakbok.


Disaat naek tangga juga sudah habis anggota OSIS yang ada kepadaku. Kebetulan dulu aku anggota OSIS, tepatnya jadi sekretarisnya. Awalnya sih jadi calon ketua, tapi belum beruntung. Jadi sekretaris, dan tak hanya di OSIS, tapi di PRAMUKA dan FORMIS (Forum Remaja Masjid) juga. Jadi sekretaris di 3 organisasi sekaligus.


Setelah hiburan nyanyi oleh OSIS. Kemudian mulailah acara halal bi halal. Di awali pembukaan oleh MC atau pembawa acara. Kebetulan MC-nya bu Pupun. Anak IPA seangkatanku pasti tahu. Apalagi IPA 3.


Sambutan pertama oleh ketua panitia, yaitu bapak H. Ahmad, background ruangan memang bor, karena ruangan atas selain bisa digunakan untuk rapat, acara halal bi halal juga merupakan kelas. Kelas IPA. Karena kelas IPA yang dulu sedang di renovasi. Jadi untuk sementara dipindah ke atas.


Setelah sambutan dari pa H. Ahmad selesai, dilanjut sambutan oleh kepala sekolah. Kepala sekolah yang sekarang kebetulan belum lama menjabat. Termasuk baru lah, tapi alhamdulilah semenjak beliau ada, perubahan mulai terlihat. Tentu menuju hal yang positif.


Kepala sekolah SMA Negeri 1 Lakbok sekarang yaitu bapak Drs. H. Rakhmat Susanto. M.Pd. Kebetulan ketika ganti kepala sekolah, aku bertemu di Jogja. Disaat SMA stadytour. Dan sudah langganan setiap stady tour pasti ke Jogja. Setiap tahun aku menemuinya terus. 


Sembari sambutan berjalan, pacitan atau suguhan buat para guru pun datang. Sayang, gak semua guru bisa datang. Karena ada beberapa yang masih ada kesibukan sehingga belum bisa ikut acara halal bi halal. Termasuk beberapa guru yang dekat denganku belum bisa hadir.


Makanan yang disuguhkan benar-benar masih hangat dengan lebaran. Tak beda jauh dengan dirumahku. Tapi inilah hangatnya suasana lebaran dan halal bi halal.


Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua komite. Ada beberapa foto yang aku abadikan memang tidak terlalu fokus.Maksudnya terhalang orang. Karena waktu itu aku duduk saming kiri. Untuk baris kebetulan meja kedua. Tapi di depanku ada guruku yang tak jauh tingginya seperti aku. Jadi wajar agak susah ambil fokusnya.


Setelah bapak komite, dilanjut sambutan dari bapak H. Sartono, beliau juga wali kelasku ketika kelas 3. Dan alhamdulilah sampai saat ini beliau menyuport apa yang aku lakukan.


Setelah sambutan selesai. Dilanjut di acara yang utama, tusiah halal bi halal oleh, Ustadz Lasiman, guru bahasa arabku disaat sekolah.


Setelah selesai, bu Pupun langsung menutup acaranya. Sembari santai aku mencoba mencicipi minum yang sudah dibagi. Alhamdulilah haus ini bisa terobati.



Setelah itu dilanjut dengan acara halal bi halal, atau bersalaman antara guru-guru dan anggota keluarganya yang ikut. Karena tak sempat memindahkan kursi dan meja, alhasil dibikin muter semacam lingkaran gitu.


Senang rasanya bisa berjabat tangan dengan orangtuaku selama di sekolah sampai sekarang. Dan aku merasakan senang. Serasa lebih lengkap acara lebaran di tahun 2017 ini.


Setelah selesai halal bi halal, para guru-guru dilanjutkan dengan makan-makan yang sudah disediakan oleh panitia. Aku sendiri keluar untuk mencoba mengabadikan sekolah yang sedang dibangun juga.

Oh, ya, kenapa banyak anak SMP di sekolah. Karena waktu itu selain acara halal bi halal. Bertepatan juga dengan penerimaan siswa baru. Jadi beberapa guru ada yang bertugas mengurus pendaftaran, ada juga yang ikut halal bi halal.


Ini bagunan yang sedang dibangun tadinya ruangan 3 kelas IPA. Direnovasi karena biar lebih luas. Dan berencana ruangan yang lainnya juga mau ditingkat. Semoga secepatnya dan bisa dilancarkan dalam urusan pembangunan.



Ruangan lab dulu disaat aku sekolah juga sama di renovasi. Di belakang terlihat sawah, karena memang sekolahku disamping sawah. Terkadang, kalau di musim bercocok padi, bisa melihat.


Setelah itu aku ke arah kantin. Dimana tempat paling favorit dulu saat sekolah. Aku kangen banget sama siomay dan kupat tahu..hehe..



Sebenarnya aku masih ingin keliling ke parkiran, masjid, kelas 1, kelas IPA dan IPS. Pengen juga sekalian lihat ruang OSIS, PRAMUKA, lab dan yang lainnya. Tapi siang itu sudah siang, dan tak ada teman juga yang bisa aku ajak untuk keliling.

Jadi aku coba masuk ke kelas, dimana kelas tersebut sedang di gunakan oleh pa Iman, guru olahragaku dulu untuk pendaftaran siswa baru.

Sedikit mengganggu beliau sedang bertugas melayani para siswa dan orangtuanya daftar sekolah. Diselingi olehku untuk bercanda sembari ngobrol santai.


Ini salah satu ruangan yang aku masuki. Dan ini di cat sesuai keinginan siswa. Jadi para siswa bisa berkreasi dan berimajinasi sehingga bisa nyaman. Sebagaimana merasakan belajar seperti di rumah sendiri.


Dan, saat ini hampir semua kelas sudah terpasang CCTV. Mungkin, di sekolah SMA yang lain sudah biasa. Tapi ini suatu kemajuan yang positif. Karena dulu ketika aku sekolah belum ada, sekarang sudah ada. Itu tandanya semakin tahun ada perubahan. Alhamdulilah.

* * *

Setelah itu, barulah aku pulang. Sesampainya dirumah ibu, aku bersantai sembari memandang pohon lengkeng yang terlihat mendayun karena lebat dengan dedaunannya.


Tak lama aku diajak ibu untuk memetik lengkeng. Sengaja buah yang belum di petik di bungkus kantong. Agar lebih terjaga dan tak jatuh berserakan.


Setelah di petik, dan seperti ini hasilnya. Ada yang pengen? Silahkan ambil saja ya. Dan rasakan nikmatnya buah lengkeng yang langsung dipetik dari pohonnya.

Depan rumah ibu kebeteulan saat ini yang berbuah lengkeng saja. Biasanya ada buah naga, kedongdong, dan yang lainnya.


Itulah cerita halal bi halalku bersama guru-guru SMA. Semoga kalian bisa bersilaturahmi juga dengan guru-guru SMA/SMK dulu.

Alhamdulilah masih bisa membagi waktu antara kesibukan dan nulis. Next time, aku ceritakan tentang liburan lebaranku bersama keluarga. Tunggu aja tanggal postnya ya :)

Artikel Terkait

Founder DiaryMahasiswa.Com Hobinya Jalan-jalan, makan, bersepeda dan membaca | Penulis 5 Judul Buku | Bisa dihubungi : PIN : D097B234 | SMS/WA 085723741831

114 Komentar dari sahabat Andi Nugraha

Sekolahku dulu juga amburadul ..
terus pas kemarin mampir ternyata udah banyak yg berubah.

di beberapa sudut udah di renovasi,
Tempat nongkrongku jadi ga ada lagi di ganti jadi parkiran wkwk.
But sofar, my ex school jadi lebih bagus serasa pengen seolah lagu :(

dan selalu....habis kita lulus emang sekolah yang dahulu terlihat biasa-biasa saja, makin hari makin bagus dan "wah" hehe

ikut tiga ekstrakurikuler plus jadi pengurus di tiga - tiganya apa ngga susah ngatur waktu & jadwalnya mas? saya dulu mah cukup satu ekskul saja :)

wah pasti sangat senang bisa ketemu dengan guru-guru waktu di SMA, bagaimanapun walau kita sudah menjadi orang yang sukses tidak ada yang namanya bekas guru, mereka tetaplah guru kita sampai kapanpun, semoga silaturahmi tetap terjaga dan terjalin indah, jadi kangen dengan guru nih, walau masih bisa jumpa tapi cuma beberapa saja

Lebaran ini udah gak main ke rumah guru lagi, sendirian gaenak soalnya. temen2 udah pada susah diajak jalan bareng. dulu mah tiap lebaran selalu nyempetin main ke rumah guru. ke sekolah juga ngeliat sekolah yg makin cantik, beda banget pas saya masih SMA yg komputer aja rebutan. xD

itu di rumah ibunya ada lengkeng begitu menjadi kenikmatan tersendiri. aaaaakk.. pengen.

wah seneng itu
bisa kumpul dgn guru2 esema
memang banyak perubahan yg terjadi ya
apalagi ada adagium "habis lulus sekolah malah tambah bagus"
tapi yg penting tetap seilaturahmi
sekolahku yg di tengah kota malah gak ada mas acara seperti ini, salut

banyak manfaat di dalam halal bi halal, selain memperat silaturrahmi, juga menambah banyak teman dan saudara

Jadi kangen SMA juga nih. Hikshikshiks
Dulu waktu muda banyak dosanya lagi :D

Rajin banget bikin diary lagi, senangnya bisa halbil di sekolah, alumni aku belum nih, baru pas buka bersama aja kemarin

alhamdulilah, perkembangan positif menuju pendidikan yang lebih baik mas, sama, perubahan paling berasa terasa ketika kita sudah keluar dari sekolah ya mas :D.

Kebersihannya selalu dijaga ya. Sampe toiletnya aja catnya kinclong banget. Bikin tulisan hiasan sampai akhirnya bisa jadi duit, keren banget lah. Bapak ibu gurunya juga menghormati, ga minta gratisan :D

wahhhh baru tahu kalau ada yang namanya Lakbok, ternyata di Ciamis yaaa... wah, jadi dapat informasi geografis niy... thanks mas

wah, andi ternyata lulusan sman 1. itu pajangannya hasil tangan semuaa?

sama, sha juga ngerasa kaya gitu. pas kita udah lulus kok sekolah makin baguus :)

ndi, itu teh makanannya apa. ada kerupuknya?

katanya pohon lengkeng itu harus sepasang ya, agar berbuah?

soalnya udh puluhan taun lengkeng depan rumah ua tapi ga pernah berbuah..

Kayaknya Andi mah anak teladan yang sholeh di sekolah ya hahaha. Guru kenal dekat, cinta pada sekolah, rajin silaturahim, jadi pejabat organisasi.. top bgt deh. Waktu saya SMA rasanya ngga segitunya deh. Dan ga ikutan osis juga :).
Sman 1 lakbok bagus ya. Terlihat areanya luas dan bersih. Cuma kantinnya sj yg belum rapih kyknya. Ini sma n terbaik kah di lakbok?
Waktu liat bangku kayunya bikin saya jadi nostalgia jaman sekolah dulu juga.

Halal bialal yang sangat menyenangkan, ya mas, dsn itu sekolahannya nampak bersih banget tersusun rapi. Pokoknya suatu moment ysng menyenangkan.

Berkunjung ke mantan sekolah memang selalu memgahdirkan kebahagian tersendiri ya Mas.

Kalo lihat perubahan yg ada dr sekolah Kita kadang pikiran konyolku ngebatin, "coba aja aku jd murid di tahun sekarang." Hehe

Jasa2 seorang guru memang liar biasa, suka sedih kalo tiba2 dengar kabar duka dari guru tercinta Kita Dan saat itu Kita sedang merantau

Asiknya yang habis ketemu teman2 hehehe. Ada bapernya nggak tuh? hehe. Btw, aku mau dong klengkengna Mas, pohon klengkengku mati hiksss

Kayanya mas ini merdeka bangt,,ya mas..menang banyak di bulan romadan kemarin...gimana tidak menang banyak coba..?
Buka puasa gratis melulu,,heee
Sekarang khalal bikhalal...di samping ngilangin dosa..juga bisa makan gratis lagi....hemm ngiri jadinya...heee

wah, kangen pasti ya, mas. aku piikir ini bisa bikin kita bisa mengenang masa lalu pas sekolah.

Kesempatan cukup langka tentunya ya kang bis bersilaturahmi dengan para guru semasa kita sekolah dulu, bisa jadi ajang melepas rindu dan bernostalgia. Salam buat semuanya, semoga silaturahmi tetaplah terjaga walaupun kini saling berjauhan.

halal bi halal memang selalu berkesan ya karena jumpa dengan orang-orang yang dulu pernah hadir dalam hidup.. apalagi masa SMA, saya pun sebentar lagi mau inshaallah akan lulus dari masa putih abu-abu dan pasti bakal kangen dengan dunia SMA juga..

Sumpaj demi apa, saya kira juga Lombok, eh ternyata Lakbok.😂

Mendadak saya juga rindu sekolah saya nih. Memang bener kalo udah lulus baru kerasa perubahannya. Dari segi bangunan, staff, bahkan budaya dan aturannya jg beda.

Tulisannya bagus2 ya, asik juga bisa dapet fee buat ngisi mading. Hihihi.

Btw saya lebih nyaman nih kalo foto2nya dikasih caption. Misal kek foto kepsek dgn caption: Bapak kepala sekolah blablabla gitu.

Mas Andi termasuk yang aktif organisasi waktu SMA ya? Keren. Sekolahnya lumayan luas juga meskipun nggak bertingkat.

Mas Andi lulus 2013, saya tahun segitu masih kelas 2 SMP. :')

Nostalgia ini mas namanya.
Pasti seneng banget bisa kumpul lagi sama guru di sekolah. Saya selama lulus dari 2011 belum sempat lagimain ke sekolah nih tapi kalauketemu guru sering sih diluar sekolah. Alhamdulillah masih pada ingat semua.

Sekolah itu gitu mas, pas masih jadi siswa tiap bangunannya biasa aja tapi setelah lulus baru kerasa perubahannya apalagi kalau sudah lihat bangunannya yang mulai berubah serasa kenangan jaman dulu muncul kembali.

Kalau saya lihat dari foto-fotonya , posisi lapangan tenis dan ruang kelasnya hampir sama kayak sekolah saya dulu. Malah di sekolah saya disamping lapangan tenis ada air mancur tinggi banget lagi padahal dulunya tuh cuman danau. Hehe.. jangan heran mas, dulu sekolah saya punya danau loh. Danaunya gak besar sih taipi sering dijadiin tempat nongkrong sama siswa soalnya suasananya adem banget. Oiya danaunya ada didalam sekolah loh, jangan tanya segede apa sekolah saya.

Yang dinding digambarin tuh malah ingetin saya pas nyoret tembok. Dulu tuh sekolah tiap kelas boleh di desain sesuka siswanya kayak gimana. Yang penting nyaman buat belajar siswa dan gurunya. Tapi sekarang kudengar peraturan gitu udah gak dibolehin lagi soalnya mengotori ruangan. Saya malah heran kok guru sekarang membatasi kreativitas siswa yah. Tapi kalau dilihat kedisiplinan itu juga wajar sih.

Sip, halal bil halal udah nih, berarti tinggal reunian sama teman seangkatan dong yang belum.

seru pasti ketika ketemu temen lama

saya baru denger nama Lakbok,itu salah satu nama kecamatan didaerah jabar ya mas?

seru nih... masih kompak mah... lestarikan budaya orang indonesia yang seperti ini.

Senang ya kalau lihat sekolahnya dulu, sekarang makin bagus, fasilitas makin lengkap,dsb. Apalagi bertemu dengan para guru. Silaturahim masih terjaga dengan baik.

Hehe..aamiin.
Biasa aja sh padahal mah, Teh. Cuma aku berusaha untuk jadi yang terbaik, khususnya buatku pribai :)

Oh, gitu, mungkin Teh Dipi disibukkan dengan kesibukan lain, jadi belum sempet ikutan OSIS..hehe

Iya betul, itu kantin masih dalam proses, di Lakbok sendiri ini satu-satunya SMA. Yang lainnya SMK.. :D

Hehe..betul, suka coret-coret ya, Teh..hihi

Hehe..beda dikit ya, Teh, salah nyebut nanti jadi Lombok.. :D

Betul ya, ingin rasanya peraturan dan bangunan yang sekarang ada di jamanku dulu sekolah..hehe

Hehe..alhamdulilah :)

Oh, gitu. Oke, terima kasih ya, Teh, atas masukannya. Next time aku perbaiki...

Setujuuu, kalau udah lulus bangunan sekolah jadi bagus-bagus. Sekarang aja giliranku, pas aku kelas 3 sekarang mesjid lagi direnovasi, digedein gitu jadi punya 2 lantai. Eh mungkin jadinya nanti pas udah lulus. Ahhh agak lumayan nyesek sih, ibadah dipindahin jadi ke aula. Tapi emang bukan alesan buat tetap beribadah.

Eh iya, Lengkengnya kayaknya enak, mungkin boleh icip hihihi^^

waa....aku udah lama bnget nggak nengokin SMA ku Ndi... kemaren ada juga sih acara ngumpul2 pasca lebaran, tapimlokasinya di rumah makan, bukan di sekolah asal

Aku bulan syawal ini nggak berkunjung ke SMK :' hihi tapi lebih berkunjung ke rumah guru-guru yang akrab aja sih :D

Bicara masalah sekolah mah, semakin kesini sekolah-sekolahku dulu makin keren aja :D ikut senenglah, meskipun nggak menikmati fasilitasnya. Yakalik mau balik ke SMK lagi :D

Aku selalu berfikir bawah sekolah itu adalah tempat yang membosankan karena sistem belajarnya masih kuno,,, tapi setelah semua berakhir kadang merasa kangen juga,,, makanya gak heran kalau setelah idul fitri banyak orang yang bikin acara - acara seperti diatas,,,

huuuufffftttt..... jadi inget SD, SMP, SMA gara-gara baja post ini. iya bener banget selalu ada perubahan di bangunannya yang makin lengkap n bagus.

salam kenal mas.!

Saya punya kenalan akrab asal Lakbok namanya Agus Gunawan. Tapi beliau sendiri sudah domisili Bandung sih.. hehehe. Nanti rencana kuliah kah Andi? Yuk ke bandung yuukk.. hahaha

kebiasaan yang hebat bersilaturahmi ke guru - guru. sudah lama sekali saya tidak bisa melakukannya.
bahkan saat ini rsaanya malu kalo berkunjung sudah bayak yang berbeda

Hehe.. memang gitu ya, Mas, udah lulus aja eh jadi bagus.. :D

Lah itu gak bisa nongkrong lagi dong sekarang ya..hehe
Emang iya, Mas, andai dulu udah gitu. Mungkin udah betah. Di tambah saat ini sudah mudah maenan smartphone, foto dikit di geduh sekolah yang kece, terus upload dah.. :D

Oh, ya?
Lakboknya mana nih teh?
Kalau dari namanya seperti gak asing. Tapi, nama Agus kan banyak juga..hehe

Hehe.. di Bandung banyak teman-teman seangkatan yang kerja, Teh. Bibi juga kebetulan di Bandung.

Tahun ini ada rencana ke Bandung lagi. Tapi belum tahu kapan..hehe

Nah itu dia, terkadang ingin kembali bisa merasakan masa-masa putih abu-abu..hehe

Lumayan susah sih, tapi karena terbiasa jadi mudah. Terutama sering ijin kalau saat jam pelajaran..hehe

Betul, Teh. Senang dan bahagia. Serasa lengkap lebaran kali ini :)

Betul, guru tetaplah orangtua kita sampai kapanpun, karena gurulah kita bisa dapet ilmu dan pelajaran berharga :)

Semoga bisa bertemu dengan semua guru dilain kesempatan ya, Teh..

Ga kebayang sih nanti beerpuluh-puluh tahun yang akan dateng. psti sekolah-sekolah bakal tambah canggih bangunanya :(
Jadi tambah pengen kembali sekolah :(

Bersilaturahim dengan para guru dan alumni sekolah memang mengasyikan. Tentunya banyak cerita baru dan berbagi pengalaman.
Ruang sekolahnya tertata dengan rapih sekali ya, dan fasilitas sekolahnya juga cukup komplit.

Ngomong-ngomong itu ngambil lengkeng punya siapa ya..?

Bisa sambil mengenang masa putih abuabu. awas CLBK. hehehe....

yap, saya pun hampir salah baca. Kebacanya lombok, wahahah :)
Keren juga mantan sekolahnya, ngadain halal bi halal yang ramah alumni. Lapangan sekolahnya asri juga tuh ya, enak buat tiduran sambil merenung :)

Nah itu dia, makin kesini makin di permudah tentunya, khsusnya akses internet di sekolah.
Pengen ngumpul sama teman SMA ya jadinya..hehe

Hehe... aku mah mau sendiri or gak, tetap main, sekalian silaturahmi :)

Memang sih, apalagi teman yang sudah punya kesibukan lain, misalnya saja menikah, tentu akan susah diajak ya, Mas :D

Nah, itu, komputer sekarang sudah di sediakan tiap siswa satu disaat praktek..

Betul, Mas, pengen ya :P

Alhamdulilah, senang. Terasa lebih lengkap lebaran ditahun ini :)

Betul, karena silaturahmi bisa memperlancar rezeki :)
Semoga kedepannya ada ya, Mas..

Nah, ga tau tuh lakbok mana persisnya. Kapan2 klo inget saya tanyain ya ke beliau. Andi klo keBandung kabarin teteh ya, siapa tau bisa ketemu silaturahim klo waktunya pas.

ruangan sekolahnya bener2 dihancurin ya mas.. lengkeng ternyata musim juga di sana.

halal bi halal ketemu mantan ga :D

wah kmr lebaran ga sempet ikutan halbil SMA :(

keren emang ya Lo Andi! Sampai detailed banget kala nyeritain tentang aapun di blog. Sampai itu difotoin dan dikasih caption satu satu. hebatnya lagi juga masih nyempetin buat halal bi halal ke sekolah dan rumah guru. Gue aja yang kelamaan di rumah nggak kepikiran lagi mau ke rumah guru. Dulu jaman kuliah doang ke sananya. Tapi emang harusnya sih begitu ya, Ndi. Keren pokoknya lah..sekolah dan guru gurunya pun juga keren!!

Keliatannya semua gitudeh. Ketika kita udah lulus, sekolah bakalan keliatan lebih bagus. Di SMA ku juga seperti itu, dulu waktu jamanku belum bertingkat dan setelah aku lulus baru bertingkat.

Ya seperti itulah mirip mantan, kalau udah gak sama sama lagi jadi keliatan lebih cantik wkwkwkwk

Betul sekali. Memang banyak manfaatnya. Terlebih bisa diajak makan-makan..hehe

Sekarang udah gak muda kan, Mas? hehe
Coba tengok lagi ke sekolah sekalian silaturahmi :)

Alhamdulilah, semoga dilain kesempatan bisa berkumpul juga ya.. :)

Y udah bang kalo kangen suasana sekolah
Mending daftar masuk k sekolah lagi j
Gampangkan

Hahaha. Beneran beda banget ya hasil jepretannya. Tapi kenangan, kan, bukan soal kameranya dulu bagus atau jelek. Yang penting tetap bisa dikenang sampai sekarang foto itu. :D

Lucu juga barengan sama anak-anak SMP yang lagi pada daftar. XD

Saya malah nggak sempet lagi main ke SMK dulu. Padahal deket dari rumah, tapi sudah terhitung 5 tahun sejak lulus. Nggak pernah mengunjunginya lagi. Keterlaluan, ya. :')

Iyahh aku juga ngerasain hal yg sama.. sekolah tempat kita sekolah dulu pasti banyak perubahan terutama bangunannya..

Dulu yg dikenal biasa aja, sekrang jadi luar biasa. Seneng juga ngedengernya. Jadi pengen balik ke masa sekolah dulu.. hahha

Aku skrang masih nunggu tanggal Reuni angkatanku pas SMA tiba... masih lama sih sekitar bulan oktober. Minta doanya semoga lancar soalnya aku masuk jadi panitianya..

Btw sekolahannya bagus.. asri gtu.

Betul mas, begitu lulus perubahan terlihat jelas dan ingin rasanya merasakan fasilitas dan perubahan di SMA itu :)

Hehe.. betul teh, karena kebersihan itu sangat penting dan membuat nyaman yang melihat..
Betul teh, jadi ada kenangannya :)

Sama-sama ya, Teh, iya Lakbok, bukan Lombok. Lakbok itu kabupatennya Ciamis :)

Iya, Teh, alhamdulilah :)
Muhun, hasil tangan semua teh, kecuali yang di tempel itu dari guntingan kertas terus di tempel...hehe

Nah, itu, semakin tahun perubahan selalu ada, dan itu semakin baik dan berkembang..

Itu sajian disaat halal bi halal, campuran isinya, termasuk ada kerupuk gitu..hehe

Nah, aku kurang tahu kalau harus sepasang gitu. Coba nanti cari tahu..hehe

Oh, gitu, berarti belum sempat berbuah ya, Teh?

Siap, Teh..
In shaa Allah ya, Teh, nanti aku kabarin kalau ke Bandung :)

Alhamdulilah, iya nih. Semoga bisa terus silaturahmi ke depannya :)

Alhamdulilah, betul teh, selain itu bisa tahu juga perkembangan sekolah..

Haha..jadi siswa baru lagi dong ya, Teh.. :D

Betul, kebetutan beberapa tahun yang lalu aku ngalamin gitu, dan aku merasa sedih banget. Gak bisa pulang juga :(

Bukan teman-teman lho, Teh, tapi guru. Ini kan halal bi halal guru dan keluarganya :)

Boleh, ambil aja ya, Teh, silahkan..hehe..

Hehe..Alhamdulilah, Mas Dwi :)
Pengen silaturahmi nih sama mas Dwi kalau ke Beaksi. Eh, betul kan ya, di bekasi tinggalnya ?

Alahmdulilah, Rob. Aktif karena suka :)
Itu rencana mau di tingkat, lagi proses, mungkin beberapa tahun kedepan sudah beres..

Wah, beda jauh ya. Tapi, beruntung kamu, Rob, udah mengenal blog sejak SMA..

Iya, Mas, nostalgia :)
Betul, alhamdulilah lebaran di tahun ini serasa lebih lengkap.. Wah, beda dua tahun berarti ya, Mas. Aku kelas satu SMA, mas Bimo kelas 3..hehe

Nah, itu dia. Terkadang suka iri dan pengen merasakan fasilitas saat ini dan kembali ke masa putih abu-abu..hehe..

Oh, gitu, kalau danau lebih bagus kali ya, Mas. setiap pagi bisa lihat danau sebelum masuk kelas..hehe
Asik banget itu, sekolahnya namanya apa ya, Mas? Siapa tahu bisa searching dan sedikit tahu tentang sekolahnya..hehe

Harusnya malah mendukung keratifitas siswa ya, Mas, agar siswa merasa nyaman berada di ruangan kelas. Selain bisa belajar dengan tenang, bisa juga sembari berekspresi,,,

Iya nih, kemairn karena keburu pada berangkat yang usdah kerja, jadi belum bisa halal bi halal sama angkatan kelas. Next time, in shaa Allah di agendakan lagi..

Bukan teman lama, ini halal bi halal guru ko, Mas. Betul, Lakbok itu nama kecamatan, dan kabupatennya Ciamis :)
Betul, daerah Jawa Barat, Ciamis :)

In shaa Allah, semoga terus bisa silaturahmi bersama guru :)

Iya, Teh. Makin bagus dan fasilitasnya juga makin lengkap :)
Alhamdulialh,, :)

Nah, itu nanti ketika jadi kamu udah lulus pastinya..hehe
Setuju, bukan gara-gara dipindah ke aula, ibadah jadi off.. Terus beribadah dimanapun berada :)

Silahkan, icip-icip aja..hehe

Oh, gitu, mungkin semacam reuni ya, Teh. Kalau ini, aku acara memang khusus guru-guru, tapi boleh bawa keluarga gurunya masing-masing:)

Oh, gitu. Aku juga biasanya gitu, tapi ini karena ada acara halal bi halal di sekolah, jadi aku sekalian ikut dan bisa bertemu dengan semua guru :)

Betul, makin lengkap juga fasilitasnya ya :)
Hehe..iya, kecuali jadi guru di sekolah itu ya, Mas..hehe

Betul, semacam nostalgia gitu mas..hehe

Alhamdulilah, betul sekali kang. Dan, ini momen langka banget..

Aamiin,, pengen silaturahmi dengan kang Maman juga nih :)

Betul, Kang. Kadang seru gitu lihat anak-anak SMA sekolah berangkat bareng, nongkrong dll..hehe

Betul, entah itu tempatnya di sekolah ataupun di tempat lain. Ya, semacam reuni gitu :)

Nostalgia gitu ya..
Salam kenal juga ya, Teh...

Semoga bisa segera silaturahmi ya, Mas..
Jangan malu, Mas, justru dengan silaturahmi bisa memperlancar rezeki :)

Betul, Mas, tapi ini bukan sama alumni, cuma guru dan para keluarganya :)
Iya, makin kesini makin lengkap dan bagus..

Itu punya ibuku, pengen gak, Mas?

Iya, Mas, gak mungkin CLBK. Karena ini halal bi halal guru-guru sama, cuma bisa mengajak keluarganya :)

Iya, soalnya nama Lakbok dan Lombok hampir sama..hehe
haha, tiduran pake alas kasur pasti nyaman :D

Betul, Koh. Alhamdulilah musim, tapi gak banyak seperti tahun-tahun sebelumnya..

Gak, ini kan cuma halal bi halal bersama guru-guru aja, cuma ajak keluarga :)

Hehe.. Terima kasih, Teh :)
Alhamdulilah, aku berusaha terus bisa terjalin terus silaturahminya..

Hehe.. sesekali maen lagi ke sekolah atau gak ke rumah-rumah guru terdekat teh..

Nah, iya, ya. Serasa pengen bisa menikmati fasilitas sekolah yang sekarang :)

Haha..napa disamain sama mantan sh :(

Iya, gampang. Terima kasih sarannya :)

Iya, Mas, kenangan banget..

Iya, jadi seperti tubrukan gitu acaranya. Jadi gak semuanya ikut halal bi halal..

Coba main lagi, pasti udah beda banget dan terasa kangen dengan suasana dulu pasti :)

Nah, itu, serasa pengen kembali mengenang masa SMA..hehe..

Aamiin, semoga lancar ya, Mas.. Dan, bisa bertemu semua dengan para alumninya..

Oh, ya, maen ayo ke sekolahku dulu..hihi

Betul, alhamdulilah.. Semoga berkah ya ilmunya..
Asik mau jadi alumni nih, seirng-sering maen dan jaga silaturahmi :)

Dokumentasi hasil karyanya Bagus, mas. Dan pantas saja banyak gurunya yg memesan.

Eh, saya jadi pengen juga berhalal bihalal dan reunian sama temen2 sekolah dan guruku dulu. Tapi sayangnya gak pernah diadain.

Maaf baru sempat mampir..

Saya juga mengalami hal yang sama lho, dulu waktu sekolah malah cuma ada satu kelas aja tapi sekarang muridnya udah banyak. Trus sekolah udah jauh lebih bagus, malah bagus banget. Soalnya waktu zaman saya masih dibangun jadi nggak sempat ngerasain deh.

Emang si terkadang guru suka lupa sama nama kita, tapi kalau udah dijelasin lebih detail biasanya mereka jadi inget. Trus malah obrolin masa lalu... hehehe... Tapi bedanya di sekolah saya nggak ada acara halal bihalal, paling buka puasa bersama gitu. :)

Btw sekolahnya bagus banget!

tahun ini gak bisa salam salaman sama warga sekolah soalnya udah tamat hehe

Wah, jadi rindu masa2 sekolah.. Tahun ini aku gak sempat euy silaturrahmi e rumah guru2.. soalnya pulang cuma 5 hari doang. Dan agendanya ngunjungi sodara2 aja..

BTW, jumpa mantan gak? hihi

Sekolahnya tambah asri, bangunannya begitu elok. Sungguh luar biasa, saya juga sangat ancung jempol atas kejujurannya, mengakui hasil photonya kurang bagus. Coba seandainya dulu sudah punya smartphone ya ?

jadi inget waktu kecil bro. trmksih infonya bro

sama punya pikiran begitu kenafah pas aku sekulah bangunannya biasa sajjo giliran dah lulus jadi bagus cucok banjet hahaha

Terima kasih, Mas :)

Ayo segerakan mas, semoga bisa ya. Ajak teman biar lebih seru mas. Atau gak bikin acara aja, misal semacam reuni gitu..he

Aku juga ada rencana, tapi belum tahu kapan :D

Asik ya bisa bertemu lagi dengan orang-orang yang pernah hadir didalam hidup kita. Ada kenangan tersendiri.

Gak apa-apa, Teh. Santai aja :)

Oh, gitu. Aku rasa hampir semua orang gitu ya..hehe
Berarti sudah berkembang dan banyak yang tahu ya, buktinya sudah banyak muridnya sekarang.

Silaturahmi aja ke sekolah, biar tahu meskipun gak bisa merasakan seperti siswa yang sekolah sekarang..hehe

Nah, betul. Ingatnya pasti lebih dari apa yang kita fikirkan. Terkadang bahas dulu waktu sekolah, dan yang lainnya, seperti masa lalu itu..wkwk

Alhamdulilah itu kalau bisa buka puasa bersama. Aku malah belum sempat gitu..

Terima kasih ya, Teh Erni :)

Aku juga udah tamat, malahan alumni 2013. Tapi karena hubunganku terus aku jaga, artinya tetap terus silaturahmi sekalipun hanya lewat pesan singkat ataupun telefon :)

Nostalgia ya, Teh. Semoga dilain kesempatan bisa silaturahmi ya, Teh..

Gak lah, ini kan acara halal bi halal khusus guru dan keluarga. Gak bakalan lah ada mantan :P

Okey, sama-sama :)
Inget waktu kecilnya masa apa, ya?

Memang setiap orang hampir sama sepertiku ya..hehe.. Moga makin maju ya, Teh, sekolahnya. Meskipun tak bisa menikmati fasilitasnya :)

Alhamdulilah, terima kasih ya, Mas..
Nah itu dia, kalau dulu kalau beli pun, aku rasa harganya masih mahal..hehe

kangen banget ya, kalo dah reunian gitu apalagi sama guru2 :') memori indah masa2 sma terulang kembali.

Betul, mengingat masa-masa putih abu-abu ya, Mas..hehe

Alhamdulilah, iya, Mas.. jadi kangen masa putih abu-abu :)

Alhamdulillaah bisa nostalgia sama guru" dan juga temen" SMA mas yaa. . Sambil mengenang masa" putih abu" hehehe. . kece mas andi yaa banyak banget karya" tulisan waktu sma. Saluttt. . .😄😄

Alhamdulilah, Teh..hehe
Kalau teman-teman gak, ini karena acara khusus guru-guru dan keluarganya aja..he

Terima kasih, Teh.. Dulu suka corat coret gitu, jadi aku lampiaskan di kertas dan tempel di tembok. Dari kelas satu, naik kelas sampe kelas 3 jadi kebiasaan bikin..he

Kunjungan balik dari bagibagi93
.
Iya gan... liburan kemrin ane ngunjungin SD ane dulu. semua sudah berubah total. gak ada satupun yang tersisa. dari pohon, bangunan, maupun guru. semua sudah berubah

Kembali ke masa putih abu-abu banyak cerita di masa itu
Sekarang SMA tempat Maya sekolah dulu sudah keren banget, baik kwalitas pendidikannya maupun bangunannya termasuk fasilitas yang disediakan sudah semakin lengkap, walau tak ikut menikmatinya tapi ikut merasa senang, semoga dengan demikian akan muncul generasi unggulan yg cerdas dan membawa bangsa ini ke masa yg lebih baik.
Reunian sekalian halal bi halal pernah dilaksanakan untuk mempererat silaturahmi dg guru-guru dan yang dulu pernah berjuang utk mencerdaskan bangsa
Kendalanya sudah mulai sulit utk ngumpul karena sdh punya kesibukan masing-masing dan daerah yg jauh
bahkan ada yg sdh tdk pernah kontak sama sekali


Terima kasih sudah membaca. Silahkan tinggalkan komentar, karena komentar kalian semua sangat berarti bagiku. Sebuah komentar bisa memotivasi seorang blogger agar bisa terus berbagi dan menginspirasi malalui tulisan.

Berkomentarlah dengan sopan, karena itu bisa mencerminkan dirimu sendiri. In shaa Allah aku sempatkan untuk membalas satu persatu.

Sahabatmu,
Andi Nugraha
EmoticonEmoticon